Mengaktifkan App Password Gmail Setting SMTP

Ketika akun Google Anda menggunakan 2 step verification, hal ini akan berimbas ketika Anda sedang menggunakan email tersebut untuk setting SMTP mail. Selain itu, dampak akan terasa juga ketika Anda melakukan setting emailnya ke aplikasi mail client seperti outlook atau yang sejenisnya. Lantas bagaimana solusinya ?

Supaya akun Google yang mengaktifkan 2 step verification dapat digunakan untuk setting autentifikasi SMTP atau dikoneksikan ke aplikasi email client seperti outlook atau yang lainnya , maka Anda dapat melakukan setup APP Password. Dengan cara ini password yang digunakan pada SMTP dan aplikasi outlook bisa berbeda dengan password login akun Google Anda.

Untuk mengaktifkan APP Password Google sangatlah mudah. Silahkan login ke pengaturan akun Google Anda melalui halaman ( https://myaccount.google.com/ ) . Setelah login, silahkan masuk ke menu security yang ada di samping kiri layar.


Setelah itu, masuk ke halaman security settings, dan silahkan periksa bagian “Signing in to Google” dibawah 2 step verification. Bila sudah aktif akan ada “APP Passwords”

Klik pada bagian App Passwords tersebut. Bila ada perintah untuk login kembali, silakan login. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti screenshot berikut.

Pada bagian “select app” silahkan pilih “mail”. Kemudian pada pilihan “Select devices” silakan dipilih Other dan masukkan nama setting app password tersebut.

Klik GENERATE untuk mendapatkan password aplikasinya. Selanjutnya akan muncul password aplikasi yang berhasil digenerate seperti gambar berikut.


Gunakan password yang tampil dengan kolom kuning tersebut pada aplikasi / SMTP yang akan digunakan. Password tersebut tidak menggunakan spasi, sehingga jika di copy paste tidak akan ada spasi seperti yang muncul.

Demikian panduan Rumahweb tentang generate app password Gmail untuk keperluan setting SMTP. Bila Anda menjumpai kendala atau memiliki pertanyaan terkait setting ini, silakan menghubungi support Rumahweb untuk dibantu pengecekannya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar