Rumahweb Journal
Banner - Cara Membuat Sitemap di Blogger

Cara Membuat Sitemap di Blogger dan Submit ke Google Search

Sitemap atau dalam bahasa Indonesia berarti peta situs, adalah sebuah halaman yang memuat semua informasi link pada sebuah website atau blog. Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara membuat sitemap di Blogger dan bagaimana caranya untuk mengirim sitemap ke Google Search Console.

Sebelum kami mengulas cara membuat sitemap di Blogger, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang apa itu Sitemap beserta fungsinya, untuk memudahkan Anda memahami artikel ini. Simak informasi berikut ini.

Apa itu Sitemap?

Sitemap adalah sebuah format halaman yang memuat informasi tentang link dan struktur website atau blog. Dalam halaman sitemap, biasanya mencakup URL dari setiap postingan, halaman, categori, juga  kapan terakhir kali postingan/halaman di update.

Sitemap menggunakan format Extensible Markup Language atau yang kita kenal sebagai XML. Pada Blogger, ada dua format sitemap yang dibuat yaitu post dan page. Contoh formatnya sebagai berikut:

https://namablog.blogspot.com/sitemap.xml
https://namablog.blogspot.com/sitemap-pages.xml

Fungsi Sitemap

Tujuan utama dari sitemap adalah membantu mesin pencari mengindeks dengan lebih efisien halaman-halaman yang ada di situs web tersebut. Sitemap membantu mesin pencari memahami hierarki halaman, tanggal pembaruan, dan frekuensi perubahan konten.

Mesin pencari seperti Google, menggunakan bot yang biasa di sebut Google Crawler untuk menemukan situs web yang akan di index. Agar blog dapat dirayapi oleh google crawler, pastikan Anda telah mengaktifkan opsi Pengindeksan Mesin Pencari.

Cara Membuat Sitemap di Blogger

Pada dasarnya, Blogger telah mengaktifkan sitemap secara otomatis pada setiap Blog. Untuk alamat defaultnya, anda bisa akses melalui /sitemap.xml. Contohnya sebagai berikut :

https://namablog.blogspot.com/sitemap.xml

Atau bagi Anda yang sudah melakukan custom domain, Anda bisa melihat sitemap pada blogspot dengan format berikut :

https://namadomainanda/sitemap.xml

Agar dapat di index oleh search engine, pastikan bahwa status visible to search engine telah di enable seperti gambar berikut.

mengaktifkaan Pengindeksan Mesin Pencari di blogger - membuat sitemap di blogger

Untuk memastikan bahwa sitemap yang ada di Blogspot valid, Anda bisa melakukan pengujian di sitemap checker seperti melalui xml-sitemaps.

sitemap checker

Jika status sitemap.xml Anda benar, maka akan muncul seperti keterangan diatas. Selanjutnya, Anda bisa melakukan submit sitemap ke google search.

Mendaftarkan Sitemap ke Google Search Console

Setelah memastikan bahwa URL Sitemap Anda valid, langkah selanjutnya Anda bisa submit sitemap pada halaman Google Search console untuk memantau kinerja blog anda di mesin pencari.

Untuk mendaftarkan sitemap blog ke google search console, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Google Search Console dan Anda bisa login dengan akun Gmail Anda.
  2. Bagi yang masih menggunakan alamat blogspot, Anda bisa menambahkan propery terlebih dahulu seperti gambar berikut.

    Namun bagi Anda yang sudah melakukan custom domain, Anda bisa langsung masuk ke Google Search console dan pilih property domain yang akan Anda submit sitemapnya.
Menambahkan propertif di google seach console
  1. Setelah berhasil login ke dashboard Google search console, silahkan klik menu sitemap dan masukan URL sitemap Anda. Contohnya seperti gambar berikut:
submit sitemap di google search console
  1. Apabila sitemap telah berhasil ditambahkan, pada kolom status akan tertera “sukses”.
Tampilan sitemap sukses diinput di google sarch console

Pastikan untuk memahami bahwa mesin pencari membutuhkan waktu untuk mengindeks halaman, jadi perubahan mungkin tidak terlihat seketika. 

Error Tidak Dapat Mengembil Peta Situs

Saat menambahkan sitemap ke Google search, mungkin Anda akan menemui pesan error pada status sitemap yang Anda submit. Pesan error yang tampil dapat bervariasi, silahkan periksa detail pesan kesalahan yang muncul dan biasanya terdapat petunjuk tentang masalah yang terjadi. 

Namun, ada 1 pesan yang sering muncul ketika melakukan submit sitemap ke Google Search console yaitu “tidak dapat mengambil peta situs” atau “Couldn’t fetch”.

Ada beberapa kemungkinan terkait pesan tersebut, berikut diantaranya :

Format Sitemap tidak benar

Anda bisa melakukan test melalui sitemap checker yang telah kami sampaikan sebelumnya. Jika status sitemap valid, artinya format sitemap yang Anda buat sudah benar.

Google Membutuhkan waktu

Jika tidak ada kesalahan format di sitemap, artinya Google hanya belum sempat memproses request Anda. Google memproses request sitemap berdasarkan ‘upaya terbaik’, dan karena itu memiliki backlog yang sangat besar, sehingga sitemap yang dikirimkan masih harus diproses oleh Google.

Pengalaman kami, error diatas umumnya dijumpai pada domain baru atau fresh domain. Terkait dokumentasi error pada saat request sitemap, Anda bisa membaca dokumentasi berikut.

Solusi sitemap yang belum di crawl oleh Google

Bagi Anda yang menggunakan fresh domain atau domain baru, kami sarankan untuk melakukan post artikel lebih sering, untuk mempercepat Google melakukan crawl pada website Anda.

Anggap error “Couldn’t fetch” sebagai peringatan bahwa konten blog Anda masih sedikit, dan perlu membuat konten yang lebih banyak dan berkualitas. Dengan begitu secara otomatis Google akan lebih rajin melakukan perayapan website Anda, dan status Sitemap dapat diperbarui.

Demikian artikel kami tentang cara membuat sitemap di Blogger dan bagaimana cara submit ke Google Search. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Rizki Nur Safitri

banner Pop Up - Hosting 99K