Rumahweb Journal : News, Article, and Tutorial of Web Dev

Cara Save, Import, dan Export Template Elementor

Elementor adalah salah satu plugin WordPress yang saat ini banyak digunakan untuk membuat Landing Page pada Website berbasis WordPress. Plugin ini banyak digunakan karena kemudahan penggunaannya, saat ini juga sudah banyak Theme WordPress yang mendukung Plugin Elementor, selain itu juga banyak yang menyediakan Template Elementor sehingga lebih mempermudah dalam pembuatan halaman atau landing Page.

Tidak hanya dapat digunakan pada 1 website saja, tetapi Template yang sudah Anda buat atau edit melalui Elementor juga dapat digunakan pada website lain. Pada kali ini Rumahweb akan membahas bagaimana cara Save, Import, Export Template Elementor. Berikut panduannya:

Save Template Elementor

Sebelum Anda melakukan Export atau Import template Elementor, Anda perlu melakukan Save desain sebagai template terlebih dahulu. Untuk Save Template Elementor, silahkan Anda login ke halaman admin WordPress terlebih dahulu, setelah itu Edit Halaman yang akan disave templatenya.

Untuk menyimpan template Anda dapat klik tombol “panah atas” tepat di samping tombol publish atau update, dan pilih Save as Template seperti gambar berikut,

Cara Save, Import, dan Export Template pada Elementor -  Save Template Elementor

Setelah itu akan tampil Popup berisi form dimana Anda dapat menentukan nama template yang akan disave. Silahkan Anda isi popup tersebut dengan Nama templatenya, setelah itu klik Save untuk menyimpan.

Cara Save, Import, dan Export Template pada Elementor -  Save Elementor Template

Setelah berhasil, template yang sudah disave akan tampil di list My Template seperti gambar berikut,

Cara Save, Import, dan Export Template pada Elementor - Save Elementor Template

Export Template

Elementor juga menyediakan fitur untuk melakukan Export Template yang sebelumnya sudah Anda buat. Fitur ini digunakan apabila Anda ingin memindahkan desain yang sudah dibuat ke website lain.

Pastikan sebelum melakukan Export Template Elementor Anda sudah save desain sebagai Template terlebih dahulu.

Jika desain sudah disimpan sebagai Template, untuk melakukan Export silahkan Anda masuk ke menu Templates > Saved Templates seperti gambar berikut,

Cara Save, Import, dan Export Template pada Elementor -  Export Template

Pada halaman tersebut akan tampil list semua Template yang Anda miliki, silahkan Anda klik Export Template untuk memulai proses export sesuai dengan gambar berikut,

Cara Save, Import, dan Export Template pada Elementor - Export Elementor templates

Setelah berhasil, template hasil export akan otomatis terdownload dengan ekstensi file .json. Silahkan Anda simpan file tersebut ke folder yang mudah ditemukan karena File ini yang nantinya akan digunakan apabila ingin import template ke website lain.

Cara Save, Import, dan Export Template pada Elementor - Json file elementor Template

Import Template

Setelah mengetahui Bagaimana cara save dan Export template, selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan Import Template Elementor.

Untuk melakukan import template elementor, silahkan Anda login terlebih dahulu ke halaman admin WordPress, setelah itu silahkan masuk ke menu Saved Templates > Import Templates seperti gambar berikut,

Cara Save, Import, dan Export Template pada Elementor -  Import Elementor Template

Setelah itu, silahkan Anda klik Choose File, dan pilih file .json template yang sebelumnya sudah Anda miliki dari hasil Export template.

Apabila sudah memilih file .json nya, silahkan Anda klik Import Now untuk memulai proses Import,

Cara Save, Import, dan Export Template pada Elementor -  Import elementor template choose file

Setelah berhasil melakukan import template, akan tampil nama template nya seperti gambar berikut,

Cara Save, Import, dan Export Template pada Elementor - Import elementor template done

Untuk menerapkan desain hasil import, Anda hanya perlu klik Insert pada list My Template Elementor seperti gambar berikuut,

Cara Save, Import, dan Export Template pada Elementor -  Import elementor template inser

Demikian panduan cara Save, Import, dan Export Template pada Elementor. Semoga bermanfaat, dan jika Anda memiliki kendala atau pertanyaan. Apabila ada kendala atau kesulitan, Anda dapat menghubungi kami melalui Livechat, Email, ataupun telefon.

Tinggalkan Komentar

Wahid Husain