Rumahweb Journal
Banner - Mengubah Status DNS Domain di CloudFlare Menjadi DNS Only

Mengubah Status DNS Domain di CloudFlare Menjadi DNS Only

Pada fitur Manage DNS di CloudFlare, terdapat dua status DNS yang bisa Anda pilih yaitu proxied dan DNS Only. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara untuk mengubah status DNS Domain di Cloudflare menjadi DNS Only. Apa alasannya dan bagaimana cara mengubahnya? silahkan simak artikel berikut ini.

Tipe Status DNS CloudFlare

Seperti yang telah kita ketahui bersama, terdapat 2 pilihan status DNS di CloudFlare yaitu proxied dan dns only. Tipe proxied memungkinkan website Anda di response melalui jaringan global CloudFlare, sehingga lebih aman dan memungkinkan website Anda lebih cepat ketika diakses.

Sedangkan tipe DNS only memungkinkan semua lalu lintas trafik ke website Anda langsung diteruskan ke server tujuan. Dari sisi keamanan, tipe proxied memiliki keamanan yang lebih baik karena request ke website Anda akan diresponse oleh jaringan global Cloudflare terlebih dahulu.

Namun terkadang, penggunaan type proxied ini menyebabkan website Anda gagal diakses karena satu atau beberapa alasan. Seperti karena jaringan CloudFlare mengalami error atau maintenance, hingga error yang berkaitan dengan teknis pada CloudFlare seperti caching.

Jika Anda pengguna CloudFlare lalu menemukan website Anda gagal diakses padahal server tidak down, maka salah satu solusinya Anda bisa mengubah status DNS menjadi DNS Only. Hal ini dilakukan untuk menguji, apakah kendala yang Anda alami berasal dari sisi CloudFlare atau bukan.

Untuk mengubah status proxied menjadi dns only, silahkan simak langkah-langkah berikut.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Mengubah Status DNS Domain di CloudFlare

Bagi Anda yang telah mengarahkan domain ke CloudFlare lalu ingin mengubah status DNS dari proxied ke dns only, Anda bisa mengikuti step by step berikut ini.

  1. Login ke CloudFlare
  2. Setelah berhasil login, pilih nama domain yang ingin diubah setting DNS-nya. Untuk tutorial kali ini, kami menggunakan domain portoportoku.my.id. Berikut tampilan halaman utama dashboard Cloudflare.
dashboard-cloudflare
detail-domain
  1. Klik DNS Settings, Anda akan diarahkan ke halaman list record DNS domain yang sebelumnya sudah Anda buat. Misalnya record DNS A record, TXT record, CNAME, dan lain-lain.
detail-record-dns
  1. Pada screenshot sebelumnya terlihat record DNS A portoportoku.my.id aktif dengan status Proxied. Untuk mengubah statusnya, silahkan klik Edit pada record DNS A portoportoku.my.id.
proxy-on

Geser slide Proxy status hingga berubah menjadi menjadi DNS Only.

mengubah status dns domain di cloudflare dari proxied ke dns only
  1. Klik Save. Setting DNS Only sudah selesai.

Setelah setting DNS ini selesai, kami menyarankan untuk melakukan Purge Cache  di sisi Cloudflare dari menu Overview – Purge Cache – Purge Everything, dan tunggu proses propagasinya.

Pengujian

Perbedaan antara DNS domain yang di setting Proxied dengan DNS Only terlihat dari hasil ping ke domain tersebut yang langsung mengarah ke IP server Anda. Pengujian dapat dilakukan melalui tools DNS seperti Dig Web Interface, DNS Checker maupun melalui tool CMD komputer Anda.

Bila domain di set Proxied, maka domain akan mengarah ke IP Cloudflare. Namun bila domain di set menjadi DNS Only, maka domain akan mengarah ke IP hosting atau server yang Anda gunakan.

Demikian artikel kami tentang cara mengubah status DNS domain di CloudFlare menjadi DNS only, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.2 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Triyadi

banner Pop Up - Hosting 99K