Rumahweb Journal
Banner - PuTTY Adalah - Pengertian, Download, Install hingga Cara Menggunakan

PuTTY: Pengertian, Download, Install hingga Cara Menggunakan

PuTTY adalah aplikasi yang populer digunakan oleh para developer web, untuk terhubung ke server melalui SSH. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan aplikasi PuTTY, kami akan memberikan penjelasan mengenai apa itu PuTTY, cara download dan Install hingga cara menggunakannya.

Apa itu PuTTY?

PuTTY adalah aplikasi yang digunakan untuk remote access, seperti SSH atau Telnet. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengakses komputer server dari jarak jauh, tanpa perlu datang ke data center secara fisik. Selain itu, PuTTY juga termasuk sebagai aplikasi Open Source sehingga dapat digunakan secara gratis.

PuTTY dikembangkan oleh programmer Inggris yaitu Simon Tatham. Aplikasi ini kemudian dirilis pada tahun 1999 untuk OS Windows. Pada perkembangannya, PuTTY juga dapat digunakan di berbagai sistem operasi terutama Unix-like platforms.

PuTTY tidak memiliki antarmuka grafis (GUI), yang berarti setelah terhubung, hanya akan ada tampilan baris perintah (command line) yang tersedia. Oleh karena itu, semua operasi dilakukan menggunakan teks, sehingga penting bagi Anda untuk mempelajari perintah-perintah SSH.

Cara Download PuTTY

Aplikasi PuTTY dapat Anda download melalui website resminya di www.putty.org. Pada saat artikel ini dibuat, versi terkini PuTTY yaitu di versi 0.78.

  1. Silakan dapat memilih file Installer sesuai dengan jenis OS yang Anda gunakan. Pada panduan ini kami menggunakan Installer untuk Windows 64-bit x86.
Download Putty di Windows

2. Buka file Installer yang telah didownload lalu klik Next dan Install hingga proses selesai.

Install Putty di windows

3. Jika mendapat tampilan berikut, artinya Anda telah selesai melakukan instalasi PuTTY.

install putty selesai

Cara Menggunakan PuTTY

Bila Anda memiliki VPS baik tanpa panel maupun dengan panel, Anda dapat mempelajari Panduan Koneksi SSH ke VPS menggunakan PuTTY.

Di Rumahweb terdapat paket hosting yang support untuk melakukan koneksi SSH seperti paket Cloud Hosting. Anda dapat mempelajari panduan login ke hosting via putty untuk melakukan koneksi SSH ke hosting.

Anda bisa juga menggunakan SSH Keys untuk melakukan koneksi SSH ke sisi server, silakan dapat mempelajari Panduan Install SSH Key di Putty.

Apa itu MTPuTTY?

Sebagai developer, bisa jadi Anda memiliki lebih dari 1 server yang perlu Anda kelola. Aplikasi standar Putty hanya bisa digunakan untuk terhubung ke 1 server saja, sehingga Anda perlu membuka Window baru jika ingin melakukan koneksi ke server lain. Hal ini membuat kenyamanan berkurang, karena harus berpindah antar window.

Aplikasi MTPuTTY dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki lebih dari 1 server untuk dikelola. MTPuTTY atau Multi-Tabbed PuTTY memungkinkan Anda untuk melakukan koneksi ke lebih dari 1 server dalam window yang sama.

Cara Install MTPuTTY di Windows

  1. Pastikan Anda telah memiliki aplikasi PuTTY yang telah terinstall terlebih dahulu di komputer Anda.
  2. MTPuTTY dapat Anda download secara resmi di ttyplus.com. MTPuTTY tersedia dalam 2 versi yaitu versi Installer dan versi Portable
Download MTPuTTY

3. Pada artikel ini kami menggunakan versi Installer. Silakan download dan Install Aplikasi MTPuTTY.

Download MTPuTTY

4. Anda akan mendapat tampilan berikut apabila instalasi telah selesai dilakukan.

Install MTPuTTY selesai

5. Jalankan aplikasi Putty Anda, lalu pilih lokasi aplikasi PuTTY yang telah Anda install sebelumnya. Tekan tombol OK.

Cara setting MTPuTTY

6. Berikut adalah tampilan aplikasi MTPuTTY beserta penjelasannya:

cara setting mputty ke server
  • A : Tombol ini digunakan untuk membuat konfigurasi koneksi ke server
    B : Kolom berisi daftar server-server yang telah Anda buat konfigurasinya.
    Setelah melakukan klik tombol A, Anda akan mendapat popup window untuk mengisi konfigurasi koneksi ke server.
  • C : Kolom isian tujuan server, bisa berupa IP maupun hostname server
    D: Isi port yang dituju, display name adalah nama yang ingin digunakanuntuk tampilan pada kolom B
    E : Isi dengan username dan password server, namun rekomendasi kami untuk tidak menyimpan password pada konfigurasi (sehingga bisa dikosongkan bagian password)

7. Klik OK untuk menyimpan konfigurasi. Lalu jika ingin terhubung ke server, Anda cukup melakukan double klik pada kolom display B. Berikut adalah contoh tampilan ketika terhubung ke 2 server. Dapat dilihat terdapat 2 tab pada aplikasi MTPuTTY.

cara menggunakan mputty

Demikian artikel mengenai PuTTY dari Rumahweb. Semoga dengan membaca artikel ini dapat mempermudah Anda memahami mengenai PuTTY dan cara menggunakan PuTTY untuk koneksi ke server milik Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Uswatun Hasana Kunio

Berkarir secara profesional sebagai PHP Programmer selama 6 tahun, lalu beralih ke Quality Assurance Customer Support.