Rumahweb Journal
Banner - Apa itu Termux Pengertian, Download dan Cara Menggunakannya

Apa itu Termux? Pengertian, Download dan Cara Menggunakannya

Termux adalah aplikasi terminal emulator yang berjalan pada sistem operasi Android. Dengan Termux, Anda dapat mengakses lingkungan shell Unix di perangkat handphone anda secara mudah dan cepat. Lalu bagaimana cara download dan menggunakannya? Simak informasi berikut ini.

Penggunaan smartphone Android saat ini telah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Fungsionalitasnya tidak hanya terbatas untuk komunikasi dan media sosial, namun juga dalam berbagai hal.

Bagi Anda yang terlibat dalam pengelolaan server, smartphone Android memungkinkan mereka untuk melakukan hal lebih, seperti menjalankan perintah Linux melalui terminal. Salah satu aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan hal tersebut adalah Termux.

Apa itu Termux?

Termux adalah aplikasi terminal emulator yang dapat didownload secara gratis di platform Android dengan versi OS andorid versi 7 keatas. Dengan aplikasi Termux, pengguna dapat menjalankan perintah Linux dari perangkat Android yang digunakan.

Aplikasi ini memberikan akses dengan tampilan command line interface (CLI) yang memungkinkan anda menjalankan perintah linux melalui perangkat android. Termux adalah aplikasi terminal emulator yang aman, dan juga memiliki fitur yang cukup lengkap.

Dengan menggunakan termux, anda juga dapat melakukan aktivitas lain seperti pentesting atau pengujian keamanan pada sistem atau aplikasi di perangkat android yang digunakan. Hal tersebut bisa dilakukan karena pada termux mendukung installasi dan penggunaan tools keamanan, salah satunya nmap.

Fungsi Termux

Setelah mengetahui apa itu termux, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang beberapa fungsinya. Sesuai informasi diatas, aplikasi termux memiliki fungsi utama untuk dapat menjalankan perintah-perintah pada linux melalui perangkat android.

Dengan aplikasi termux anda dapat menjalankan perintah yang familiar seperti melakukan ping, tracert, dan juga melakukan koneksi ssh ke server linux yang anda kelola. Selain itu, anda juga dapat mengeksekusi bahasa pemrograman sepert python, ruby, dan beberapa bahasa pemrograman lainnya.

Download Termux

Untuk menginstal termux kami sarankan tidak dilakukan melalui platform Google Play Store. Hal tersebut dikarenakan versi yang tersedia di Google Play Store tidak terupdate.

Untuk mendownload versi yang terbaru, silahkan mengunjugi halaman repository termux. Berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan mengunjungi halaman website repository resmi dari termux di link ini melalui perangkat Android yang digunakan.
  • Silahkan klik pada salah satu file yang berformat .apk yang tersedia.
  • Kemudian ikuti lakukan installasinya pada perangkat android yang digunakan, dan tunggu sampai proses installasi selesai.

Cara menggunakan Termux

Setelah aplikasi termux selesai terinstall, anda sudah dapat menggunakan aplikasi termux untuk menjalankan perintah linux melalui perangkat smartphone android. Berikut jendela tampilan dari aplikasi termux.

contoh aplikasi termux

Kemudian anda sudah dapat menjalankan perintah linux dengen mengetikan perintah yang akan dijalankan, pada contoh kali ini kami akan coba jalankan perintah ping dan traceroute. Untuk menjalankan ping, anda cukup mengetikkan perintah “ping nama-domain/IP”.

ping termux

Untuk menghentikan proses ping, silahkan menekan button ctrl kemudian C di aplikasi termux.

stop ping termux

Sedangkan untuk menjalankan traceroute, silahkan anda install dahulu tools traceroute dengan perintah “pkg install traceroute”, kemudian anda cukup mengetikkan perintah “traceroute namadomain” untuk melakukan traceroute.

traceroute termux

Untuk keluar dari aplikasi termux, anda cukup mengetikkan perintah “exit”. Bagaimana, cukup mudah bukan untuk penggunaannya?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang apa itu termux hingga cara menggunakan termux, semoga dapat menambah informasi dan dapat membantu anda dalam menjalankan perintah linux dari perangkat android. Tertarik untuk mencoba sekarang?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.1 / 5. Vote count: 28

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.