Membuat Database di Account Hosting

Kali ini kami membahas cara membuat database di server. Langkah pertama tentunya adalah masuk ke cPanel dulu, silahkan login dengan username dan password yang telah kami berikan sebelumnya. Pilih menu atau icon MySQL Database seperti yang terlihat di bawah.

Anda akan diarahkan ke halaman baru, yaitu halaman MySQL Database. Silahkan Anda membuat database pada form Create New Database, misalnya anda membuat databasecurvasud” (nama database bebas sesuai yang diinginkan). Untuk nama database, secara default, akan mendapat nama awalan sesuai dengan nama user cPanel.

Kemudian klik “Create Database“.

Apabila sukses, akan muncul notifikasi berisi konfirmasi pembuatan database.

Klik “Go Back” untuk kembali ke halaman “MySQL Databases“.

Setelah itu silahkan buat user untuk database pada form Add New User, masukan user database yang diinginkan, misalnya “baresi6“.

Kemudian isikan password yang diinginkan, pada tutorial ini kita isikan passwordmilanist1“.

Setelah semua kolom terisi, klik “Create User“.

Seperti pada pembuatan database, akan muncul notifikasi berisi konfirmasi bahwa pembuatan user database baru telah suskes dibuat.

Klik “Go Back” untuk kembali ke halaman “MySQL Databases“.

Setelah membuat database dan user database, langkah selanjutnya adalah menghubungkan antara database dan usernya. Silahkan scroll kebawah lagi cPanel Anda. Anda akan menemukan bagian Add User to Database, disana terdapat menu dropdown nama database dan user database.

Silahkan Anda pilih nama user dan database, lalu klik tombol “Add“. Dalam contoh ini menggunakan nama user “tes123_baresi6” dan nama database “tes123_curvasud”.

Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya, yaitu Manage User Privilages (hak akses untuk user yang dihubungkan). Yang perlu Anda lakukan adalah mencentang checkboxAll Privilage” (semua centang).

Lalu Klik “Make Changes“.

Jika sukses, maka pada sisi kanan layar anda akan muncul notifikasi bahwa anda telah berhasil menambahkan hak akses user ke database yang anda pilih.

Setelah itu Klik “Go Back“.

Untuk mengecek apakah user privileges kita telah berhasil dibuat, maka kita bisa melihat pada bagian informasi database kita. Berikut merupakan tampilan sebelum, dan sesudah user ditambahkan.

Sebelum:

Sesudah:

Jika sudah terdapat info user pada bagian “Privileged Users“, maka setting database kita telah selesai. 🙂

Be Sociable, Share!

3 Replies to “Membuat Database di Account Hosting”

  1. Wah … ini baru namanya Website/ Blog “padat ilmu” !
    Disamping tujuan komersial. isinya memberikan info yang sangat berguna buat para kustomer dan calon kustomer
    Menurut saya cara ini sangat membantu untuk mendongkrak penjualan. Rumah Web menyuguhkan service yang efektif kepada Customer/ calon customer sebab “EFFECTIVE SERVICE IS WHERE TRUST BEGAN”, saya jamin ngga nyesel deh buat beli hosting ama domain disini, saya sendiri juga pasti mau beli disini, cuma yah lagi nunggu duit dingin dulu, maklum kebutuhan rutin bulanan keluarga harus saya penuhi, harga yang ditawarkan juga menurut saya sangat reasonable untuk service yang diberikannya

    Salam sukses buat rumahweb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *