Rumahweb Journal
Banner - Cara Migrasi WordPress.com ke Hosting Rumahweb

Cara Migrasi WordPress.com ke Hosting Rumahweb

Pada artikel ini, Kami akan menjelaskan tentang cara memindahkan content yang telah anda buat di WordPress.com, ke hosting sendiri. Migrasi WordPress ini bertujuan agar website anda bisa diakses dengan nama domain sendiri, tidak lagi menggunakan nama domain atau URL dari WordPress.com.

Data yang dapat dimigrasi dari WordPress.com ke hosting berupa artikel dan image saja. Sedangkan untuk layout dan konfigurasi plugin yang digunakan sebelumnya, tidak dapat dipindahkan.

Sebelum memulai langkah migrasi WordPress-nya, yuk kita pahami terlebih dahulu apa perbedaan antara WordPress.com dengan WordPress yang di install di hosting. Berikut informasi selengkapnya.

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah salah satu content management system (CMS) yang dapat digunakan untuk membuat website. Content management system adalah aplikasi memudahkan penggunanya dalam membuat, mengelola, dan mengedit website dengan lebih cepat dan meminimalkan resiko error scripting pada website.

Saat ini WordPress adalah CMS paling populer di dunia. Faktanya, lebih dari 40% website yang ada di internet menggunakan WordPress. Artinya, sekitar 1 dari 4 website yang pernah Anda kunjungi di internet dibuat dan dikelola menggunakan WordPress.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress di Hosting

WordPress.com adalah layanan hosting yang dibuat oleh WordPress untuk pelanggannya. Anda bisa membuat Blog secara gratis disana, namun menggunakan URL dari wordpress.com. Contoh url website yang akan anda gunakan adalah namablog.wordpress.com.

Sedangkan WordPress di hosting menggunakan basic dari wordpress.org. Anda perlu membeli domain dan hosting terlebih dahulu, lalu bisa melakukan instalasi WordPress di hosting. Kelebihannya, website dapat diakses dengan nama domain anda sendiri. Selain itu anda bisa lebih leluasa dalam mengelola website anda.

Selengkapnya tentang perbedaan WordPress ini bisa anda baca melalui Apa Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org?

Fungsi dan Bagaimana Export / Import pada WordPress

Export dan import pada WordPress sendiri sederhananya adalah memindahkan konten dari sebuah website WordPress yang sudah dibuat sebelumnya, ke website WordPress lainnya. Sehingga data berupa artikel dan media di website yang lama, bisa dipindahkan ke hosting baru.

Contoh kasusnya, Anda telah membuat Blogdi WordPress.com dan kemudian ingin memindahkan kontennya ke website baru dengan hosting sendiri, yang managenya bisa lebih mudah dan bebas daripada menggunakan WordPress.com.

Menulis ulang artikel di WordPress yang diinstall di hosting mungkin bisa dilakukan, bila artikel di WordPress sebelumnya masih sedikit. Lantas bagaimana bila jumlah artikelnya sudah banyak? Kemungkinan menulis ulang untuk jumlah artikel yang sudah cukup banyak akan memerlukan waktu yang lebih lama dan melelahkan, sehingga fungsi export / import pada WordPress menjadi salah satu opsi yang bisa Anda gunakan.

Proses export / import pada WordPress bisa dilakukan dengan syarat WordPress asli yang di export datanya dapat diakses oleh public, tidak dapat dilakukan untuk website WordPress yang tidak dapat diakses oleh public atau dibuat di local (localhost).

Migrasi WordPress.com ke hosting

Migrasi dilakukan dengan cara export dan import konten WordPress dengan format file .xml. Berikut tahapannya.

Step 1. Export WordPress

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah generate file .xml di wordpress.com. Berikut langkah-langkahnya:

1. Silahkan login ke akun wordpress.com anda terlebih dahulu. Setelah login, klik menu My Site >> WP Admin seperti gambar berikut:

Export WordPress ke Hosting - Login wp-admin WordPress

2. Setelah masuk ke halaman Dashboard dari blog yang ingin diekspor, klik menu Tools >> Eksport

Export WordPress ke Hosting - export

3. Setelah masuk ke halaman Eksport, klik “Start Export” (Export yang Free) untuk melanjutkan proses.

Export WordPress ke Hosting - Start Export

4. Pilih opsi “All Content” untuk mengekspor keseluruhan konten dari blog. Namun apabila hanya ingin mengekspor konten berupa posting saja, pilih opsi “Posts”. Sedangkan opsi “Pages” hanya akan mengekspor konten berupa page dan opsi “Feedback” akan mengekspor konten berupa komen.

Klik “Download Export File” untuk mengunduh file eksport.

Export WordPress ke Hosting - Download Export File

5. Setelah itu tentukan lokasi penyimpanan file yang akan di download, dan logout jika sudah selesai.  Type file yang di download adalah berekstensi .xml

Step 2. Import WordPress

Langkah berikutnya adalah melakukan import ke WordPress di hosting Rumahweb. Pastikan anda telah melakukan install WordPress di hosting terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Loginlah ke admin WordPress di account hosting Anda. Klik menu Tools >> Import.

Export WordPress ke Hosting - Import

2. Di halaman Import, pilih WordPress “Install Now”.

Export WordPress ke Hosting - Install Now

3. Setelah tunggu beberapa saat sampai instalasi selesai. Setelah itu akan muncul tampilan baru, lalu klik “Run Importer”.

Export WordPress ke Hosting - Run Importer

4. Untuk file .xml yang sebelumnya diexport, klik Choose Files.

Export WordPress ke Hosting - Choose Files

Jika sudah pilih file .xml klik “Upload file and import”.

5. Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta menentukan author dari postingan yang Anda download tadi. Centang opsi “Download and import file attachments”.

migrasi WordPress ke Hosting - Assign Author

Anda juga bisa membuat user baru untuk postingan tersebut, Klik submit jika sudah selesai.

6. Proses Pemindahan sudah selesai dan Anda akan mendapat konfirmasi dari WordPress .

migrasi WordPress ke Hosting - Have Fun

Demikian panduan Rumahweb tentang cara migrasi WordPress ke hosting Rumahweb. Apabila ada kendala atau pertanyaan mengenai hal ini, silahkan menghubungi support kami untuk dibantu pengecekannya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.6 / 5. Vote count: 7

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Afiandhi Risky