Rumahweb Journal
Banner - Cara Install WordPress di aaPanel

Cara Install WordPress di aaPanel

Setelah kami bahas cara install WordPress di beberapa control panel seperti cPanel, Plesk, hingga CyberPanel, pada panduan ini kami akan berbagi cara install WordPress di aaPanel.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, WordPress adalah CMS yang paling banyak digunakan di dunia. Menurut data terakhir yang kami himpun, sebanyak 40% lebih website yang ada di dunia ini dibuat dengan WordPress.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai cara install WordPress di aaPanel melalui fitur One-Click Deployment. Namun sebelum membahas tentang cara instalasinya, terlebih dahulu kami akan menjelaskan secara singkat apa itu aaPanel. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu aaPanel?

aaPanel adalah salah satu dari control panel gratis yang dapat digunakan untuk mengelola VPS secara lebih mudah. Saat ini, aaPanel telah support beberapa OS seperti Ubuntu, Debian, dan CentOS.

Terdapat dua jenis aplikasi web server yang dapat di install di aaPanel yaitu LAMP (Linux Apache MariaDB PHP) dan LNMP (Linux Nginx MariaDB PHP).

Informasi selengkapnya tentang aaPanel bisa Anda baca melalui artikel: Apa itu aaPanel? Pengertian, Fungsi, hingga Cara Instalasinya

Cara Install WordPress di aaPanel

Setelah mengetahui tentang aaPanel, selanjutnya kami akan membahas cara install WordPress di aaPanel. Namun sebelum melakukan instalasi, pastikan VPS aaPanel Anda telah siap digunakan. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Silahkan login ke aaPanel terlebih dahulu, setelah itu masuk ke menu bernama App-store.
masuk ke menu app store
  1. Kemudian masuk ke menu Plug-ins.
ke menu plug-ins
  1. Kemudian cari tulisan One-Click Deployment dan klik install.
mencari One-Click Deployment
  1. Setelah terinstall, klik pada bagian setting.
klik setting
  1. Akan muncul tampilan seperti berikut, silahkan cari tulisan WordPress dan klik install.
cara install wordpress di aapanel
  1. Kemudian akan muncul form pop up seperti berikut, silahkan diisikan nama domain yang akan digunakan, root directory, user database, password serta versi php yang akan dipilih. Jika sudah diisi, klik submit untuk menyimpan dan memulai instalasi.
memasukkan data One-Click Deployment
  1. Tampilan berikut menandakan bahwa instalasi WordPress sudah selesai, silahkan disalin dahulu data mengenai database info untuk nantinya digunakan proses setup WordPress.
wordpress terpasang di aapanel
  1. Selanjutnya masuk ke menu website kemudian pilih Conf.
masuk ke menu website
  1. Kemudian akan muncul pop up mengenai site modification, pilih yang bagian URL rewrite, kemudian sebelah tulisan Rewrite rule converter silahkan dipilih WordPress.
ke menu url rewrite
  1. Setelah selesai, silahkan akses ke url domain Anda untuk melakukan setup WordPress. Pilih bahasa yang akan digunakan dan continue.
setup wordpress
  1. Klik tombol let’s go untuk melanjutkan.
klik let's go
  1. Masukkan data database seperti pada langkah pada nomor 7. Mulai dari nama database, user database dan password database. Jika lupa, Anda dapat memeriksa pada menu Database Manager di aaPanel.
memasukkan database wordpress
  1. Setelah klik tombol submit, maka akan muncul tampilan berikut. Silahkan disesuaikan saja seperti yang ingin Anda isikan. Pastikan user dan password admin WordPress untuk disimpan dengan baik.

catatan

Disarankan menggunakan Password strong dengan kombinasi huruf besar kecil, angka dan simbol
menyesuaikan user pasword wordpress
  1. Setelah klik tombol Install WordPress, maka WordPress sudah siap digunakan.
instalasi wordpress selesai

Install SSL di WordPress aaPanel

Untuk memasang SSL, silahkan masuk ke aaPanel kembali, kemudian klik bagian Website dan pilih Conf

masuk ke menu website

Lalu pilih opsi SSL dan sesuaikan SSL yang akan digunakan. Anda dapat mengaktifkan opsi Force HTTPS agar ketika mengakses website WordPress, URL menjadi auto HTTPS

masuk ke menu ssl

Demikian panduan tentang cara install WordPress di aaPanel. Semoga dapat membantu.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb