Rumahweb Journal
Cara Menambahkan Tombol WhatsApp Pada WordPress

Cara Membuat Chat WhatsApp di WordPress

Hadirnya fitur Live chat pada website akan membuat komunikasi antara pelanggan dan penjual semakin mudah. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara membuat chat Whatsapp di WordPress.

Bagi Anda yang membuat website dengan CMS WordPress, ada beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk membuat chat WA di website. Berikut beberapa pilihan plugin Whatsapp beserta cara instalnya di WordPress.

Plugin Whatsapp WordPress

WhatsApp adalah salah satu media komunikasi yang saat ini banyak digunakan. Tak heran, apabila saat ini banyak website yang memiliki fitur chat WhatsApp, mulai dari website toko online, jasa, dan sebagainya.

Fungsi utama fitur tersebut adalah untuk mempermudah melakukan komunikasi antara pemilik website atau pengelola website dengan pengunjung. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara menambahkan WhatsApp di WordPress.

Ada beberapa cara untuk menambahkan tombol WhatsApp di WordPress, seperti men-generate link WhatsApp, lalu menginputkan secara manual di page atau item yang ingin ditambahkan, atau melakukan instalasi plugin WhatsApp yang saat ini sudah banyak tersedia.

Berikut beberapa plugin Whatsapp gratis untuk WordPress yang bisa Anda gunakan.

1. WP Social Chat – Click To Chat App

Hingga artikel ini di update pada Agustus 2022, plugin ini telah terinstall lebih dari 100ribu kali. Plugin ini cocok digunakan bila Anda membutuhkan customisasi chat di website.

Tidak hanya melakukan customisasi pada tampilan chatting, dengan plugin ini anda juga bisa mengatur lokasi tombol chat sesuai kebutuhan.

2. WhatsApp Me

Plugin whatsapp Me merupakan salah satu plugin WA untuk WordPress yang terbaik. Walaupun gratis, fitur dari WhatsApp Me tak kalah dengan plugin WA berbayar. Anda bisa mengatur tampilan tombol, mulai dari format tombol biasa hingga CTA (Call to Action).

Anda juga bisa mengatur kapan tombol ini akan muncul pada website. Fitur ini dinamakan dengan ‘Chat Delay’, dimana Anda bisa memunculkan tombol chat setelah beberapa menit user mengakses website Anda.

Plugin ini telah di download lebih dari 87.000 kali di seluruh dunia.

3. Click to Chat

Plugin WhatsApp WordPress yang ketiga adalah Click to chat. Hingga Agustus 2022, plugin ini telah diinstall lebih dari 400 ribu website di seluruh dunia.

Plugin click to chat menjadi populer, selain karena gratis juga memiliki berbagai tampilan chat yang bisa Anda pilih. Total, ada 9 style tombol chat yang bisa Anda pilih. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan foto atau gif ke tombol chat agar terlihat lebih profesional.

Membuat chat WhatsApp di WordPress

Panduan kali ini kami akan berbagi cara untuk membuat chat WhatsApps di WordPress dengan Plugin Click to Chat. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Step 1. Install plugin Click to chat

  1. Silahkan Anda login terlebih dahulu ke halaman admin WordPress. Untuk login ke halaman admin WordPress melalui https://namadomainanda.com/wp-admin
tampilan login wordpress - Cara Membuat Chat WhatsApp di WordPress
  1. Untuk install plugin pada WordPress, silahkan masuk ke menu Plugins > Add new seperti screenshoot berikut :
install plugin whatsapp - Cara Membuat Chat WhatsApp di WordPress
  1. Setelah masuk ke halaman add plugins, silahkan Anda ketik WhatsApp pada kolom pencarian plugin sampai muncul hasil pencariannya, dan klik “Install now” pada Plugin “Click to chat for Whatsapp” seperti screenshoot berikut :
install plugin WA - Cara Membuat Chat WhatsApp di WordPress
  1. Setelah berhasil melakukan instalasi plugin, untuk memulai menggunakannya Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Klik “Activate” seperti screenshoot berikut:
image 4 - Cara Membuat Chat WhatsApp di WordPress
Baca juga : Cara Menampilkan Google Maps di WordPress

Step 2. Setting Plugin Click to Chat

Setelah plugin aktif, silahkan melakukan pengaturan pada plugin seperti penentuan tempat, nomor whatsapp, dan sebagainya. Untuk melakukan pengaturan dapat dilakukan melalui halaman Plugins dan klik “settings” sesuai dengan screenshoot berikut:

membuat tombol chat Whatsapp pada WordPress - 5
  • Enable Floating Styles : Pada bagian ini silahkan anda pilih “yes” untuk menampilkan tombol WhatsApp pada website
  • WhatsApp number : Silahkan anda isi form ini menggunakan nomor WhatsApp milik Anda atau perusahaan yang nantinya akan digunakan.
membuat tombol chat Whatsapp pada WordPress - 6
  • Initial Message : Pada bagian ini diisi dengan pesan yang nantinya otomatis akan muncul pada saat memulai percakapan.
  • Style For desktops : Silahkan anda pilih style tombol WhatsApp yang nantinya akan ditampilkan pada website mode desktop.
  • Style For Mobile device : Pada bagian ini tampilan tombol yang nantinya akan ditampilkan pada mobile device.
membuat tombol chat Whatsapp pada WordPress - 7
  • Position to Place : Pada bagian ini anda pilih dimana tombol chat WhatsApp akan ditampilkan pada website.
  • Text to DIsplay : silahkan Anda isi dengan pesan yang akan ditampilkan pada tombol chat di website.
membuat tombol chat Whatsapp pada WordPress - 8

Setelah selesai melengkapi settingan pada plugin yang dibutuhkan agar bisa berfungsi dengan baik, silahkan Anda klik “Save Changes”.

Anda dapat melihat hasilnya pada saat akses ke halaman website seperti screenshoot berikut:

membuat tombol chat Whatsapp pada WordPress - 9

Demikian panduan menambahkan WhatsApps di WordPress, semoga dapat membantu. Apabila ada kendala atau kesulitan, silahkan menghubungi kami melalui Live chat atau tiket.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.4 / 5. Vote count: 8

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Wahid Husain

Person who love family, cat, sleep, and Pau <3