Plugin WordPress Penting

Mungkin wordpress sudah tidak asing lagi bagi anda seorang bloger atau yang sering mencari sesuatu di search engine. Ya, blog memang hampir selalu menempati posisi atas di setiap search engine di banding website. Hal ini dikarenakan blog mempunyai sistem atau mekanisme sendiri untuk bisa di craw oleh search engine sesering mungkin. Kembali ke wordpress, walaupun mempunyai mekanisme sendiri dalam mengundang craw search engine, namun kita bisa lebih memaksimalkan dengan memanfaatkan plugin-plugin yang telah disediakan gratis. Mari kita bahas beberapa contoh plugin tersebut.

Sitemap bisa diartikan sebagai peta dari blog kita. Dengan sitemap kita bisa mempetakan jalur atau menggambarkan isi dari blog kita, sehingga akan lebih memudahkan search engine dalam menelusuri isi website kita. Pada artikel terdahulu pernah kami bahas mengenai cara membuat sitemap di google. Dengan bantuan plugin sitemap, kita dipermudah untuk tidak membuat sitemap, melainkan akan dicreate secara otomatis setiap kita menambah posting baru.

Social Bookmark adalah alat untuk menyimpan url dan posting di blog kita secara online. Seperti halnya di browser, bookmark akan memudahkan kita dalam mengunjungi kembali situs yang pernah kita kunjungi. Keuntungan lain dari memasang plugin untuk submit ke social bookmark adalah url kita akan selalu tersimpan secara online. Hal ini juga berarti akan menambah link masuk ke blog kita dimana akan menambah bagus juga posisi blog kita di search engine.

Akismet adalah plugin bawaan dari wordpress. Walaupun secara tidak langsung berhubungan dengan posisi blog kita di search engine, plugin akismet akan sangat kita butuhkan dalam memfilter komentar spam yang masuk ke blog kita. Plugin ini membutuhkan API Key dari wordpress, jadi kita harus mempunyai account dulu di wordpress.com.

Plugin berikutnya yang cukup penting di wordpress adalah plugin cache. Plugin ini berfungsi untuk menyimpan sementara halaman blog pada sebuah folder sebelum diakses oleh user. Hal ini akan menambah kecepatan akses dari blog kita karena user tidak perlu mengakses dan mengcompile secara langsung.

Plugin-plugin diatas selain akismet banyak sekali macamnya dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Untuk memudahkan pencarian, anda bisa langsung cari ke situs wordpressnya melalui url berikut http://wordpress.org/extend/plugins/

Be Sociable, Share!

3 Replies to “Plugin WordPress Penting”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *