Rumahweb Journal
Banner - Cara Edit File Hosts di Ubuntu

Cara Edit File Hosts di Ubuntu

Setelah kemarin kami menjelaskan tentang cara edit file hosts di Windows, pada panduan ini kami akan menjelaskan cara edit file hosts di sistem operasi Ubuntu.

Sebelum masuk ke pembahasan cara edit file hosts di ubuntu, kami akan menjelaskan secara singkat apa itu file hosts agar Anda lebih memahami fungsinya.

Apa itu file hosts?

File hosts adalah salah satu fasilitas pada sistem operasi yang digunakan untuk membantu menangani pengalamatan titik (nodes) pada jaringan komputer. File hosts di sistem operasi berfungsi untuk memetakan sebuah domain mengarah ke sebuah ip server.

Hosts file berfungsi untuk menerjemahkan nama host (contohnya domain) ke alamat protokol numerik atau IP untuk mengidentifikasikan dan menemukan host dalam sebuat jaringan komputer.

Dalam beberapa sistem operasi, isi file hosts digunakan dengan berbagai metode, salah satunya seperti Domain Name System (DNS). Tetapi banyak sistem menerapkan name service switches (misalnya: nsswitch.conf) untuk menyediakan kustomisasi.

Berbeda dengan DNS, file hosts berada dibawah kontrol langsung administrator komputer lokal.

Cara edit file hosts di Ubuntu

Untuk sistem operasi linux Ubuntu, Anda dapat menemukan file hosts di directory /etc/hosts dan hanya bisa diedit oleh user administrator saja. Berikut langkah mengedit file hosts di linux ubuntu.

  1. Silahkan buka terminal bisa melalui accesories –> terminal atau menekan ctrl + alt + t secara bersamaan.
  2. Setelah jendela terminal terbuka silahkan ketikkan perintah sudo nano /etc/hosts dan silahkan masukkan password administrator linux yang digunakan.
edit file hosts ubuntu
  1. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar berikut. Silahkan ditambahkan record IP dan domain yang digunakan contohnya 192.168.1.10 abc.com
Screenshot from 2016-04-26 10:41:24

Setelah selesai edit silahkan di save dengan menekan ctrl+x kemudian y dan enter.

Untuk memastikan apakah domain atau subdomain telah mengarah ke IP server yang kita setting, kita bisa melakukan test ping. Jika hasil ping domain telah mengarah ke IP server tujuan, maka artinya modifikasi file host yang kita lakukan telah berhasil.

Demikian artikel kami tentang cara edit file hosts di Ubuntu, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.