Rumahweb Journal
Banner - Cara Mengaktifkan SSL di Prestashop

Cara Mengaktifkan SSL di Prestashop

Pernahkah anda mengakses website lalu muncul notifikasi “Not Secure” pada tab browser? Ya, hal tersebut disebabkan karena website tidak diakses melalui link HTTPS (secure). Pada panduan ini, kami akan berbagi cara mengaktifkan SSL di Prestashop.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Prestashop adalah salah satu CMS yang digunakan untuk membuat website secara instan. Tentunya Anda tidak ingin toko online Anda dianggap ‘not secure’ oleh browser, sehingga memungkinkan pelanggan Anda langsung menutup website tanpa melihat produk yang anda tawarkan.

Karenanya, SSL saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Selain agar dianggap aman oleh browser, SSL memiliki peran lainnya seperti untuk keamanan transaksi pada website. Berikut informasi selengkapnya tentang pentingnya SSL dan cara mengaktifkan SSL di Prestashop.

Pentingnya SSL Pada Website

SSL (Secure Socket Layer) adalah standar keamanan komunikasi antara server dan client. Saat ini SSL telah menjadi standar sebuah website. Sebagai pengelola toko online, Anda tentu menginginkan keamanan data pelanggan.

Jika pada website toko online tidak ada SSL maka informasi sensitif seperti data transaksi, nomor kartu kredit, informasi login pelanggan sangat berpotensi untuk disadap dan disalahgunakan.

Hal tersebut dapat dihindari dengan mengaktifkan SSL pada website. Pada artikel kali ini kami akan membahas cara mengaktifkan SSL di Prestashop.

Baca juga artikel : Haruskah Website Memiliki Sertifikat SSL?

Cara Mengaktifkan SSL di Prestashop

Hal pertama yang perlu anda cek adalah apakah SSL telah aktif di hosting anda atau belum. Test bisa dilakukan dengan cara mengakses website anda melalui url HTTPS. Jika website Anda sudah bisa diakses dengan link HTTPS, artinya SSL telah aktif.

Namun jika website Anda error ketika diakses melalui link HTTPS, maka kemungkinan besar SSL belum terinstall. Saat ini di seluruh hosting Rumahweb, telah kami sediakan fitur SSL Gratis. anda bisa mengaktifkan fitur SSL gratis ini melalui cPanel atau Plesk, sesuai paket hosting yang digunakan.

Step 1. Install SSL di Hosting

Bagi Anda yang memesan layanan Shared, Cloud dan Unlimited hosting, instalasi SSL gratis bisa dilakukan melalui cPanel dengan panduan : cara install ssl gratis di cPanel

Sedangkan untuk Anda yang memesan layanan WordPress hosting, Anda bisa menginstall SSL melalui Plesk dengan panduan sebagai berikut : cara install ssl gratis di plesk.

Step 2. Mengaktifkan SSL di Prestashop

Setelah memastikan bahwa SSL di hosting anda telah aktif, anda bisa mengikuti panduan berikut untuk mengaktifkan SSL di Prestashop.

  1. Silakan login terlebih dahulu ke Admin Prestashop pada url misalkan namadomain.com/admin123
login ke prestashop
  1. Setelah berhasil login, pilih menu bagian Configure klik Shop Parameters dan pilih General
klik Shop Parameters dan pilih General. 
  1. Pada tampilan General Preferences, klik pada tulisan Please click here to check if your shop supports HTTPS. Tujuannya adalah untuk memeriksa apakah SSL tersedia pada website.
tampilan General Preferences
  1. Pada tampilan berikutnya, akan muncul konfirmasi Invalid token. Klik pada tombol I understand the risk.
verifikasi ssl di prestashop
  1. Setelah itu Anda akan diarahkan kembali ke halaman General Preferences, silakan aktifkan opsi Enable SSL. Lalu klik tombol Save pada sudut kanan bawah halaman.
cara mengaktifkan ssl di prestashop
  1. SSL sudah berhasil diaktifkan. Selanjutnya silakan aktifkan opsi Enable SSL on all pages, lalu klik tombol Save pada bagian bawah halaman.
enable ssl di prestashop
  1. Silakan test akses ke website Anda. Pada address bar browser akan muncul ikon gembok seperti pada gambar, yang menandakan website anda telah secure.
test akses dengan https

Sampai tahap ini, proses aktivasi ssl di Prestashop telah selesai. Bagi Anda yang membutuhkan keamanan website dengan tingkat SSL yang lebih tinggi, Anda bisa menggunakan layanan SSL berbayar yang kami sediakan.

Kami menyediakan Organization Validation (OV SSL) dan Extended Validation (EV SSL) yang memberikan kepercayaan tertinggi dan mencegah phising pada website Anda. 

Demikianlah panduan mengaktifkan SSL di Prestashop, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Rifki

a lifelong learner