Rumahweb Journal
Banner - Cara Mengaktifkan Fitur Auto Update WordPress

Cara Mengaktifkan Fitur Auto Update WordPress

Demi keamanan website WordPress yang digunakan, kita dituntut untuk selalu melakukan update versi WordPress, Plugin, dan Theme yang digunakan untuk meminimalisir adanya bug yang dapat membahayakan situs, seperti terjadi hack atau sejenisnya. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara mengaktifkan fitur auto update WordPress dengan mudah.

Saat ini pada layanan hosting Rumahweb baik yang menggunakan cPanel maupun Plesk pada layanan WordPress hosting sudah memiliki fitur WordPress Toolkit. Pada WordPress Toolkit menyediakan fasilitas auto update, agar website kita selalu update ketika ada pembaharuan dari penyedia WordPress, Plugin dan Tema yang kita gunakan.

Untuk membuat website WordPress Anda menjadi otomatis update, sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkah cara mengaktifkan auto update di WordPress.

Mengaktifkan auto update WordPress melalui cPanel

Bagi anda yang menggunakan layanan shared hosting, Cloud hosting atau unlimited hosting Rumahweb, silahkan menggunakan menggunakan opsi ini. Berikut langkah-langkahnya ;

  1. Silahkan login ke cPanel hosting. Panduan login bisa diperiksa pada artikel ini Cara Login cPanel Hosting di Rumahweb
  2. Setelah login, silahkan cari menu WordPress Toolkit berikut ini :
wordpress-toolkit-cpanel
  1. Setelah masuk ke menu WordPress Toolkit akan ada list instalasi WordPress yang ada di Hostingnya, klik auto update settings pada website yang akan disetting, seperti berikut :
  1. Akan muncul box setting auto update yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan :

Silahkan dapat dilakukan penyesuaian kebutuhan auto update dengan opsi yang tersedia seperti screenshot diatas.

Selain melakukan setting tersebut, Anda juga dapat mengaktifkan fitur Smart Update pada WordPress Toolkit yang tersedia di hosting cPanel ini.

smart-update-wordpress-toolkit

Smart update akan membuat tiruan penuh situs web (cloning), menjalankan sejumlah pemeriksaan awal, memperbarui situs web yang dikloning, dan menjalankan pemeriksaan lagi untuk melihat apakah pembaruan telah merusak sesuatu.

Kemudian Anda dapat menentukan apakah pembaruan harus dilakukan atau tidak, dan memberi tahu sistem untuk melakukan pembaruan di situs web produksi, atau membuang pembaruan yang sudah dibuat oleh Smart Update tersebut.

Mengaktifkan auto update WordPress di Plesk

Bagi anda yang menggunakan layanan WordPress Hosting Rumahweb, silahkan menggunakan menggunakan opsi ini. Berikut langkah-langkahnya ;

  1. Silakan login ke Plesk panel WordPress Hosting anda terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya apabila WordPress, theme, dan plugin telah tersedia versi yang baru, maka akan ada notifikasi yang muncul di bawah domain. Contohnya seperti pada gambar berikut :
auto update wordpress di plesk
  1. Selanjutnya klik menu tersebut, dan akan muncul halaman baru untuk melanjutkan proses update.

Update versi plugin dan theme Menggunakan Fitur Auto Update

  1. Klik menu WordPress di panel sebelah kanan, seperti pada gambar.
fitur auto update wordpress
  1. Centang pada check mark website WordPress, lalu klik Auto Update.
mengaktifkan fitur auto update wp di plesk
switch on auto update wordpress
  1. Sampai tahap ini, penjelasan fitur auto update WordPress di plesk telah selesai.

Saran

Apabila anda menggunakan plugin atau theme versi lama, kami tidak menyarankan untuk mengaktifkan fitur auto update WordPress ini. Beberapa kasus, aktivasi fitur auto update WordPress menyebabkan website error karena ketidaksesuaian versi WP dengan versi plugin atau themenya.

Demikian panduan tentang cara mengaktifkan fitur Auto Update WordPress di Hosting Rumahweb. Apabila ada kesulitan dalam melakukan update theme, plugin atau versi WordPress nya, silakan menghubungi support teknis Rumahweb untuk dibantu cek.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Rudiharto

Suka makan bubur tanpa diaduk.