Rumahweb Journal
Banner - Cara Mengatasi err_too_many_redirects Paling Mudah

Cara Mengatasi err_too_many_redirects Secara Mudah

Pernahkah website Anda mengalami kendala err_too_many_redirects ketika diakses? Lalu apa penyebabnya dan bagaimana solusinya? Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang err_too_many_redirects beserta solusi yang bisa Anda lakukan.

Sebelum kami bahas cara perbaikannya, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang apa itu err_too_many_redirects dan penyebabnya. Simak informasi berikut ini.

Apa itu err_too_many_redirects

contoh gambar err_too_many_redirects

ERR_TOO_MANY_REDIRECTS adalah salah satu jenis error yang disebabkan karena website mengalami stuck pada saat diakses. Stuck dapat terjadi ketika website Anda mengalami proses berulang atau looping yang tidak berujung.

Proses stuck atau looping ini dapat terjadi karena beberapa alasan, seperti script website yang memang melakukan looping secara terus menerus, config pada file .htaccess tidak sesuai hingga pengaturan HTTPS pada website.

Berikut kami jabarkan beberapa kemungkinan atau penyebab err_too_many_redirects dapat terjadi.

Penyebab err_too_many_redirects

Umumnya error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan konfigurasi pada website, seperti:

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

1. Config permalink

Konfigurasi permalink yang tidak sesuai dapat menyebabkan error jenis ini. Misalnya saat melakukan custom structure permalink maupun custom kategori base.

2. Config .htaccess

.htaccess adalah sebuah file konfigurasi yang digunakan pada web server Apache. File ini berfungsi sebagai pengaturan spesifik pada level direktori hingga rewrite url pada sebuah website.

Dalam kasus err_too_many_redirects, error dapat terjadi ketika Anda salah mengatur konfigurasi redirect http:// to https:// , https://www. to https:// atau sebaliknya.

3. Masalah Plugin

Pada CMS, error err_too_many_redirects dapat terjadi karena penggunaan plugin yang memiliki fungsi yang sama. Sehingga terjadi looping pada script website dan akhirnya menyebabkan eror ERR_TOO_MANY_REDIRECTS.

4. Masalah pada cache browser maupun WordPress

Cache pada website adalah ruang penyimpanan sementara untuk data website, untuk mempercepat website diload oleh browser visitor/pengunjung. Kemungkinan website kita menyimpan cache file korup atau file-file yang bermasalah.

5. Website terinfeksi virus/malware

Penyebab error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS lainnya adalah website kita terinfeksi oleh malware, sehingga scirpt berubah

6. Error pada CloudFlare

Jika Nameserver domain Anda mengarah ke CloudFlare dan mengaktifkan fitur https, sering kali fitur ini menjadi penyebab err_too_many_redirects dapat terjadi. Error disebabkan karena terjadi duplicate atau conflict SSL pada redirect HTTPS.

Solusinya, Anda bisa login ke CloudFlare dan ubah status SSL/TLS Domain Anda di CloudFlare menjadi Full.

Cara Mengatasi ERR_TOO_MANY_REDIRECTS

Bila menemui error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS di website Anda, jangan buru-buru panik dan melakukan uninstall website. Berdasarkan beberapa penyebab diatas, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ERR_TOO_MANY_REDIRECTS pada website.

Pada website berbasis WordPress

Berikut adalah cara mengatasi error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS pada WordPress.

  1. Perbaiki stuktur permalink website Anda. Caranya, login ke Dashboard WordPress Anda lalu klik menu Settings > Permalink > ubah type permalink menjadi Post Name seperti gambar berikut.
Setting default permalink pada WordPress
  1. Setelah mengubah ke Post Name, silahkan simpan dan coba kembali akses ke website Anda.
  1. Jika error masih ditemukan, Anda bisa coba menyesuaikan script htaccess yang digunakan. Resetlah file htaccess menjadi default, dengan cara copy paste script berikut ini.
# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>

Anda juga dapat mempelajari tutorial permalink default WordPress berikut ini. Setelah menyesuaikan script htaccess dan error masih ditemukan, ada kemungkinan error berasal dari plugin yang digunakan.

