Rumahweb Journal
Banner - Mengelola Raw Access Log di cPanel

Mengelola Raw Access Log di cPanel

Anda dapat menggunakan fitur Raw Access di cPanel, untuk melihat siapa saja pengunjung anda dan apa yang mereka lihat. Fitur ini bisa anda manfaatkan, untuk melihat halaman mana saja yang populer dan darimana saja pengunjung website anda.

Pada artikel ini, kami akan berbagi informasi tentang Raw Access log di cPanel lebih detail kepada anda. Berikut informasi selengkapnya.

Pengertian Raw Access Log

Raw Access Log di cPanel adalah text file yang berisi tentang pengunjung website Anda dan konten di dalam website yang telah mereka akses. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendownload file teks access log dalam bentuk terkompresi dan bentuk file .gz (gunzip). Dimana untuk OS Windows mengekstrak file .gz, dapat menggunakan perangkat lunak 7-zip.

Dengan raw access log, Anda dapat melihat siapa yang mengakses website Anda tanpa menggunakan grafik atau chart. Log ini juga berguna ketika Anda membutuhkan bantuan dari pihak lain, untuk melihat statistik website Anda, tetapi Anda tidak ingin memberikan pihak tersebut informasi login cPanel.

Configure Logs

Pada bagian ini memungkinkan untuk melakukan seting raw access log. Berikut informasi detail setingnya:

  • Archive log files to your home directory after the system processes statistics. The system currently processes logs every 24 hours.

Jika dicentang, opsi ini memungkinkan untuk melakukan archive file log secara otomatis. Proses archive akan dijalankan setiap 24 jam, untuk jam tepatnya sesuai dengan informasi yang ada pada bagian “Last Update“.

File akan disimpan home directory, tepatnya pada folder “/home/username/logs”. Dimana “username” disesuaikan dengan nama username dan cPanel Anda.

  • Remove the previous month’s archived logs from your home directory at the end of each month.

Jika opsi ini dicentang, maka file archive pada bulan sebelumnya akan dihapuskan. Jika ingin menyimpan file-file log, opsi ini silahkan dihapus centangnya.

Download Current Raw Access Logs

Berikut ini cara mengakses atau download Raw Access Log

1. Login ke cPanel dan setelah itu klik icon Raw Access log

Tampilan raw access

2. Klik pada link nama domain yang ingin dilihat log-nya “Click the domain corresponding to the raw access log you wish to download”, nantinya log akan terdownload dan tersimpan di perangkat/komputer yang Anda gunakan. System memproses website statistics kurang lebih setiap 24 jam

Download-Current-Raw-Access-Log-at-cPanel Rumahweb

3. Setelah file terdownload, kemudian dapat di ekstrak.

extract file

4. Setelah diekstrak, nanti akan muncul file namadomain-*_log. Nama domain sesuai dengan nama dari domain yang log nya diekstrak. Klik kanan pada file tersebut, kemudian klik “Open with”.

file open with

6. File dapat dibuka menggunakan text editor seperti wordpad, notepad atau editor lain yang dapat digunakan.

file dibuka dengan notepad

Berikut contoh file log dibuka menggunakan aplikasi Notepad.

contoh file log

Archived Raw Logs

Pada file log di “Archived Raw Logs“, tersedia log perbulan. Untuk mengaksesnya sama yaitu dengan mendownload, kemudian ekstrak dan buka menggunakan text editor.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Gatot Antok Wibowo

Technical Support Rumahweb. Menyukai hal-hal baru.