Rumahweb Journal
Banner - Apa itu Anchor Text dan Cara Settingnya pada Website-min

Apa itu Anchor Text dan Cara Settingnya pada Website

Anchor text adalah salah satu aspek penting dalam optimasi SEO pada website, terutama bagi Anda yang sering menggunakan teknik backlink. Lalu, apa itu Anchor text dan apa manfaatnya? Pada panduan ini, kami akan menjelaskan secara detail kepada Anda.

Apa itu Anchor Text?

Anchor text adalah sebuah text pada website yang mengarah ke link atau url tertentu. Backlink berupa anchor text bisa mengarah ke website Anda sendiri (internal) atau link yang mengarah ke website lain (external).

Anchor text menjadi salah satu aspek yang dapat meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Namun, Anda juga harus memperhatikan relevansi antara isi konten dengan link yang dibuat. Pastikan keduanya memiliki relevansi agar nilai backlink baik dimata search engine.

Jenis Anchor Text

Terdapat beberapa jenis dari Anchor text, namun pada artikel ini kami hanya akan membahas 6 jenis anchor text yang sering digunakan. Berikut 6 jenis anchor text tersebut:

1. Exact match

Yang pertama adalah Exact match, adalah jenis anchor text yang memuat keyword yang sama dengan keyword pada halaman yang dituju. Exact match ini merupakan jenis anchor text yang bisa dikatakan paling efektif untuk menaikkan peringkat di mesin pencari.

Namun perlu diperhatikan, apabila anda salah dalam penerapannya maka akan membuat peringkat website anda menjadi buruk.

Sebagai contoh apabila anda mengarahkan website ke url dengan judul “artikel teknis pengelolaan cpanel” yang menggunakan kata kunci “artikel teknis”, maka anchor text yang ditampilkan juga berisi “artikel teknis”.

2. Partial match

Partial match adalah jenis anchor text ini secara garis besar sama dengan exact match, namun anda dapat menambahkan variasi dalam text yang ditampilkan, sehingga tidak perlu sama persis dengan keyword yang digunakan.

Contohnya apabila website diarahkan ke halaman dengan kata kunci “webuilder rumahweb” maka anda bisa menampilkan anchor text seperti “install webuilder rumahweb.”

3. Generic Anchor

Generic anchor merupakan jenis yang umum digunakan. Biasanya pada generic anchor menggunakan kata seperti “klik disini”, “download now”, atau “baca lebih banyak” untuk mengarahkan ke link website tertentu.

4. Naked Anchor text

Sesuai dengan namanya, jenis anchor teext ini akan menampilkan text berupa link website yang digunakan. Sebagai contoh apabila anda mengarahkan artikel ke url “https://rumahweb.com/journal” maka anchor text yang ditampilkan juga “https://rumahweb.com/journal”.

5. Branded text

Branded text juga merupakan salah satu jebnis anchor text yang banyak digunakan. Jenis ini akan menampilkkan nama brand pada linknya. Contohnya pada ertikel website terdapat url ke “https://www.rumahweb.com/vps-murah/” maka pada nchor text-nya bisa ditampilkan dengan “Rumahweb”.

6. Image

Jenis anchor text ini akan menggunakan alt text pada sebuah image di website pada link yang digunakan untuk anchor text.

Cara Membuat Anchor Text

Setelah mengetahui jenis anchor text, saatnya kami membahas bagaimana cara membuatnya.

Membuat anchor text di WordPress

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara membuat anchor text dengan CMS WordPress, dan contoh script dari jenis anchor text yang sudah dijelaskan diatas.

Untuk menambahkan anchor di WordPress, silahkan mengikuti langkah berikut.

  1. Login ke dashboard WordPress Anda.
  2. Klik menu Post atau Page, lalu klik tombol edit salah satu artikel Anda.
  3. Kemudian block kata yang ingin dijadikan anchor text. Dalam contoh artikel ini, jenis anchor text yang akan ditampilkan adalah brand yaitu Rumahweb.
salah satu contoh anchor text adalah brand anchor
  1. Kemudian klik insert link.
salah satu contoh anchor text adalah link button
  1. Selanjutnya silahkan masukkan link yang ingin digunakan, dan tekan enter.
anchor text backlinks

Penambahan anchor link pada cms wordpress sudah selesai.

Membuat anchor text dengan script

Apabila Anda tidak menggunakan CMS, anchor text dapat dibuat dengan cara menyisipkan script pada website Anda. Berikut contoh script anchor text berdasarkan jenisnya.

  • Exact match
<a href=”https://contohdomain.com/artikel-teknis”>artikel teknis</a>
  • Partial match
<a href=”https://contohdomain.com/artikel-teknis”>artikel panduan teknis</a>
  • Generic anchor
<a href=”https://contohdomain.com/artikel-teknis”>baca disini</a>
  • Naked anchor text
<a href=”https://contohdomain.com/artikel-teknis”>https://contohdomain.com/artikel-teknis</a>
  • Branded text
<a href=”https://rumahweb.com/journal”>Rumahweb</a>
  • Image
<a href=”https://contohdomain.com/artikel-teknis”>alt image panduan</a>

Kesimpulan

Anchor text adalah salah satu teknik SEO yang cukup optimal dan cukup mudah penerapannya, namun sering terabaikan.

Dengan artikel ini semoga dapat menambah informasi terkait optimasi SEO di website anda sehingga diharapkan ranking website anda juga semakin baik di mesin pencari.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.8 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.