Rumahweb Journal
Banner - Cara Cek Email Header di Outlook 365

Cara Cek Email Header di Outlook 365

Email header adalah bagian dari sebuah email yang berisi informasi tentang pengirim, penerima, dan detail teknis lainnya tentang sebuah email. Pada artikel ini, kami akan mengulas tentang apa itu email header hingga cara cek email header di Outlook 365.

E-mail adalah salah satu media elektronik yang digunakan seseorang untuk dapat berkomunikasi secara digital. Penggunaan elektronik mail juga telah ada sejak lama, bersamaan dengan kejahatan-kejahatan dunia maya yang terus berkembang dan semakin masif. Dimulai dari sekedar SPAM yang mengandung kalimat penipua hingga yang mengarah ke social engineering untuk bisa mendapatkan akses penuh akun emailnya.

Ada beberapa cara agar terhindar menjadi korban kejahatan yang melibatkan email Anda. Misalnya dengan tidak mudah percaya dan lebih cermat memperhatikan header pengirim email agar tidak gegabah men-klik URL yang ada di body email.

Pada panduan kali ini kami akan menjelaskan cara melihat header email di salah satu aplikasi mail populer yaitu Outlook 365, agar Anda bisa memvalidasi email yang diterima. Silahkan simak detailnya dibawah.

Apa itu Email Header?

Email header adalah informasi yang terletak dibagian atas email dan berisi berbagai detail tentang email itu sendiri, seperti alamat pengirim, alamat penerima, tanggal dan waktu pengiriman, subjek email, jenis email, dan informasi teknis tentang bagaimana email tersebut dikirim.

Email header dapat ditemukan pada aplikasi mail seperti Outlook 365 dan memiliki manfaat untuk membantu administrator jaringan atau ahli keamanan dalam melacak sumber email yang mencurigakan atau sekedar memecahkan masalah koneksi email yang bermasalah.

Selengkapnya tentang email header bisa dibaca melalui artikel berikut.

Cara Cek Email Header Outlook 365

Setelah Anda mengetahui apa itu email header, berikut kami berikan cara melihat email header di aplikasi Outlook 365.

  1. Buka Outlook 365 dan akun email yang ingin Anda periksa header-nya.
  2. Klik double pada pesan email agar muncul jendela baru.
Cara Cek Email Header di Outlook 365
  1. Dijendela email yang baru, silahkan klik menu File > Properties.
Menu File Outlook 365
  1. Pada menu Properties > Internet Headers, Anda akan menemukan kolom header disebelahnya. Silahkan Select All isi dari kolom header dan paste dalam notepad untuk tampilan yang lebih luas.
Menu Properties Outlook 365
  1. Sekarang Anda bisa melihat informasi email yang diterima secara jelas dan lengkap. Contoh pada screenshoot dibawah yang merupakan email yang ditandai sebagai SPAM.
Internet headers

Email header menjadi bagian penting dari setiap email yang dikirim atau diterima. Dengan memahami dan membaca header email Outlook, Anda dapat mengidentifikasi asal email, memeriksa keaslian email, dan meningkatkan keamanan email Anda secara keseluruhan.

Itu dia penjelasan kami tentang email header dan cara cek email header di Outlook 365, semoga dapat membantu!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 6

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Fredric Lesomar

I am an ameteur programer and cybersecurity enthusiast. Love much, mother Python language, machine learning and You!