Rumahweb Journal
banner - Custom Domain di Vercel

Cara Custom Domain di Vercel Dengan Mudah

Vercel adalah platform yang memungkinkan Anda membuat website secara instan. Selain mudah digunakan, Anda juga dapat mengubah alamat website menjadi nama domain Anda sendiri. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mudah untuk melakukan custom domain di Vercel.

Di tengah pesatnya perkembangan era digital, memiliki situs web yang mudah diakses dan dikenali menjadi kunci utama dalam membangun branding secara online. 

Salah satu opsi yang digunakan untuk membangun website adalah menggunakan custom domain. Dengan custom domain, dapat memberikan identitas unik pada website, sehingga meningkatkan kesan profesional, dan membuat website lebih mudah ditemukan oleh pengunjung.

Vercel merupakan salah satu contoh platform berbasis cloud yang banyak digunakan developer website untuk penggunaan custom domain. Dikenal karena kecepatan dan kemudahan dalam penggunaan, custom domain di Vercel banyak dipilih untuk mengarahkan website ke alamat domain yang lebih simple dan mudah diingat.

Dalam artikel ini, Rumahweb akan membahas tentang bagaimana cara mengimplementasikan custom domain di Vercel untuk situs website Anda.

Apa Itu Vercel?

Vercel merupakan sebuah platform berbasis cloud yang dioptimalisasi untuk menghosting situs website secara modern. 

Promo Hosting Murah Rumahweb

Platform ini mengutamakan pada kecepatan dan kemudahan penggunaan, sehingga Vercel menyediakan beberapa fitur untuk mempercepat proses pengembangan dan pemindahan proyek website. 

Keunggulan platform ini terletak pada layanan integrasi yang lancar dengan berbagai tool pengembangan populer seperti Next.js dan React Framework. 

Vercel terdapat fitur-fitur seperti deployment otomatis, manajemen domain, analisis kinerja, dan ragam fitur lainnya. Hal ini yang menjadikannya pilihan bagi developer website yang ingin fokus pada pengembangan website tanpa memperdulikan infrastruktur hosting.

Setting Custom Domain di Vercel

Berikut adalah step by step cara custom domain di Vercel dari Rumahweb.

Step 1. Tambahkan domain di Vercel

  1. Silahkan masuk ke akun Vercel Anda
  2. Kemudian masuk ke dalam project website yang sudah Anda upload di Vercel
  3. Setelah masuk ke dalam project website, klik “Domain” 
custom domain Vercel - Custom Domain di Vercel
  1. Pada halaman domain, silahkan masukkan nama domain yang akan Anda gunakan, dan “Add” untuk menambahkan.
add domain custom Vercel - Custom Domain di Vercel
  1. Akan muncul pop up “Add Domain” dan bisa memilih sesuai kebutuhan. Kemudian klik “Add
add domain Vercel - Custom Domain di Vercel
  1. Setelah itu silahkan tambahkan dua record DNS type A dan CNAME seperti gambar dibawah ini, ke dalam domain.
informasi DNS yang perlu dibuat

Step 2. Membuat DNS Record pada Domain

Setidaknya ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat DNS di Rumahweb, yaitu melalui cPanel, Plesk, dan Clientzone. Dalam panduan ini, kami akan berbagi cara untuk membuat DNS record pada cPanel dan Clientzone.

Melalui Clientzone

Opsi ini bisa Anda pilih, jika Anda memesan domain saja tanpa hosting. Berikut cara membuat DNS record melalui Clientzone Rumahweb.

  1. Silahkan login ke dalam clientzone Rumahweb, pergi ke menu > manage.
  2. Klik menu “Nameserver Setting”. Pastikan Nameserver Anda seperti pada gambar dibawah ini.
mengaktifkan DNS
  1. Setelah klik “Change Nameserver” akan dikembalikan ke halaman manage domainnya.
  2. Klik DNS Management

Apabila muncul tombol Daftar – Aktifkan – Ubah Nameserver, silahkan diklik dahulu sampai tidak ada tombol update lagi yang muncul. Sesuai gambar dibawah ini. Setelah itu baru Add New Record.

mengubah name server
  1. Tambahkan dua record DNS type A dan CNAME di dalam Vercel tadi pada DNS Management. 
add A record

Dan

add cname record

Berikut adalah contoh pembuatan DNS yang telah lengkap berupa A dan cName record.

pembuatan DNS record di clientzone

Setelah DNS berupa A dan cName record dibuat, silahkan ditunggu proses propagasi DNS estimasinya 1-24 jam lalu coba kembali pada settingan domain di Vercel.

Melalui cPanel

Opsi ini bisa Anda pilih, jika Anda memesan domain sekaligus paket Shared hosting, Cloud hosting dan Unlimited hosting. Setting DNS dilakukan di cpanel dengan panduan berikut: 

  1. Login ke cPanel hosting Anda.
  2. Klik menu Zone editor > lalu klik manage pada domain yang akan di setting. 
  3. Klik add record, lalu tambahkan record DNS sesuai instruksi dari Vercel
  • Setting A record

Pada layanan hosting, A record sudah ada sehingga untuk mengarahkan ke IP Vercel silakan klik hapus A record yang ada atau klik edit pada A record domain utamanya:

membuat A record vercel dari cpanel
  • Setting CNAME record

CNAME record sudah ada sehingga untuk mengarahkan ke Vercel silakan klik hapus CNAME record yang ada atau klik edit pada CNAME record domain utamanya:

membuat cname record vercel dari cpanel

.

Setelah DNS berupa A dan cName record dibuat, silahkan ditunggu proses propagasi DNS estimasinya 1-24 jam lalu coba kembali pada settingan domain di Vercel.

Step 3. Verifikasi Domain di Vercel

Jika sudah berhasil, nantinya pada settingan domain yang sebelumnya statusnya “Invalid Configuration” akan menjadi “Valid Configuration” seperti gambar berikut:

verifikasi domain di vercel - Custom Domain di Vercel

Kesimpulan

Vercel adalah salah satu platform berbasis cloud yang dapat digunakan untuk membuat website secara instan. Salah satu fitur yang ditawarkan di Vercel adalah custom domain, yang memungkinkan Anda menggunakan nama domain sendiri.

Dengan melakukan custom domain, alamat website Anda bisa diakses sesuai dengan domain yang Anda miliki, sehingga website Anda terkesan lebih profesional.

Di Rumahweb, Anda juga bisa membuat website secara instan dengan pilihan website builder dan theme yang lebih beragam. Anda bisa menggunakan Weebly, SitePro, SiteJet hingga WordPress untuk membuat website secara instan.

Tak perlu keahlian khusus untuk memahami coding, hanya beberapa langkah, Anda bisa membuat website yang menarik namun dengan harga yang sangat murah.

Itulah cara custom domain di Vercel dari Rumahweb. Percayakan selalu domain-domain Anda di Rumahweb yang telah terakreditasi ICANN. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Agata Bima Saputra

banner Pop Up - Hosting 99K