Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
pentingnya optimasi database og

Pentingnya Melakukan Optimasi Database WordPress

Jika Anda memiliki website yang dibuat menggunakan WordPress , pastilah Anda memiliki database. Perlu diketahui bahwa pengoptimalan database perlu dilakukan, supaya website Anda akan tetap kencang ketika diakses.

Sebagaimana diketahui, database digunakan untuk menyimpan semua informasi data website Anda. Didalamnya terdapat record posting, halaman, komentar (jika ada), situs web, tema dan pengaturan plugin, serta, entri dari formulir dan tautan. Apabila didalam database terdapat banyak sekali record data, atau mungkin data yang tidak diperlukan lagi seperti cache, hal ini akan menghambat kinerjanya. Oleh karena itu, pengoptimalan database adalah salah satu kunci untuk efisiensi dan peningkatan kinerja website. Dalam artikel ini, Rumahweb akan memandu Anda tentang cara mengoptimalkan database WordPress menggunakan Plugin WP-Optimize.

WP-Optimize adalah plugin dari WordPress yang digunakan untuk mengoptimalkan database tanpa harus masuk ke PhpMyAdmin. Dengan plugin WP-Optimize, Anda bisa menghapus postingan revisi yang bisa membuat bengkak database, menghapus komentar yang belum diapprove, menghapus komentar di spam.

WP-Optimize

Cara menggunakannya sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya

1. Install Plugin WP-Optimize . Instalasi bisa dari wp-admin atau dari cPanel
2. Masuk ke menu Plugin > WP-Optimize

Cara Clean-up

database-optimation-wp-optimize

Cara auto Clean-up

auto-clean-database-optimize

3.  Selesai.

Demikian pembahasan Rumahweb tentang cara mengoptimasi database WordPress. Bagi Anda yang akan memulai membuat website menggunakan WordPress, atau sudah memiliki Website WordPress dan ingin supaya website bisa lebih kencang lagi ketika diakses, Anda bisa menggunakan server WordPress Hosting Rumahweb.

Tinggalkan Komentar

Rudiharto

Suka makan bubur tanpa diaduk.

Blog Competition