Rumahweb Journal
Panduan Membuat Toko Online Dengan WooCommerce

Cara Membuat Toko Online Dengan WooCommerce (part 1)

Ada beberapa cara membuat toko online, salah satu yang paling mudah untuk digunakan adalah dengan CMS toko online. Cara ini menjadi sangat mudah dan efektif, ketika Anda tidak bisa codding atau scripting website Anda sendiri.

Selain lebih mudah, kelola websitenya juga sangat gampang karena telah GUI dan tidak lagi membutuhkan keahlian scripting. Dari beberapa CMS toko online populer, ada 3 CMS yang kami rekomendasikan, yaitu Prestashop, Opencart atau WooCommerce.

Cara membuat toko online di WordPress

Nah, kali ini Rumahweb akan membagi tips membuat website dengan platform dari WordPress dan plugin WooCommerce. Bagaimana caranya? Anda bisa menyimak langkah berikut:

Install WordPress

Anda bisa login ke cPanel untuk instalasi WordPress terlebih dahulu. Cara install WordPress bisa Anda simak pada panduan berikut :
– Cloud Hosting : Klik disini jika Anda menggunakan Cloud Hosting
– WordPress Hosting : Klik Disini jika Anda menggunakan WordPress Hosting

Install Plugin Woocommerce

Setelah Anda selesai install WordPress, langkah selanjutnya adalah melakukan install plugin Woocommerce. Instalasi ini bisa dilakukan melalui dashboard WordPress Anda melalui menu Plugins > Add New > WooCommerce. Klik Install Now dan Aktifkan.

cara membuat toko online dengan install plugin woocommerce

Setelah Plugin WooCommerce diaktifkan, Anda akan di direct ke halaman konfigurasi WooCommerce. Silahkan isi dengan data lengkap toko online Anda. Jika merasa bingung, Anda bisa mempelajari panduan dari WooCommerce yang bisa diakses dari Link : Cara Setting Default WooCommerce

cara setting plugin woocommerce

Cara membuat produk

Untuk membuat produk, Anda bisa klik menu Product > Add New. Lalu Anda bisa mengisi nama produk, harga, deskripsi produk hingga upload foto produk.

Apabila Anda terkendala membuat produk, maka Anda bisa melakukan import produk dari demo Woocommerce yang telah disiapkan. Anda bisa download file .CSV dari link : Download Demo

Anda bisa melakukan import melalui setting Woocommerce pada menu Product > Import product from CSV file.

import demo woocommerce

Langkah terakhir adalah editing content dan display. Pada step ini, setiap theme memiliki konfigurasinya masing-masing. Karena itu, kami sarankan Anda membaca documentation dari Theme yang Anda gunakan, agar sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Theme Woocommerce gratis bisa Anda download melalui halaman berikut : Template.

Selanjutnya, kita akan menjelaskan cara membuat produk, mengelola produk, mengolah pesanan, memilih tema hingga setting menu pada part 2. Selengkapnya bisa Anda pelajari melalui artikel berikut: Cara membuat toko online part 2

Demikian cara membuat toko online dengan Woocommerce. Selamat mencoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Luthfi Hanif

Tukang komputer