Rumahweb Journal
Cara Mengatasi err_connection_timed_out Pada Website

Cara Mengatasi err_connection_timed_out Pada Website

Pernahkah Anda menjumpai pesan error “err_connection_timed_out” ketika membuka sebuah website? Tentunya, hal ini cukup menyebalkan terlebih informasi pada website yang akan Anda akses adalah informasi yang sangat diperlukan.

Dalam artikel kali ini, Kami akan membahas tentang kendala err_connection_timed_out termasuk apa penyebab dan cara mengatasinya. Simak informasi berikut ini.

err_connection_timed_out artinya

Pesan err_connection_timed_out akan muncul ketika browser yang Anda gunakan tidak dapat terhubung ke server website yang akan diakses. Kendala ini bisa berasal baik dari sisi server, koneksi internet yang digunakan, ataupun dari browser yang digunakan.

Saat terjadi kendala tersebut, biasanya browser akan menampilkan tampilan sebagai berikut:

tampilam err_connection_timed_out

Penyebab err_connection_timed_out

Sesuai penjelasan diatas, penyebab kendala err_connection_timed_out bisa berasal baik dari server, koneksi, dan browser yang digunakan. Berikut informasi detail beberapa penyebab kendala err_connection_timed_out:

Masalah pada server website

Penyebab pertama kendala err_connection_timed_out adalah berasal dari sisi server yang offline atau sedang ada kendala di sisi server yang digunakan.

Koneksi internet yang tidak stabil

Penyebab kedua adalah kendala dari sisi koneksi internet yang anda gunakan. Koneksi internet yang lambat dan tidak stabil dapat menyebabkan munculnya error err_connection_timed_out ketika mengakses sebuah website.

Pengaturan proxy atau VPN yang tidak tepat

Penyebab yang ketiga adalah apabila anda menggunakan proxy atau VPN pada sisi koneksi internet yang adna gunakan. Penggunaan proxy atau VPN yang tidak disetting dengan tepat tentunya dapat mengganggu koneksi ke server website.

Hal tersebut tentunya juga akan menyebabkan kendala ketika akses ke website dilakukan.

Cache pada browser yang digunakan

Penyebab selanjutnya adalah dari sisi cache pada browser yang digunakan. Cache browser yang menumpuk tentunya akan dapat menyebabkan error ketika mengakses website.

Software antivirus atau firewall

Penyebab selanjutnya adalah berasal dari sisi software atau firewall yang anda gunakan. Penggunaan Software antivirus atau firewall terkadang dapat memblokir akses ke website tertentu.

Hal ini bisa terjadi apabila website yang akan anda akses memliki reputasi kurang baik dan juga pada sisi konten websitenya terindikasi memuat malware yang menyebabkan antivirus atau firewall akan melakukan blokir akses ke website yang anda akses.

Cara Mengatasi err_connection_timed_out

Setelah mengetahui beberapa penyebab kendala err_connection_timed_out diatas, tentunya ada beberapa langkah untuk mengatasi error tersebut.

Langkah-langkah ini bisa Anda terapkan pada laptop maupun Handphone berbasis Android atau iOS. Simak langkah berikut ini.

1. Melakukan pengecekan pada domain

Langkah awal adalah tetntunya memeriksa dahulu apakah domain pada website tujuan yang akan kita akses aktif. Cara pengecekan bisa dilakukan melalui whois, dan juga melakukan test koneksi ke domain dengan metode seperti ping. Untuk melakukan ping anda dapat mengikuti panduan di link ini.

2. Periksa koneksi internet Anda

Langkah selanjutnya untuk mengatasi error tersebut adalah dengan melakukan pemeriksaan dahulu pada sisi koneksi internet yang anda gunakan. Pastikan koneksi internet yang anda gunakan stabil dan juga koneksi tidak terputus-putus sehingga akses ke website dapat dilakukan.

3. Muat ulang website

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan reload pada halaman website yang anda akase. Untuk melakukan reload anda dapat menakan tombol ctrl+F5 secara bersamaan pada keyboard atau anda juga dapat kilk button reload pada brwoser yang anda gunakan.

4. Matikan proxy atau VPN

Langkah selanjutnya adalah apabila anda menggunakan proxy atau VPN pada koneksi internet yang anda gunakan, silahkan untuk mencoba dahulu untuk mematikan proxy ataupun VPS sementara waktu. Setelah itu silahkan dicoba kembali untuk mengakses kembali website.

5. Hapus cache browser

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan clear cache pada browser yang anda gunakan untuk mengakses website tersebut. Untuk menghapus cahce pada browser, anda dapat mengikuti panduan di link ini.

6. Periksa pengaturan software antivirus atau firewall

Langkah selanjutnya adalah melakukan review pada sisi software antivirus dan firewall yang anda gunakan. Silahkan untuk melakukan review untuk memastikan software antivirus atau firewall yang anda gunakan tidak melakukan blokir pada website yang anda akses.

Apabila software antivirus atau firewall yang anda gunakan melakukan blokir, anda dapat melakukan review penyebab blokir dilakukan. Apabila anda rasa penyebabnya tidak sesuai biasanya pada software antrivirus atau firewall terdapat fasilitas untuk melakukan whitelistpada url website yang anda akses.

7. Gunakan resolver DNS lain

Melakukan perubahan pada sisi DNS resolver pada perangkat anda juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi kendala err_connection_timed_out. Anda dapat melakukan perubahan setting resolver DNS pada perangkat lain dengan menggunakan resolver DNS public seperti Google atau cloudflare.

Untuk panduan mengubah resolver DNS anda dapat mengikuti panduan di link ini.

8. Restart perangkat Anda

Langkah ini bisa menjadi alternatif apabila kendala masih terjadi. Silahkan untuk melakukan restart pada modem atau router, laptop atua komputer, hingga perangkat seluler Android atau iOS Anda. Setelah melakukan restart, silahkan bisa mencoba akses kembali nama domainnya.

7. Hubungi provider server atau hosting yang digunakan

Langkah selanjutnya adalah, anda dapat mencoba menghubungi provider hosting atau server yang digunakan untuk memastikan tidak ada kendala pada sisi server yang digunakan.

Err_connection_timed_out yang muncul ketika mengakses ke sebuah website memang akan membuat pengakses tidak nyaman. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengatasi kendala tersebut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.