Rumahweb Journal
Banner - Cara Menampilkan File PDF di WordPress

Cara Menampilkan File PDF di WordPress

Ada banyak alasan mengapa WordPress menjadi CMS yang paling populer, salah satunya adalah ketersediaan berbagai plugin yang dapat kita manfaatkan. Dalam artikel ini, kami akan berbagi tutorial tentang cara menampilkan file PDF di WordPress menggunakan plugin.

Plugin adalah perangkat lunak atau aplikasi yang dapat membantu kita menambahkan fungsi pada website. Dengan plugin, kita dapat menambahkan fungsi seperti keamanan (security), form, caching, bahkan bisa menampilkan dokumen berbentuk PDF (pdf viewer) ke dalam website.

Pada Journal kali ini, Kami akan membahas bagaiaman caranya untuk menampilkan file PDF di WordPress menggunakan plugin PDF Viewer. Namun sebelum membahas bagaimana caranya, kami akan terlebih dahulu mengulas tentang apa itu PDF Viewer agar Anda lebih memamahi panduan yang akan kami berikan. Simak informasi berikut ini.

Apa itu PDF Viewer?

PDF viewer adalah salah satu plugin yang berfungsi untuk menampilkan, bahkan untuk membuat form download file PDF pada website. Dengan plugin ini, Anda dapat dengan mudah menampilkan atau mengunggah file PDF yang ingin ditampilkan pada website.

Selain memudahkan Anda, plugin ini juga memudahkan pengungjung website Anda untuk membaca file PDF dengan berbagai mode, tanpa harus mengunduh terlebih dahulu file PDF ke handphone atau komputer mereka.

BACA JUGA : Plugin dan Themes WordPress Premium Gratis di Rumahweb

Plugin PDF Viewer Terbaik

Ada banyak pilihan plugin PDF viewer yang dapat kita gunakan untuk menampilkan file PDF pada website. Berikut adalah beberapa opsi yang dapat Anda gunakan.

PDF Viewer for WordPress

PDF Viewer for WordPress merupakan salah satu plugin pdf viewer terbaik yang dilengkapi dengan fitur terlengkap. Salah satu kelebihan dari plugin ini adalah dapat menampilkan file PDF secara responsive pada semua perangkat.

PDF Viewer for WordPress adalah plugin premium, artinya Anda harus membeli plugin ini agar dapat menggunakannya. Hingga artikel ini diterbitkan, harga plugin ini adalah $17.

Real3D FlipBook WordPress Plugin

Real3D FlipBook adalah salah satu plugin PDF viewer terbaik yang memiliki kelebihan berupa banyaknya pilihan design yang dapat Anda gunakan. Plugin ini sangat cocok digunakan untuk membuat website majalah maupun berita online yang akan menampilkan design grafis maupun gambar dengan tampilan yang menarik.

Untuk menggunakannya, Anda dapat membeli lisensi plugin ini dengan harga $59.

PDF Viewer & 3D PDF Flipbook – DearPDF

Setelah kami membahas 2 plugin PDF viewer premium, tiba saatnya kami membahas plugin pdf viewer yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Plugin pdf viewer gratis terbaik versi kami adalah PDF Viewer & 3D PDF Flipbook – DearPDF. Meskipun gratis, plugin ini dilengkapi dengan berbagai fitur hingga design yang menarik.

Plugin ini dapat Anda download secara gratis melalui WordPress Forum maupun install melalui halaman dashboard WordPress Anda. Dalam tutorial ini, kami akan menggunakan plugin PDF Viewer & 3D PDF Flipbook – DearPDF untuk menampilkan file pdf pada website.

Menampilkan file PDF di WordPress dengan plugin DearPDF

Berikut adalah cara menampilkan file PDF di WordPress dengan plugin PDF Viewer & 3D PDF Flipbook – DearPDF.

Step 1. Install plugin DearPDF

  1. Login ke wp-admin WordPress Anda.
  2. Klik menu Plugins Add New Plugin.
  3. Di kolom pencarian plugin sebelah kanan, ketik dearpdf. Tampilan plugin nantinya seperti ini:
plugin PDF Viewer & 3D PDF Flipbook – DearPDF
  1. Klik Install Active. Untuk tahap ini plugin DearPDF sudah aktif di WordPress Anda

Step 2. Cara menggunakan DearPDF

  1. Klik icon DearPDF yang ada di sebelah kiri (sidebar) WordPress Anda dan klik Add Post. Kita akan membuat contoh satu postingan PDF.
add post pdf
  1. Di kolom Add title, silahkan isi dengan nama postingan PDF Anda (bukan nama page/post website). Kemudian di bagian Source, klik Select PDF, pilih atau upload file PDF yang ingin Anda tampilkan, lalu klik Select to DearPDF.
import pdf
select pdf
  1. Bila PDF berhasil diupload, maka tampilan selanjutnya akan seperti ini:
memastukan source pdf code
  1. Setelah itu klik Publish.
  2. Perhatikan, setelah meng-klik Publish maka screenshotnya akan seperti ini.
shortcode pdf

Perlu diperhatikan di bagian Shortcode, silahkan disimpan atau dicopy kode tersebut karena shortcode-nya akan disematkan pada page/post yang akan ditampilkan file PDF-nya.

Step 3. Menambahkan Shortcode pada Post atau Page

Langkah selanjutnya adalah kita dapat menambahkan shortcode yang telah kita buat di plugin DearPDF, ke halaman post atau page yang kita butuhkan.

Silahkan klik menu Post > Add new atau Page > Add new sesuai kebutuhan Anda.

cara menampilkan file pdf di WordPress

Di bagian Add Title, silahkan diisi dengan nama judul halaman yang Anda inginkan. Pada tutorial ini, Kami akan menggunakan judul Tampil PDF.

Kemudian di bagian type / to choose a block, silahkan menuliskan atau meng-copy shortcode yang muncul ketika proses upload PDF pada plugin DearPDF. Contohnya sebagai berikut.

menambahkan short code pdf viewer

Setelah artikel selesai Anda buat, silahkan klik tombol Publish untuk mempublikasi halaman yang Anda buat. Sampai tahap ini, cara menampilkan pdf di WordPress telah selesai. Selanjutnya kita dapat melakukan pengujian dengan cara mengakses halaman yang kita buat.

Pengujian

Untuk mengakses page atau post yang sudah dibuat, Anda cukup mengetikkan namadomain.com/nama-page atau namadomain.com/nama-post.

Sebagai contoh, kami akan mengakses url portoportoku.my.id/tampil-pdf sesuai yang kami buat sebelumnya. Berikut screenshot tampilannya:

show file

PDF yang sudah tampil bisa diperbesar atau diperkecil (zoom in/out), full screen, share, download, dan banyak lagi, sehingga memudahkan pengunjung website Anda untuk membacanya.

tools pdf

Pada bagian DearPDF DearPDF Setting, Anda dapat mengatur tampilan PDF agar lebih menarik pembaca atau pengunjung website Anda.

custom pdf

Demikian panduan kmai tentang cara menampilkan file PDF di WordPress, semoga dapat membantu.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Vantri A. Simanjuntak

"Que Sera, Sera". Tace, Attende, Perficie!