Rumahweb Journal
opengraph Cara Install Theme WordPress

Cara Install Theme WordPress

WordPress adalah salah satu CMS (Content Managemen System) yang paling banyak digunakan. Ratusan theme gratis hingga berbayar, tersedia dan siap untuk digunakan. Berikut ini Rumahweb akan membahas cara install theme WordPress dari halaman dashboard.

Untuk mengganti theme WordPress bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara manual, ataupun cara otomatis. Pada kesempatan ini, kami akan menuntun Anda untuk install thema WordPress melalui halaman Admin.

Install theme WordPress di wp-admin

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk install theme WordPress dari wp-admin atau dashboard WordPress Anda:

1. Silakan login ke halaman wp-admin WordPress Anda. Secara default halaman wp-admin WordPress dapak diakses menggunakan alamat namadomain/wp-admin.

2. Setelah login kemudian masuk ke menu Appearance > Themes > Add New.

Install themes wordpress dari wp-admin - Rumahweb Journal

3. Di halaman ini Anda akan diberikan dua pilihan, yaitu Upload Themes (dari PC) atau install themes yang disediakan WordPress.

upload themes dan install themes dari wp-admin - Rumahweb Journal

A. Upload dari Komputer

1. Jika Anda sudah memiliki themes WordPress di komputer, Anda bisa memakai pilihan ini. Klik menu “Upload Theme” > “Browse” (pilih file themes di PC) > klik “Install Now”.

upload themes browse file dikomputer - Rumahweb Journal

2. Setelah proses install selesai, tampilan akan seperti gambar dibawah. Anda bisa klik “Live Preview”, “Active”, atau kembali ke halaman instalasi Themes.

active themes wordpress dari dashboard - Rumahweb Journal

Catatan:

Apabila Anda membeli themes dari themesforest, biasanya Anda akan diberi themes bundle. Jangan langsung diupload dengan metode ini. Anda harus extract themes bundlenya di PC dahulu.

install themes bundel themsforest - Rumahweb Journal
pilih themes zip dari themes bundle - Rumahweb Journal

Setelah seperti ini, masuk ke foldernya sampai menemukan nama themes yang Anda beli. Sebagai contoh, kami memakai themes foocamp.

B. Install Dari WordPress

1. Pilihan kedua, install themes yang disediakan oleh WordPress. Anda bisa menggunakan fitur filter, untuk menemukan themes yang sesuai. Kemudian klik “Install”.

active themes wordpress dari dashboard - Rumahweb Journal

2. Setelah proses install selesai, Anda bisa memilih “Live Preview”, “Active”, atau kembali ke halaman instalasi Themes.

Proses instalasi themes WordPress melalui halaman Admin telah selesai. Mudah bukan caranya?

Selain dari wp-admin, Anda juga bisa install dan memasang themes WordPress dari cPanel. Cara ini digunakan apabila saat instalasi themes di wp-admin terkena time out php.

Demikian panduan Rumahweb cara install theme WordPress melalui halaman Administrator. Apabila ada kendala dalam merubah themenya, silakan menghubungi support Teknis Rumahweb untuk dibantu dalam pengecekannya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Gatot Antok Wibowo