Rumahweb Journal
Cara-Melakukan-PING-dan-Traceroute-di-Android

Cara Melakukan PING dan Traceroute di Android

Ada kondisi dimana akses website dari PC atau laptop terbuka dengan baik, namun dari HP Android gagal mengakses websitenya. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan seperti koneksi hingga cache pada browser. Langkah pertama, silahkan hapus cache pada browser Android lebih dulu. Jika masih gagal, coba lakukan ping dan traceroute di Android untuk melihat route koneksi Anda.

Pada panduan ini, Rumahweb akan memberikan cara PING dan Traceroute di Android menggunakan aplikasi Android. Namun sebelum melakukan test ping dan traceroute, kami akan menjelaskan kepada Anda apa itu perintah ping dan traceroute.

Ping Android

Ping (Packet Internet Gopher) adalah sebuah program yang digunakan untuk memeriksa induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan program ini, kita dapat menguji koneksi sebuah komputer dengan komputer lainya atau dari komputer ke server tertentu.

Traceroute Android

Traceroute (tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket hingga ke sebuah server atau tujuan tertentu. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat.

Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.

Cara PING dan Traceroute di Android

Kami akan menjelaskan cara ping dan traceroute di Android. Untuk melakukan ini, kita membutuhkan aplikasi tambahan seperti PingTools atau aplikasi ping lainnya yang bisa Anda download gratis di Playstore. Berikut kami sampaikan langkah-langkahnya:

1. Anda dapat mendownload aplikasi ping dan traceroute menggunakan PingTools Network Utilities. Anda bisa mendownload aplikasi ini melalui link : download PingTools

2. Setelah selesai install, buka aplikasinya.

cara ping dan tracert di android

3. Klik setting [disamping Info], lalu akan muncul pilihan seperti dibawah ini.

ping tracert di android

4. Setelah muncul halaman ping, isi kolom putih dengan nama domain yang akan dites ping. Lalu klik PING. Begitujuga dengan tool Traceroute (Tracert)

cara ping di android
cara tracert di android

5. Setelah itu hasil Ping atau Traceroute akan muncul.

Demikian artikel cara PING dan traceroute di Android dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Rudiharto

Suka makan bubur tanpa diaduk.