Rumahweb Journal
Banner - Cara Memasang Script Google Adsense di SitePro

Cara Memasang Script Google Adsense di SitePro

Salah satu cara mendapat penghasilan dari website adalah dengan memasang iklan Google Adsense. Anda sebagai pemilik website akan mendapatkan komisi setiap iklan yang tayang di klik oleh pengunjung, istilah ini dikenal sebagai pay per click. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara memasang script Google Adsense di SitePro.

Namun sebelum kami menjelaskan cara memasang script Google Adsense di SitePro, terlebih dahulu kami akan menjelaskan sedikit tentang apa itu Google Adsense.

Apa itu Google Adsense

Google AdSense adalah program iklan online dari Google yang memungkinkan pemilik website mendapatkan penghasilan dengan menampilkan iklan Google di website mereka.

Dengan Google AdSense, pemilik website dapat menampilkan iklan di website dan menerima pembayaran dari Google ketika pengunjung website mengklik iklan tersebut.

Mendaftarkan website di Google AdSense cukup sederhana. Setelah situs web Anda memenuhi persyaratan Google AdSense, Anda dapat mendaftar untuk bergabung dengan program ini dan menempatkan kode iklan yang disediakan oleh Google pada website Anda.

Detail informasi selengkapnya tentang apa itu Google Adsense hingga cara mendaftarnya bisa Anda baca pada artikel berikut: Google AdSense: Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Daftarnya

Cara mendapatkan kode iklan

Pastikan Anda telah mendaftarkan website ke Google Adsense terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa men-generate kode iklan di Google Adsense dengan mengikuti langkah berikut ini.

  1. Login Google Adsense.
  2. Pilih Menu Iklan > Menurut Unit Iklan.
  3. Ikuti langkahnya sampai mendapatkan kode iklan, seperti contoh dibawah ini.
salin kode iklan Google Adsense

Cara memasang kode iklan di SitePro

Setelah mendapatkan kode iklan pada langkah diatas, selanjutnya Anda dapat memasang kode iklan di SitePro. Sebelum memasang kode iklan di SitePro, tentukan letak atau posisi iklan yang ingin Anda tayangkan.

Pada contoh dibawah, kami akan menempatkan kode iklan di halaman Home website yang kami buat.

  1. Login SitePro di Rumahweb.
  2. Pilih Menu Home.
  3. Klik tanda + > Advanced > pilih Custom HTML.
memasang script iklan google adsense
cara memasang script google adsense di sitepro
  1. Kemudian paste kode iklan diarea html. Jika tampilan iklan terpotong, silakan atur size-nya seperti gambar dibawah ini.
pasang script google adsense sitepro
  1. Publish dan selesai.

Catatan

1. Jika ingin menampilkan iklan disemua halaman, Anda harus menyematkan kode iklan disemua halaman.
2. Jika iklan disematkan di Footer atau Header, otomatis akan terlihat disemua halaman website.
3. Sebelum melakukan pemasangan kode iklan ini, kami sarankan melakukan backup SitePro terlebih dahulu.

Ada beberapa kemungkinan jika iklan yang telah Anda pasang tidak kunjung muncul. Seperti karena website Anda belum sepenuhnya di approve oleh Google Adsense, pemasangan script tidak sesuai, hingga kemungkinan Anda lupa melakukan publish.

Biasanya, Anda perlu menunggu 10-60 menit agar iklan muncul di halaman website. Pada awalnya, iklan mungkin tampil sebagai iklan Display biasa, namun akan segera digantikan dengan iklan native.

Demikian cara memasang script iklan Google Adsense di SitePro, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Rudiharto

Halo! Saya Rudi, bekerja di Rumahweb sebagai Technical Support. Saya menyukai WordPress, SitePro, Blogspot, dan rutin menulis tutorial. Saya akan membantu Anda membuat beberapa hal teknis mudah dipahami :)