Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
disable plugin wordpress melalui phpmyadmin

Disable Plugin WordPress Melalui phpMyAdmin

Disable plugin WordPress dari phpMyAdmin sangatlah bermanfaat ketika terjadi masalah yang disebabkan oleh plugin ataupun themes. Terkadang kendala yang disebabkan plugin ataupun themes ini bisa mengakibatkan tampilan website menjadi error atau bahkan blankpage dan kadang juga admin website tidak bisa diakses.

Untuk mengatasi kendala tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan debug error pada WordPress Anda. Untuk mengaktifkan debug error, silakan lakukan dari file wp-config.php , ubah debug nya dari “false” ke “true”. Setelah itu silakan akses alamat website Anda melalui browser. Ketika tampil pesan error yang disebabkan dari plugin WordPress Anda, silakan lakukan langkah-langkah deactivate plugin via database berikut ini.

  • Login ke cPanel akun Anda dan masuk ke menu phpMyAdmin. Untuk login ke cPanel hosting , Anda bisa melakukannya dari halaman clientzone.rumahweb.com .
  • Pilih database WordPress yang digunakan, kemudian masuk ke tabel dengan klik wp-option, kemudian edit field active plugin seperti yang ada di gambar. Field active plugin pada umumnya berada di page 2.

optionwp

  • Kemudian akan tampil halaman seperti dibawah ini. Hapus baris plugin yang dimaksud pada kolom option value. Pada gambar dibawah ini misalnya ingin menghapus plugin “WordPress Seo” maka yang dihapus adalah baris:  i:3;s:24:”wordpress-seo/wp-seo.php”;

wordpress-seo

  • Setelah itu klik “Go” untuk menyimpan perubahan. Sampai disini plugin “WordPress Seo” telah di disable. Anda juga dapat melakukannya untuk plugin yang lain.

Demikian panduan Rumahweb tentang cara disable plugin dari cPanel. Apabila Anda mengalami kendala dalam mendisable plugin WordPress nya, silakan menghubungi support teknis untuk dibantu proseskan.

Tinggalkan Komentar

Gatot Antok Wibowo

Blog Competition