Rumahweb Journal
Banner - Cara Backup WordPress di cPanel Secara Manual

Cara Backup WordPress di cPanel Secara Manual

Backup adalah salah satu langkah untuk mengamankan file website dari kerusakan dikemudian hari. Selain itu, backup website juga dilakukan untuk memindahkan file website dari server satu ke server yang lain. Pada artikel ini, Kami akan membahas cara backup WordPress di cPanel secara manual.

Backup manual file website ini bisa digunakan ketika di Hosting Anda ada beberapa file website sekaligus, sedangkan Anda hanya ingin melakukan backup salah satu website saja. Namun bila Anda ingin melakukan backup keseluruhan website, database dan email di hosting Anda, maka Anda bisa melakukan backup melalui cPanel.

Backup WordPress secara manual dilakukan dengan cara membackup file website dan databasenya. Berikut cara backup WordPress manually dari cPanel secara mudah.

Backup File WordPress

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat backup file WordPress di cPanel. Backup ini dilakukan dengan cara compress file core WordPressnya. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Login ke cPanel hosting Anda terlebih dahulu.
halaman cPanel
  1. Selanjutnya klik menu “File Manager“, kemudian menuju ke directory dimana website WordPress tersebut diinstall.
menu file manager
  1. Apabila website yang akan dibackup adalah domain utama, maka letak file websitenya berada di dalam folder public_html.
folder public_html
  1. Setelah berada di directory dimana file website berada, silakan klik “Select All” kemudian klik “Compress” untuk membuat file archieve WordPress. Namun jika Anda ingin membackup WordPress di addon atau subdomainnya, maka silahkan compress folder subdomain/addon domain yang akan di backup.
cara backup wordpress manual
  1. Pilih ekstension file archive yang akan dibuat. Pada contoh kali ini kami memilih “Zip Archive” kemudian beri nama file backup yang akan dibentuk.  Misal file backup.zip. Lanjutkan dengan klik “Compress File”.
compress
  1. Tunggu beberapa menit, hingga file .zip backup yang Anda buat terbentuk. Lama waktu tunggu ini, tergantung besarnya file yang dibackup. Silakan dicoba untuk klik menu “Reload” untuk memastikan file backup sudah tersedia.
hasil backup

Pada gambar diatas terlihat file backup.zip telah tersedia. File tersebut adalah file WordPress yang sudah tercompress. Silahkan Anda download file backup tersebut ke komputer Anda.

Baca juga artikel: Panduan Backup Website Melalui Fitur Softaculous di cPanel

Backup Database WordPress

Langkah berikutnya adalah melakukan backup database WordPress. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu nama database yang digunakan. Silahkan Anda membuka file wp-config.php di directory file website Anda berada. Kemudian cari line define(‘DB_NAME’,’databasename’); Contohnya sebagai berikut

“define(‘DB_NAME’, ‘jmkl123_wp123‘);” Artinya WordPress Anda menggunakan database bernama “jmkl123_wp123“.

  1. Kembali ke halaman utama cPanel Anda, kemudian klik menu “Backup”.
  1. Cari nama database yang sama pada bagian “Download a MySQL Database Backup”, dan Anda hanya perlu klik nama database yang digunakan. Secara otomatis, Anda akan mendownload file backup databasenya.

Demikian panduan cara melakukan backup WordPress secara manual dari Rumahweb.

Bila Anda mengalami kendala dalam mengikuti panduan diatas, jangan sungkan dan ragu untuk menghubungi tim Technical Support kami. Anda dapat menghubungi kami melalui live chat, email atau open ticket.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.8 / 5. Vote count: 6

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Denny Oktafianto