  1. Disable semua plugin WordPress dan aktifkan satu persatu. Hal ini bertujuan untuk melakukan testing dan mengetahui jika ada plugin yang menyebabkan error jenis ini.

    Jika Anda tidak bisa login halaman wp-admin, silakan mempelajari dan mengikuti tutorial Disable Plugin WordPress Di cPanel.
  1. Jika error masih ditemukan ada kemungkinan lain seperti cache yang menjadi penyebabnya. Lakukan clear cache pada plugin cache yang Anda gunakan.

    Untuk membersihkan cache pada website, silakan login halaman wp-admin > menu plugin > pilih setting pada plugin cache yang digunakan > cari opsi clear cache atau purge cache. Cara ini dapat berbeda-beda sesuai plugin cache yang digunakan oleh masing-masing website.

    Jika Anda tidak tidak bisa login halaman wp-admin, silakan menghapus folder wp-content/cache didalam cPanel atau Plesk kemudian buat folder cache lagi. Seperti gambar berikut ini:
Membersihkan cache secara manual di cPanel
Hapus folder cache
Membuat folder cache di WordPress
Create folder cache

Jika dengan cara diatas masih tidak bisa, ada kemungkinan website Anda terserang malware atau virus.

Pada website yang terkena virus/malware

Salah satu penyebab error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS karena website terinfeksi virus atau malware. Anda dapat melakukan pengecekan melalui menu “ImunifyAV” atau “Imunify 360” di cPanel hosting, lalu cek pada history. Berikut caranya :

  1. Login ke cPanel atau Plesk Hosting Anda.
  2. Klik menu ImunifyAV atau Imunify 360.
  3. Klik menu History, lalu lakukan analisa pada script yang ditandai.
Imunify fitur malware scanner didalam cPanel
Malware scanner by imunify

Apabila ada file yang terinfeksi virus/malware, list file tersebut akan muncul ditab malicious. Jika file malicious sudah menginfeksi file-file di dalam website Anda, maka Anda bisa coba untuk melakukan restore atau mengupload ulang script yang dibutuhkan.

Bagi website berbasis CMS WordPress, Anda dapat melakukan fresh upgrade file core WordPress-nya. Pelajari panduannya pada link berikut.

Sedangkan bagi website yang dibuat dengan CodeIgniter atau PHP Native, Anda bisa melakukan upload ulang script yang dibutuhkan atau melakukan restore dengan script yang masih berfungsi dengan baik. Atau solusi lainnya, Anda bisa menanyakan ke provider hosting Anda untuk backup yang masih tersedia.

Pada website dengan CloudFlare

Jika Anda menggunakan DNS CloudFlare dan mengaktifkan fitur HTTPS, pastikan Anda telah memilih ssl type Full seperti tutotial mengaktifkan SSL di CloudFlare berikut.

Setelah melakukan perubahan type SSL menjadi full, lakukan purge cache pada CloudFlare dan coba akses kembali website Anda. Jika masih gagal, Anda coba ubah status DNS dari Proxied menjadi DNS Only pada CloudFlare. Setelah itu coba akses kembali nama domainnya.

BACA JUGA : Website Tidak Bisa Diakses : Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya

Kesimpulan

Err_too_many_redirects adalah salah satu jenis error yang disebabkan karena website mengalami proses berulang atau looping yang tidak berujung.

Ada beberapa penyebab error ini dapat terjadi, seperti kesalahan dari script website, pengaturan file .htaccess yang tidak sesuai, hingga pengaturan permalink hingga HTTPS.

Selain itu pada pengguna CloudFlare, error ini sering terjadi karena type HTTPS yang digunakan. Pastikan type SSL di set Full, agar tidak terjadi looping HTTPS pada websitenya.

Demikian artikel kami tentang cara mengatasi err_too_many_redirects. Semoga dengan artikel ini, Anda dapat menemukan solusi untuk mengatasi error err_too_many_redirects dan website Anda dapat diakses kembali dengan baik. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.7 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Rudiharto

Halo! Saya Rudi, bekerja di Rumahweb sebagai Technical Support. Saya menyukai WordPress, SitePro, Blogspot, dan rutin menulis tutorial. Saya akan membantu Anda membuat beberapa hal teknis mudah dipahami :)

banner Pop Up - Hosting 99K