Panduan Setting Koneksi Database Laravel

Laravel adalah Framework berbasis bahasa pemrograman PHP yang cukup terkenal dan banyak dipergunakan. Framework ini bisa berjalan pada layanan Cloud hosting maupun WordPress hosting Rumahweb.

Namun yang harus Anda pahami, Framework ini harus dibuat terlebih dahulu pada Localhost. Setelah dipastikan pada localhost berjalan dengan baik, Anda bisa mengupload filenya ke hosting. Panduan upload Framework Laravel bisa dipelajari melalui link berikut :

Setelah proses upload selesai, silahkan membuat database, user dan password kemudian melakukan setting koneksi database. Berikut panduan koneksi database di Laravel :

  • Membuat database di menu Databases terlebih dahulu. Panduan : Cloud Hosting atau WordPress hosting.
  • Setelah mendapatkan username dan databasenya, silahkan menyesuaikan pada file .env di hosting.
  • Untuk melihat file .env ada dimana, Anda bisa melakukan pengecekan pada file index.php seperti pada gambar dibawah ini :
Artinya file .env berada di folder /home/usercPanel/laravel/
  • Setelah mendapatkan letak file .env, silahkan setting koneksi database sesuai dengan database yang dibuat sebelumnya :
pastikan input nama database dan user database sama dengan yang Bapak buat di menu MySql databases, artinya lengkap dengan prefix database dan user prefix seperti screenshoot diatas
  • Setelah selesai setting koneksi database tersebut, silahkan Anda mencoba akses kembali website Laravel di hosting.

Demikian panduan koneksi database pada Laravel, selamat mencoba. Jika Anda mengalami kendala dalam proses koneksi database tersebut, Anda bisa menghubungi kami melalui email atau ticket.

Tinggalkan Komentar