Rumahweb’s News, Article, and Tutorial of Web Development

Journal of Rumahweb containning new, article, and tutorial of php, mysql, web design, web programming

Fasilitas-Fasilitas Hosting

Sebelum anda mempercayakan website anda pada sebuah perusahaan hosting, pastikan anda mengetahui dengan jelas fasilitas2 apa saja yang akan diberikan.
a. Control Panel:
Control Panel digunakan untuk mengatur, memelihara, dan memonitor website anda. Biasanya perusahaan hosting memiliki pilihan sendiri untuk control panel yang akan diberikan ke clientnya.
Fasilitas dasar yang terdapat pada control panel secara umum terdiri atas:
• Statistik: berisi data lengkap dari kunjungan user ke sebuah website
• File Manager
• Konfigurasi e-mail account: memudahkan anda untuk mengatur e-mail account pada website
• Database Management: Tergantung dari paket yang anda pilih, apabila pada paket tersebut disertakan database didalamnya (contoh: MySQL, PostgreSQL, dll), maka fasilitas ini menjadi sangat krusial.
• Pengaturan account FTP
• Detail informasi account hosting: berisi data tentang paket hosting yang anda gunakan.
a
Rumahweb menggunakan cpanel sebagai control panel website. Cpanel merupaan control panel yang sangat user-friendly sehingga anda tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mempelajarinya. Jika anda ingin mempelajarinya secara offline, maka silahkan anda download manual cpanel nya terlebih dahulu.

b. Mail Account
Anda dapat membuat e-mail di website anda. Id e-mail yang dipilih, ya terserah anda. Contoh: anda memiliki domain www.aku.com, maka anda bisa saja membuat e-mail dengan nama saya@aku.com . Terasa lebih personal bukan..

c. Anti Virus, SpamBlocker, & SpamBox
Fasilitas ini diberikan untuk mengamankan website dan e-mail anda dari gangguan2 yang tidak menyenangkan.

d. Mailing List
Oleh para netters biasa disingkat milis. Contoh penyedia milis gratis adalah Yahoo Groups. Jika website anda memiliki fasilitas mailing list, maka anda bisa membuat sebuah milis dengan menggunakan alamat website anda seperti Yahoo Groups.

e. POP & SMTP Access
Fasilitas ini akan memudahkan anda dalam mengirim e-mail dan menerima e-mail yang datang ke website anda. Anda bisa mengirim dan menerima e-mail dari perangkat PDA atau bahkan Handphone sekalipun (catatan: handphone anda harus memiliki fasilitas “e-mail” didalamnya), hanya dengan mengeset alamat POP & SMTP pada website anda.

e. Mail Forwarder / Alias
Mail Forwarder / Alias digunakan untuk “meneruskan” e-mail yang datang ke website anda ke alamat e-mail lain.
Contoh: karena space anda yang terlalu kecil, e-mail saya@aku.com dapat anda teruskan ke gue@gmail.com yang memiliki space lebih besar untuk penyimpanan e-mail.

f. FTP Account
FTP (File Transfer Protocol) adalah standar protokol yang digunakan untuk melakukan transfer file (Upload dan Download). FTP account digunakan untuk mengatur account FTP yang terdapat di website anda.
Account FTP yang dimaksud adalah username, password, Quota, dan ke direktori mana saja seorang FTP user dapat melakukan transfer file.
Di artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai cara meng-upload website melalui FTP

g. Sub Domain
Dalam struktur penamaan domain (Domain Name System) terdapat dua tingkatan atau lebih. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh berikut:
http://e-book.rumahweb.net terdiri atas tiga tingkatan.
i. Top Level Domain, yang digunakan pada contoh diatas adalah .net . Ada banyak top level domain selain .net, misalnya saja, .com, .org, .info, .tv, dsb.
Adalagi yang disebut dengan ccTLD (country code Top Level Domain). ccTLD diatur oleh tiap2 negara. Contoh: .id digunakan untuk Indonesia, .uk digunakan di negara Inggris, dsb.
ii. Second Level Domain (Domain Tingkat Dua), dari contoh diatas adalah rumahweb.
iii. Subdomain, dari contoh diatas adalah e-book.

