Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Tips Mendapatkan E-mail account 2GB

Pada tutorial kali ini, kita akan mencoba menggunakan fasilitas e-mail hosted yang ditawarkan oleh Google. Google menawarkan 2GB space untuk e-mail pada tiap-tiap account e-mail yang dibuat pada Standard Edition), dan 10GB pada Premier Edition.

Mari kita mulai πŸ˜‰

Untuk menggunakan fasilitas ini, kita harus melakukan pendaftaran / sign up terlebih dahulu pada Google Apps , lalu memilih layanan yang akan digunakan. Pada tutorial kali ini, yang akan digunakan adalah layanan Free.


Google 1

Google 2

Pendaftaran
1. Pada langkah pertama pendaftaran, kita diharuskan login ke account yang ada di Google. ( Jika belum memiliki account di Google, silahkan sign up terlebih dahulu pada gmail.com ).

Google 3

2. Langkah kedua, memilih nama domain yang akan digunakan.


Google 4

3. Lalu kita diharuskan untuk mengisi form sebagai informasi untuk data Administrator ( yang digunakan pada Google Apps ).

Google 5

4. Pada langkah terakhir pendaftaran, kita harus menentukan account e-mail yang akan digunakan sebagai account e-mail administrator nantinya.

Google 6

Setelah pendaftaran selesai, kita harus melakukan verifikasi kepemilikan domain yang akan digunakan. Ada dua cara yang dapat dilakukan.

a. Mengubah CNAME record, atau
b. Membuat file baru pada account hosting ( googlehostedservice.html ), yang isinya sudah ditentukan oleh google.

Google menyatakan bahwa akan membutuhkan waktu hingga 48 jam untuk verifikasi kepemilikan domain.

Setelah domain berhasil diverifikasi oleh Google, kita sudah dapat menggunakan layanan e-mail hosted ini. Namun ada 1 langkah terakhir yang harus dilakukan, yaitu pengubahan MX ( Mail Exchanger ) Record pada account hosting ( apabila sebelumnya sudah ada beberapa e-mail account, kita harus membuat ulang e-mail2 account tersebut terlebih dahulu untuk menghindari kegagalan pengiriman pada e-mail2 account tersebut).

Tutorial mengenai cara mengubah MX Record, dapat ditemukan pada artikel sebelumnya ( Mengubah MX Record )
Atau silahkan hubungi bagian teknis kami mengenai hal ini.

MX Record dapat dicek melalui beberapa website yang menyediakan layanan DNS Lookup seperti dnsstuff.com atau iptools.com . Dan setelah MX Record benar-benar telah mengarah ke google, kita dapat langsung menggunakan fasilitas e-mail hosted ini. πŸ˜‰

Tinggalkan Komentar

Rumahweb

1 comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog Competition