Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Banner artikel menghapus email di squirrelmail

Menghapus Email di SquirrelMail

Pada saat menghapus isi email inbox atau send item melalui webmail, isi email tidak akan langsung terhapus begitu saja. Isi email masih disimpan didalam folder Trash. Lantas, bagaimana caranya menghapus isi email supaya langsung hilang? Berikut ini penjelasan dari Rumahweb selengkapnya.

Squiremail, salah satu aplikasi mail bawaan dari webmail memiliki fitur untuk menyimpan email yang Anda hapus dari folder inbox atau Sent item, ke folder Trash (semacam recycle bin di komputer dengan os windows). Hal ini bermanfaat bilamana terjadi salah hapus email, sehingga Anda dapat melakukan restore email dari folder trash tersebut.

Sayangnya, hal ini justru kadang merepotkan karena Anda harus berkerja dua kali untuk mengosongkan secara manual isi folder trash. Apalagi bila kuota email terbatas. Sering kali pengguna tidak sadar bahwa email belum terhapus sepenuhnya, sehingga kuota penggunaan email tidak berkurang padahal sudah merasa menghapus beberapa email.

Pada aplikasi mail dari squirrelmail, disediakan opsi “Bypass Trash” untuk menghapus isi email langsung tanpa menyimpannya di folder Trash. Hal ini bisa dilakukan ketika Anda sudah yakin bahwa email yang dihapus tersebut adalah email yang sudah tidak lagi dibutuhkan/tidak penting.

Untuk melakukan setting tersebut, Anda cukup memberi tanda centang pada opsi “ByPass Trash” seperti gambar berikut.

sq

Ternyata mudah kan, cara melakukan ByPass email supaya email yang dihapus bisa langsung hilang, tidak tersimpan lagi di Hosting. Demikian panduan untuk ByPass email Squiremail. Sebagai informasi, apabila Anda ada akses ke cPanel hosting, Anda juga bisa menghapus emailnya dari cPanel di menu Email Disk Usage.

Bila ada pertanyaan atau mengalami kendala dalam menghapus email, silakan menghubungi support teknis Rumahweb untuk dibantu dalam pengecekannya. Selamat melanjutkan aktivitasnya kembali 🙂

Tinggalkan Komentar

Bayo AM

Blog Competition