Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Upgrade ke PHP 5.3

Setelah merilis PHP 5.2.16 pada Desember tahun lalu, PHP mengumumkan bahwa dukungan terhadap php 5.2 telah berakhir. Artinya, PHP tidak lagi merilis update untuk php 5.2, kecuali ditemukan critical bug pada versi yang dirilis sebelumnya (hal ini terjadi pada rilis php 5.2.17). PHP kemudian dengan jelas meminta para pengguna untuk melakukan upgrade ke php versi 5.3 .

Pada beberapa CMS, upgrade ke php 5.3 tidak akan membuat website ataupun CMS gagal digunakan. Berikut daftar kecil CMS yang sudah kompatibel dengan php 5.3 :

  • Joomla . Di halaman technical requirement Joomla, php 5.3 dapat digunakan mulai dari Joomla 1.5.15. Bahkan minimun requirement untuk Joomla 1.6 dan Joomla 1.7 adalah php 5.3, bukan lagi php 5.2.x . Hanya saja, dukungan ini tidak berlaku untuk Joomla 1.0.x . Di forum Joomla, kami menemukan fix untuk Joomla 1.0 + php 5.3 . Namun solusi ini tidak disarankan, dan akan lebih baik apabila versi Joomla diubah/diganti menjadi 1.5.15.

 

  • WordPress . Kami tidak menemukan adanya informasi lengkap mengenai kompabilitas WordPress dengan php 5.3. Requirement yang tertulis blog development WordPress , versi php yang digunakan masih php 5.2.x . Tapi pada forum dukungan WordPress, beberapa pengguna telah berhasil menggunakan WordPress pada php 5.3 .

 

 

  • OsCommerce . CMS ini tidak kompatibel dengan php 5.3 . Namun tersedia addon untuk membuat osCommerce menjadi kompatibel dengan php 5.3

 

  • phpBB.Quick requirement di bagian dokumentasi phpBB 3, menyatakan tidak ada masalah apabila phpBB 3 digunakan pada php versi 5.3

 

Pada website yang menggunakan custom scripting (script buatan sendiri), masalah biasanya terjadi pada penggunaan fungsi yang sudah tidak lagi digunakan atau diganti (deprecated functions) pada php 5.3. Kami menyarankan dilakukan perbaikan pada script dengan mengacu pada manual php, terutama pada bagian deprecated functions .

Rumahweb secara bertahap akan melakukan upgrade ke php 5.3. Selain karena ketiadaan dukungan pada php 5.2, tawaran performa dan keamanan yang lebih baik juga menjadi salah satu pertimbangan untuk melakukan proses upgrade ini. Apabila website yang Anda gunakan tidak kompatibel dengan php 5.3, silahkan kirimkan trouble ticket ke bagian teknis kami supaya kami dapat menjadwalkan pemindahan ke server yang masih menggunakan php 5.2.x sehingga website tetap dapat diakses dengan baik selama perbaikan/pengubahan script dilakukan.

 

 

Tinggalkan Komentar

Rumahweb

Blog Competition