Rumahweb Journal
banner opengraph- cara mengaktifkan ssl pada codeigniter

Cara Setting HTTPS Pada CodeIgniter

CodeIgniter menjadi salah satu framework yang paling banyak digunakan saat ini. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara setting HTTPS pada CodeIgniter di hosting cPanel.

Sebelum membahas cara setting HTTPS di CodeIgniter, terlebih dahulu kami akan menjelaskan secara singkat apa itu SSL dan fungsinya. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu SSL?

Secure Socket Layer (SSL) adalah teknologi keamanan standar yang membuat tautan terenkripsi antara web server dan browser. Sederhananya, koneksi antara web browser dengan web server akan terenkripsi, sehingga data hanya bisa dibaca oleh web browser serta web server saja.

Saat ini semua paket Shared hosting di Rumahweb telah di support dengan fitur Lets Encrypt, sehingga Anda bisa melakukan instalasi SSL secara gratis di hosting.

Ketika domain dan hosting Anda aktif, maka SSL gratis ini akan terinstall secara otomatis. Namun ada kondisi, dimana Anda perlu melakukan instalasi secara manual. Panduan install SSL gratis di cPanel bisa dipelajari melalui artikel berikut: Install ssl gratis di cPanel.

Setelah SSL aktif, langkah selanjutnya adalah melakukan modifikasi script pada file config.php dan htaccess, agar website Anda yang menggunakan framework CodeIgniter secara otomatis diarahkan ke HTTPS.

Setting HTTPS Pada CodeIgniter

Pastikan di domain yang akan Anda setting telah terinstall SSL di cPanel atau server. Setelah itu, Anda bisa mengikuti panduan berikut.

Step 1. Setting HTTPS di base_url

Setting force HTTPS bisa dilakukan dengan cara memodifikasi script / source code pada salah satu file yang ada di dalam struktur folder CodeIgniter. Letak filenya sebagai berikut :

/application/config/config.php

Pada file ini, silakan mencari baris berikut ini dan memodifikasi alamat dari “http” menjadi “https:”

$config['base_url'] = 'https://www.domainAnda.com/';
setting https pada codeigniter

Step 2. Setting Force HTTPS via htaccess

Langkah kedua adalah memodifikasi file htaccess. File .htaccess ini terletak di directory root domain Anda. Jika Anda setting untuk primary domain, maka letak file .htaccess berada di public_html. Atau Anda bisa menyesuaikan directory root masing-masing.

Setelah menemukan file .htaccess, silahkan tambahkan script berikut ini.

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Contoh gambarnya bisa Anda lihat seperti berikut:

setting https htaccess codeigniter

Bila Anda mengalami kendala dalam proses setting file .htaccess, detail panduannya bisa Anda simak pada artikel berikut: Force HTTPS htaccess

Sampai tahap ini, setting HTTPS pada CodeIgniter telah selesai. Silahkan Anda coba mengakses nama domainnya saja, tanpa menggunakan url HTTPS. Jika domain langsung mengarah ke https://namadomain, maka artinya konfigurasi SSL yang Anda lakukan sudah berjalan dengan baik.

contoh akses https dengan ci

Demikian panduan kami tentang cara setting HTTPS pada CodeIgniter. Jika Anda mengalami kendala atau kesulitan, silahkan hubungi bagian teknis kami melalui livechat, telepon, ataupun melalui trouble ticket. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 9

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain .COM 100rb

Jan Laen Player

Halo, saya Jan. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark rumahweb.com/journal agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.