Jadi, jika anda memiliki sebuah domain http://aku.com , anda dapat saja membuat sebuah subdomain (atau lebih). Misal: http://blog.aku.com (subdomainnya adalah blog).

g. Multiple Domain
Dengan fasilitas ini Anda dapat menggunakan satu paket hosting saja untuk meletakkan dua domain anda (atau lebih, tergantung dari kebijakan perusahaan hosting),

h. Database
Database digunakan untuk menyimpan data di website anda.
Contoh: Anda ingin membuat sebuah toko online, maka data2 mengenai barang yang akan dijual, data pembeli, data transaksi, dsb dapat anda letakkan di database.
Rumahweb memiliki 2 tipe database yang dapat digunakan oleh anda sebagai client dari rumahweb. Database2 tersebut adalah MySQL dan PostgreSQL.

Gunakan server side scripting pada untuk lebih memudahkan input data ke database anda.

i. Web Statistic
berisi data lengkap dari kunjungan user ke website anda. Dari cpanel, anda dapat melihat hal2 yang berkaitan dengan kunjugan user ke website anda. Mulai dari jumlah kunjungan hingga besarnya bandwith yang telah di transfer website anda pada tiap kunjungan.

j. Fantastico (Pre installed Scripts)
Fantastico merupakan kumpulan script yang dapat anda install langsung di website anda. Misalnya jika anda ingin membuat sebuah portal, maka anda tinggal menginstall salah satu dari script untuk portal yang telah tersedia (cth: Joomla, Drupal, dsb).

k. Crontabs
Fasilitas ini dapat anda gunakan untuk mengeksekusi perintah yang telah anda buat secara terjadwal

l. Shell Access (SSH)
Dapat digunakan untuk memberikan “perintah” pada website anda melalui sebuah Shell. (advanced user).

Lalu, Bagaimana saya memilih paket hosting yang tepat untuk website yang akan saya buat?
1. Ketahui secara pasti kebutuhan website anda
Anda ingin membuat sebuah personal website, apakah anda akan ambil paket yang besar? Untuk apa bandwith 5GB perbulan jika website anda hanya dikunjungi 10 orang perbulan (misalnya). Pemilihan paket yang tepat akan memaksimalkan harga/kinerja yang anda dapatkan.

2. Harga vs. Kualitas
Merupakan marketing gimmick yang cukup menyesatkan jika ada yang menyebutkan bahwa harga tidak berbanding dengan kualitas. Biaya adalah sebuah konsekuensi logis untuk menghadirkan sebuah layanan yang benar – benar dapat diandalkan.
Sering kali pemain bisnis hosting yang baru terjun di bisnis ini hanya memperhitungkan resource space dan traffic limit. Padahal di luar itu banyak sekali batasan – batasan lain sebuah server di antaranya adalah CPU load dan Memmory. Oleh karena itu jika harga yang di tawarkan sangat murah maka konsekuensinya adalah pengurangan – pengurangan fasilitas hosting yang berpotensi besar menimbulkan beban berlebih pada server. Jika ada yang menawarkan harga sangat murah namun tetap menawarkan fasilitas – fasilitas yang fantastis, maka hal ini seharusnya menjadi tanda tanya besar.

3. Serba Unlimited? Impossible!
Aplikasi yang biasanya dapat membuat CPU load menjadi tinggi di antaranya adalah web itu sendiri, database, mailing list, dan FTP. Untuk itu biasanya perusahaan web hosting membatasi jumlah mailing list, FTP account, dan database untuk menjaga reliabilitas layanan. Selain itu traffic per bulan juga dibatasi dengan asumsi jika traffic tinggi, maka beban server juga tinggi.
Oleh karena itu review kembali pilihan Anda jika pilihan tersebut jatuh pada perusahaan web hosting yang menawarkan fasilitas serba unlimited.

4. Kepemilikan dan Pengaturan Domain
Domain sudah selayaknya menjadi milik pelanggan dan pelanggan berhak melakukan pengaturan terhadapnya. Oleh karena itu pelanggan harus diberikan akses ke control panel domain yang berfungsi untuk mengatur domain secara administratif (whois info / kepemilikan) dan teknis (pengaturan nameserver).
Apabila kepada pelanggan tidak diberikan control panel pengaturan domain, maka jika suatu saat pelanggan ingin memindahkan hosting, melakukan pengaturan nameserver, dan perpindahan kepemilikan domain atau transfer ke registrar domain lain akan menemui kesulitan karena bergantung pada perusahaan hosting tempat pelanggan membeli domain tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply