Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Problem Owner Joomla I

Untuk kesekian kalinya dalam journal ini, kita akan membahas tentang joomla. Banyak sekali yang bisa di eksplore dan menjadi masalah dari CMS satu ini Kali ini kami akan membahas masalah owner dan permission pada file atau folder joomla.

Ada beberapa masalah yang sering terjadi dan menjadi pertanyaan dengan permission dan owner joomla, Misalnya saja:

  • Anda membuat folder di direktori images/stories melalui admin joomla. Sekilas tidak ada masalah, dan berhasil membuat folder baru. Tapi pada saat Anda mengupload images ke direktori tersebut, kadang ada pesan bahwa Anda tidak bisa mengupload ke folder tersebut di karenakan Hak Akses anda tidak diijinkan.
  • Ketika Anda Instal Template melalui joomla. Kemudian Anda ingin mengedit template tersebut melalui File Manager di cpanel, Anda tidak bisa menyimpan file tersebut melalui cPanel. Atau Ketika Anda mendownload dan mengeditnya di text editor, kemudian menguploadnya ke folder semula hasilnya akan tetap sama.
  • Sama juga halnya ketika Anda menginstal component atau modul, akan ada error yang sama ketika anda mengedit template.

Mungkin timbul pertanyaan kenapa ada masalah? Hal ini terjadi karena perbedaan owner yang di create melalui admin joomla dengan owner yang diserver, Sehingga ketika mengubah permission selalu terjadi error. Karena perbedaan ini pulalah, ketika anda ingin mengubah template yang anda gunakan selalu muncul error. Jika Anda mengupload(menginstal) template melalui admin joomla, maka Anda harus mengeditnya juga melalui admin joomla. Solusi lainnya adalah lakukanlah instalasi secara manual. Misalnya Anda upload file template yang akan digunakan dalam bentuk .zip kemudian mengekstraknya melalui cPanel. Atau Anda juga bisa mengupload file/folder template melalui FTP Client.

Untuk Folder images di images/stories silahkan lakukan di cPanel atau FTP Client, dan bukannya Anda create melalui admin joomla.

Tinggalkan Komentar

1 comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • mohon bantuannya,saya mengedit article di joomla 1.5 kemudian pada saat save atau apply selalau mincul 500- an error occure. Mohon solusinya.

Blog Competition