Remote Git Repository Di Developer Hosting

Bagi Developer atau Programmer yang tidak ingin repot dalam melakukan update version ataupun script pada aplikasi yang dikembangkan, Developer hosting Rumahweb dengan Plesk panel sudah menyediakan fitur remote Git Repository yang simple dan efektif.

Dengan menggunakan fitur ini, memungkinkan Anda melakukan remote repository hanya dengan beberapa klik saja, tanpa memerlukan command SSH seperti pada umumnya. Namun terlebih dahulu, pastikan Anda sudah memiliki repo Git. Anda bisa menggunakan Github, Gitlab, Bitbucket atau VCS lainya yang bisa di “remote” / public repository.

Penasaran bagaimana cara setupnya? Berikut ini tutorial git untuk melakukan remote Git repository di Developer Hosting Rumahweb Indonesia

  1. Pertama, Silahkan login ke Plesk Panel Developer Hosting. Selanjutnya, tentukan domain utama atau sub domain yang akan menggunakan Git. Dalam contoh ini kami menggunakan sub domain. Klik icon “Git”.

2. Kedua, isikan link Clone / Remote Repository yang akan digunakan pada tanda merah.

Kemudian klik “OK”. Selanjutnya, tunggu hingga proses selesai.

3. Disini ada fitur keren di Git remote di Developer Hosting Rumahweb. History commit / push / pull dari repository akan terimport juga. Sehingga kita tinggal melanjutkan pengembangan dari versi terakhir yang sudah di deploy.

Git remote sudah siap digunakan. Jika ada perubahan pada sisi repository utama tempat repo diambil, silahkan klik “Pull Update” untuk melakukan update ke repo yang sudah terclone di Developer Hosting.

4. Untuk melihat History Commits Repo, silakan klik menu “Commit Logs” seperti pada gambar dibawah ini.

Simple dan mudahkan ? Sama sekali tidak membutuhkan command ssh Git untuk mempercepat dan mempermudah proses remote repository.

Sekian panduan Remote Repository Github di Developer Hosting Rumahweb. Seperti biasa, jika ada kesulitan atau kendala, silahkan langsung menghubungi tim Technical Support Rumahweb melalui fitur Livechat, Open ticket atau mengirim email ke alamat teknis@rumahweb.com . Semoga dapat membantu 🙂

Tinggalkan Komentar