Instalasi WP-Cache

WP-Cache adalah salah satu plugin wordpress yang sangat efisien dalam menerapkan caching system pada halaman wordpress, sehingga membuat website wordpress Anda bisa diakses lebih cepat dan responsif. Plugin ini bekerja dengan membaca dan menyimpan halaman wordpress dalam sebuah file static untuk kemudian dipanggil jika suatu saat dibutuhkan. Dengan begitu, mesin tidak secara langsung mengcompile script php jika ada request dari klient, melainkan mengambil dari file static tersimpan yang sebelumnya sudah di compile. Secara singkat wp-cache adalah media penyimpanan sementara pada wordpress sebelum diakses atau ada request dari user.

Ada dua tipe plugin wp-cache yang sekarang beredar, secara prinsip dan cara kerja relatif sama, yang membedakan adalah cara instalasinya. untuk menginstal wp-cache pada account Anda, anda memerlukan fasilitas ssh pada account Anda. Karena ada perintah yang harus dieksekusi langsung melalui SSH. Namun bagi Anda yang memiliki fasilitas hosting yang terbatas, Anda bisa menginstal plugin wp-cache yang sudah built in file advanced-cache.php yaitu wp-cache-nosymlink-2-1-1a. Anda bisa mendownload pluginnya disini. Adapun cara instalasinya Anda bisa ikuti panduan berikut:

  1. Setelah mendownload dalam bentuk .zip, silahkan Anda upload ke direktori wordpress/wp-content/plugin
  2. Unzip atau ekstrak file yang tadi di download
  3. Setelah itu, silahkan masuk ke admin wordpres dan aktifkan plugin wp-cache

Dengan langkah di atas, plugin wp-cache Anda sudah terinstal. Namun dalam beberapa kasus, mungkin saja ada kegagalan. Tidak usah panik atau bingung, yang perlu Anda lakukan adalah membuat folder baru dengan nama cache di direktory wp-content/cache. Lalu ubah permission dari folder cache tersebut menjadi 777, kemudian tambahkan script berikut pada file wp-config.php
[PHP]
define(’WP_CACHE’, true);
[/PHP]
Setelah itu, silahkan Anda aktifkan kembali plugin wp-cache melalui admin wordpress. Selamat Mencoba 🙂

Be Sociable, Share!

One Reply to “Instalasi WP-Cache”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *