Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Setting sh404SEF di Joomla

Component sh404SEF membantu dalam penerapan SEF Url pada website joomla dengan format user-friendly untuk pengunjung situs serta untuk mesin pencari. Kegunaan dari SEF sendiri untuk menyingkat alamat URL pada halaman website. Anda juga dapat melakukan setting custom URL jika tidak menginginkan menggunakan url yang dibangun secara otomatis pada instalasi joomla. Untuk mendapatkan component sh404SEF tersebut , Anda bisa mendownloadnya di sini.

Berikut adalah aturan penerapan SEF standar bawaan joomla dan penambahan komponen sh404SEF :

  1. Hindari menggunakan absolute link dalam isi content suatu halaman website, sebab bila SEF sudah diterapkan, ada kemungkinan link-link tersebut tidak bisa diterjemahkan dan berakibat Page Not Found atau error 404
  2. Hindari campur aduk program pembuatan website dalam satu direktori, misalnya anda menggunakan joomla dan juga menggunakan frontpage atau dreamweaver.
  3. Disable “cache” yang ada pada joomla, caranya Anda masuk dulu ke ruangan Administrator, kemudian masuk ke Site – Global configuration – setting – cache setting dibuat NO
  4. Disarankan untuk melakukan back up file atau database, untuk mengantisipasi jika terjadi kekacauan saat operate extension tersebut dan anda hanya perlu mengembalikan ke settingan awal yang telah anda simpan.

Sebelum kita menggunakan component lanjutan yaitu sh404SEF, terlebih dahulu kita harus setting SEF standar bawaan joomla sebagai berikut :

  1. Pastikan anda telah mensetting cache di NO (disable)
  2. Aktifkan SEF standar pada joomla, caranya login administrator, masuk ke menu site-global configuration kemudian untuk ‘SEF URLs ‘ (pilih yes) dan ‘Use Apache mod_rewrite ‘ ( pilih yes ) kemudian save
  3. Login ke Cpanel masuk pada file manager kemudian rename file  ‘htaccess.txt’ ( bawaan instalasi joomla) menjadi ‘ .htaccess’ dengan menggunakan tools rename di halaman file manager.
  4. Kembali ke halaman administrator joomla dan lanjutkan dengan instalsasi component sh404SEF tersebut.
  5. Langkah selanjutnya adalah konfigurasi component sh404SEF. masuk ke menu component, kemudian pilih sh404SEF.
  6. Pilih sh404SEF configuration, dan pilih enable ‘yes’. Sehingga statusnya jadi writable
  7. SELESAI , untuk melakukan pengecekan silahkan akses website Anda

Tinggalkan Komentar

Rumahweb

Blog Competition