Rumahweb Journal
Banner - Apa Itu Zabbix Monitoring Server dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu Zabbix Monitoring Server dan Bagaimana Cara Kerjanya

Zabbix adalah salah satu software open-source yang digunakan untuk memantau kinerja jaringan, infrastruktur TI, server, dan aplikasi secara real-time. Dalam artikel ini, kami akan berbagi informasi tentang apa itu Zabix monitoring server dan bagaimana cara kerjanya.

Mengenal Zabbix Monitoring Server

Zabbix adalah software monitoring tools berbasis open source yang bisa digunakan sebagai sistem monitoring untuk server, networking, service, dan layer aplikasi.

Zabbix menyediakan informasi seperti penggunaan disk, CPU resource, informasi trafik jaringan, processed yang berjalan, dan uptime setiap service yang ada didalam server seperti ftp, web server, database server.

Saat ini, Zabbix dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS, Solaris, Linux, Windows dan freebsd. Kelebihan dari zabbix adalah memiliki server database terpisah dengan server target monitoringnya, sehingga memudahkan untuk pengelolaan data terpusat ke 1 central server.

Fitur Zabbix

Berikut adalah beberapa fitur yang tersedia di Zabbix monitoring server, diantaranya;

  • Visualisasi data monitoring dengan Grafik.
  • Zabbix Api, pengumpulan data antar server.
  • Alert/Pemberitahuan ketika ada downtime.
  • Deteksi Masalah
  • Pemantauan terdistribusi
  • Implementasi yang mudah

Komponen Zabbix

Komponen zabbix

Zabbix memiliki beberapa komponen yang bekerjasama agar dapat melakukan monitoring secara efektif. Berikut adalah komponen dari Zabbix.

1. Zabbix Server 

Zabbix server adalah Inti dari sistem Zabbix yang bekerja dengan mengumpulkan data yang ada dari agent-agent yang telah tertanam di server target monitoring. Dengan demikian, Zabbix dapat mengolahnya menjadi grafik, data, serta memicu trigger apabila ada downtime pada salah satu agent.

2. Zabbix Agent 

Zabbix Agent adalah sistem yang dipasang pada server target monitoring. Komponen Zabbix Agent bertugas untuk mengumpulkan data sistem yang akan dilaporkan ke Zabbix server untuk dilakukan analisis.

3. Zabbix Web Interface

Zabbix Interface Adalah halaman dashboard zabbix yang terinstall di Zabbix Server, didalamnya menyediakan informasi sistem, data, dan laporan detail.

Web interface pada Zabbix digunakan sebagai sistem administrasi seperti menambahkan host, membuat script monitoring, membuat parameter trigger atau alert, dan melakukan konfigurasi grafik.

4. Zabbix Proxy

Zabbix Proxy berfungsi untuk membagi beban monitoring, menerima data dari Zabbix Agent dan meneruskan ke Zabbix Server.

5. Trigger 

Trigger adalah sebuah rule yang telah ditentukan oleh admin, apabila terdapat kondisi yang tidak sesuai dengan parameter, seperti downtime, maka trigger akan mengirimkan notifikasi ke admin server agar segera dilakukan pengecekan.

Zabbix memungkinkan untuk mengirimkan alert atau notifikasi menggunakan beberapa komponen, seperti telegram, email, slack, signal, dan lainnya.

6. Template

Template Zabbix adalah gabungan dari beberapa script untuk monitoring, apabila terdapat host baru, template dapat ditambahkan sebagai parameter apa saja yang akan dimonitoring.

Cara Kerja Zabbix

Berikut adalah tahapan dan cara kerja Zabbix.

cara kerja zabbix monitoring

1. Konfigurasi Host

Admin server melakukan instalasi Zabbix Agent di server yang akan dilakukan monitoring. Apabila Zabbix Agent telah terinstall, maka dapat menambahkan Host Zabbix Agent pada Zabbix Server (Central) dengan menggunakan metode SNMP atau IP.

2. Konfigurasi Template

Selanjutnya Admin server akan menambahkan template monitoring ke host yang telah ditambahkan sebelumnya, menambahkan parameter monitoring, dan mengatur pemicu (triggers) yang menentukan kondisi yang harus terpenuhi untuk memicu notifikasi atau tindakan.

3. Pengumpulan dan Pengolahan data

Zabbix Server akan mengelola data yang dikirimkan oleh Agent, seperti penggunaan cpu, load server, kecepatan network, dan status layanan apakah mengalami downtime.

Data diolah dan dicatat pada log, dapat ditampilkan sebagai grafik atau diolah menjadi csv.

4. Pemicu/Trigger Alert

Apabila terdapat suatu kondisi yang memicu trigger pada parameter, Zabbix Server akan mengirimkan notifikasi ke Admin server bahwa terdapat kendala di sisi agent host yang ada, berupa email maupun telegram.

5. Action 

Apabila terdapat suatu parameter yang memicu trigger, Zabbix dapat mengambil tindakan yang telah ditentukan oleh administrator sebelumnya, hal ini bertujuan untuk membantu menyelesaikan dan memperbaiki masalah secara otomatis.

6. Continue Monitoring

Dengan adanya kendala atau trigger yang dialami sebelumnya, Zabbix dapat memantau dan melakukan evaluasi terhadap laporan data yang ada, dan dapat menyimpulkan suatu tindakan yang dapat diperbaiki kedepannya.

Kelebihan dan kekurangan Zabbix

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Zabbix monitoring server;

Kelebihan Zabbix

1. Software Open Source

Zabbix adalah aplikasi gratis yang dapat digunakan oleh siapapun, Kita tidak perlu membayar lisensi untuk menggunakan fitur dari Zabbix.

2. Fleksibel dan Skalabilitas Tinggi

Zabbix dapat digunakan pada berbagai jenis monitoring termasuk jaringan, server, service, software, dan dapat mudah didistribusikan dengan agent.

3. Data yang akurat dan realtime

Zabbix menyediakan data yang akurat, mengumpulkan banyak data dan dapat dicek pada interval tertentu sesuai konfigurasi admin server.

4. Visualisasi & Action

Zabbix menyediakan berbagai informasi melalui berbagai jenis grafik, dan berupa data txt sehingga lebih mudah untuk melakukan pemantauan. Zabbix juga dapat menginformasikan dengan cepat apabila terdapat trigger dan memberi data akurat melalui notifikasi ke admin server.

Kekurangan Zabbix

1. Penggunaan memori

Zabbix menggunakan memori dan cpu dengan cukup tinggi, hal ini dikarenakan Zabbix melakukan monitoring data jumlah besar secara realtime, berinteraksi dengan banyak agent untuk mengumpulkan data secara terpusat.

2. Kurang user friendly

Konfigurasi Zabbix cukup sulit bagi pemula, Zabbix di custom dengan script, dan membutuhkan pemahaman mendalam tentang server terutama Bash script.

3. Update yang rumit

Pembaruan ke versi baru Zabbix bisa memerlukan beberapa langkah yang rumit, dan konfigurasi kustom di sisi server mungkin perlu diatur kembali setelah pembaruan karena bisa gagal online.

Install Zabbix di VPS

Panduan install Zabbix di VPS Ubuntu kami publikasi melalui artikel terpisah pada halaman berikut ini : Cara Install Zabbix di Ubuntu

Dalam panduan tersebut, kami menjelaskan tentang systems requirement, step by step install hingga konfigurasinya.

Demikian artikel kami tentang apa itu Zabbix monitoring server hingga cara kerjanya, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.7 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Andika Dwi Setyawan

Dika is a System Administrator, passionate about Linux, Networking, Cyber security and much love with Arista.