Rumahweb Journal
Cara Cek IP Block dari WHM dan Cara Membukanya

Cara Cek IP Block dari WHM dan Cara Membukanya

WMH kepanjangan dari Web Host Manager  adalah sebuah halaman admin dari cPanel yang digunakan untuk mengelola semua setting dan managemen hosting. WHM bisa diakses dengan privilleges root dan user reseller.

Pernahkah Anda mendapati, website atau server Anda tidak bisa diakses menggunakan koneksi internet tertentu, dan ketika Anda coba akses menggunakan koneksi internet yang berbeda bisa lancar dan server bisa diakses dengan baik? Nah, seperti inilah indikasi IP publik Anda terblock diserver. Lantas bagaimana cara release IP nya? Bila Anda memiliki akses ke WHM server, Anda bisa mengeceknya sendiri. Namun bila tidak memiliki akses ke WHM, Anda perlu menghubungi support servernya untuk dibantu pengecekan.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan tentang cara cek Ip block melalui WHM. Bila Anda sudah tidak sabar seperti apa pembahasannya, berikut adalah panduan cara memeriksa IP yang terblokir di WHM dan cara membukannya.

1. Login ke WHM

WHM bisa diakses menggunakan url http://hostnameserver/whm atau langsung menuju port di http://hostnameserver:2086 dan https://hostnameserver:2087 (ssl).

login whm - Cara Cek IP Block dari WHM dan Cara Membukanya

Jika domain hostname tidak atau belum diarahkan ke IP server, maka akses WHM bisa juga dilakukan dari IP,  sebagai contoh : https://103.247.9.10:2087 (* IP 103.247.9.10 adalah contoh IP server).

2. Klik menu “ConfigServer Security & Firewall” di kategori “Plugins” bagian kiri WHM.

firewall_whm - Cara Cek IP Block dari WHM dan Cara Membukanya

3. Cek IP

Untuk memeriksa IP publik koneksi apakah terblok atau tidak dilakukan dari “Search for IP”, masukan IP di form “Search iptables for IP address” dan klik tombol “Search for IP”

cek_ip_whm - Cara Cek IP Block dari WHM dan Cara Membukanya

Berikut tampilan ketika IP publik koneksi yang diperiksa terblok di firewall.

ip_blok_whm - Cara Cek IP Block dari WHM dan Cara Membukanya

4. Cara membuka blok IP di firewall WHM

Untuk membuka blok IP tersebut dilakukan dari bagian “Quick Unblock” menu “ConfigServer Security & Firewall”

unblokip_whm

Berikut tampilan proses pembukaan blokirnya.

hasilunblok_whm

Selamat mencoba 🙂

* Jika sudah familiar menggunakan SSH, Anda bisa memeriksa dan membuka blokir IP melalui SSH. Panduannya bisa dilihat di Mengatasi IP yang diblokir firewall (VPS cPanel) melalui SSH Client

Demikian artikel Rumahweb tentang cara cek ip terblokir di WHM. Apabila Anda ada pertanyaan atau kesulitan, silakan menghubungi support teknis Rumahweb untuk dibantu pengecekannya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Triyadi