Rumahweb Journal
Banner - Notepad Adalah

Notepad: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Notepad adalah sebuah aplikasi teks editor bawaan dari Sistem Operasi Windows, yang memiliki beragam manfaat. Notepad sering digunakan dalam berbagai keperluan. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui pengertian, fungsi, dan cara menggunakan Notepad.

Disadari ataupun tidak saat komputer atau laptop Anda di install Sistem Operasi Windows, pasti akan Anda temukan aplikasi yang bernama Notepad. Aplikasi ini terlihat simple, namun banyak sekali manfaatnya. Mari simak pembahasannya.

Apa itu Notepad

Notepad adalah aplikasi teks editor bawaan dari Sistem Operasi Windows, yang dapat digunakan untuk membuat, mengedit dan juga membuka file teks dalam format ASCII atau UTF-8. Walaupun tidak disertai fitur yang lengkap seperti aplikasi editor teks lainnya, namun Notepad tetap menjadi pilihan untuk edit teks sederhana dengan cepat dan mudah.  

Notepad mirip dengan aplikasi Notes yang ada di Smartphone.  Notepad adalah aplikasi teks editor sederhana yang ringan.

Fungsi Notepad

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, Notepad adalah aplikasi teks editor yang ringan dan menjadi aplikasi bawaan dari Sistem Operasi Windows. Aplikasi Notepad memiliki beberapa fungsi dan kegunaan. Berikut ini fungsi dari Notepad adalah

  1. Membuat Dokumen
    Notepad sering digunakan untuk membuat dokumen atau catatan sederhana. Catatan yang dibuat menggunakan Notepad secara default menggunakan ekstensi txt atau teks.

    Catatan yang dibuat menggunakan Notepad, sangatlah ringan, dan bisa dibuka dari sistem operasi selain Windows. Menarik kan?
  2. Membuka File Teks Lain
    Walaupun secara default Notepad menggunakan ekstensi txt, ternyata Notepad bisa juga digunakan untuk membuka atau membuat file dengan ekstensi lain, sebagai contoh ekstensi php, js, html, crt dan lainnya.
  3. Mengedit File Teks Lain
    Notepad bisa digunakan untuk mengedit file. Anda bisa mengedit file dengan format php, html, txt, menggunakan aplikasi Notepad ini. Namun untuk mengedit file teks kompleks seperti Microsoft Word, tidak bisa dilakukan menggunakan aplikasi Notepad. Aplikasi Notepad hanya digunakan untuk mengedit file teks sederhana.

Jenis Notepad

Saat ini, ada 2 jenis Notepad yang bisa Anda gunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pembahasannya. 

Promo Hosting Murah Rumahweb
  1. Notepad
    Ini adalah aplikasi Notepad biasa yang menjadi bawaan dari Windows yang sudah dibahas sebelumnya. Tampilan Notepad hampir sama dari versi Windows awal hingga sekarang. 
  1. Notepad++
    Notepad++ adalah aplikasi teks editor yang memiliki fitur jauh lebih lengkap daripada Notepad. Aplikasi Notepad++ merupakan aplikasi yang disediakan oleh pihak ketiga yang dapat didownload dan digunakan secara gratis, yang dikembangkan oleh Sourceforge.net.

    Aplikasi ini tidak langsung ada ketika Anda menginstal Windows. Anda perlu mendownloadnya terlebih dahulu dari halaman resmi. Notepad++ mendukung para programmer untuk melakukan coding bahasa pemrograman.

    Notepad++ mendukung bahasa pemrograman seperti HTML, PHP, C, C++, Java, JavaScript, Perl, Pascal, CSS, dll.

Cara membuka Notepad

Pada OS Windows, Anda dapat membuka notepad melalui langkah berikut ini.

  1. Tekan tombol windows
  2. Pada kolom pencarian, silahkan ketikkan notepad.
  3. Klik aplikasi notepad untuk membukanya.

Atau Anda juga bisa menggunakan cara berikut :

  1. Tekan tombol Windows + R.
  2. Ketikkan menu Notepad.
  3. Klik tombol ‘OK’.

Cara menggunakan Notepad

Cara menggunakan Notepad sangatlah mudah. Berikut ini contoh-contohnya. 

  1. Membuka File teks.
    Setelah Anda buka aplikasi Notepad, klik menu File >> Open. 
  2. Menyimpan teks yang telah di Edit.
    Klik Menu File >> Save/ Save As.
  3. Mencetak Teks.
    Klik Menu File >> Print
  4. Bekerja dengan banyak file di Notepad.
    Klik tombol +
apa-itu-notepad-gambar-rumahweb

Kesimpulan

Notepad adalah aplikasi teks editor gratis bawaan dari Windows yang memiliki fungsi yang beragam. Notepad sangat ringan dan mudah untuk digunakan. Walaupun tidak selengkap Notepad++, aplikasi Notepad tetap sering digunakan untuk keperluan-keperluan sederhana, seperti membuat catatan, atau membuka dan membaca file teks.

Demikianlah penjelasan kami tentang apa itu aplikasi Notepad, pengertian, fungsi dan cara menggunakannya. Sekarang sudah lebih paham kan, apa itu Notepad ?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.9 / 5. Vote count: 8

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Anggit TS

Selamat membaca, Semoga tulisan saya bermanfaat.
Bila ada salah kata, mohon maaf.

"tak ada gading yang tak retak, maafkan kesalahan keluarga Gajah". :D