Rumahweb Journal
OG Cara Install WordPress Di Localhost

Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

Pada artikel kali ini, Rumahweb akan berbagi cara install WordPress di localhost menggunakan aplikasi XAMPP. Artikel ini kami buat, karena banyak sekali request kepada support Rumahweb untuk cara membuat WordPress di localhost. 

Sebelum melakukan instalasi WordPress di localhost, ada beberapa tools yang harus Anda siapkan terlebih dahulu seperti aplikasi xampp dan file core WordPressnya. Berikut informasi selengkapnya untuk melakukan install WordPress di localhost. 

Mempersiapkan localhost

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang cara install WordPress, kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan jika melakukan instalasi WordPress melalui localhost.

Kenapa melakukan instalasi WordPress di localhost lebih dulu?

Ada beberapa alasan kenapa lebih baik kita melakukan install WordPress di localhost daripada langsung di hosting. Alasan pertama adalah Gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk membuat website di localhost. Cukup install Web Server di localhost, Anda sudah bisa membuat website offline sendiri. 

Alasan kedua adalah tanpa koneksi internet. Anda tidak membutuhkan koneksi internet untuk membuat website di localhost. Dengan aplikasi xampp atau sejenisnya, Anda bisa mengaktifkan web service seperti apache sehingga Anda bisa mengakses browser localhost secara mudah dan tanpa koneksi internet. 

Kekurangan pembuatan website dengan localhost

Selain kelebihan, pembuatan website di localhost juga memiliki kekurangan. Yakni website Anda tidak bisa diakses oleh banyak orang, dan kedua adalah website Anda tidak secure karena tidak bisa diakses melalui link HTTPS.

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan pembuatan pada localhost, selanjutnya kita bisa langsung memulai mempersiapkan komputer kita agar bisa digunakan. Anda perlu menyiapkan dua hal terlebih dahulu. Yaitu melakukan instalasi Xampp dan mengunduh aplikasi CMS WordPress. Berikut informasi selengkapnya :

Cara install XAMPP

Anda bisa mendownload xampp secara gratis melalui link berikut : download xampp

Setelah Anda download, silahkan lakukan instalasi terlebih dahulu dengan panduan install xampp berikut ini : install xampp di windows

Setelah aktif, langkah selanjutnya Anda bisa mengaktifkan service apache dan mysql melalui fitur xampp control panel seperti gambar berikut : 

Selain xampp, ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk pembuatan website di komputer local seperti Laragon, WAMP, LAMP dan Winginx.

Download File WordPress

Anda bisa mendownload file WordPress melalui link berikut : download WordPress

Cara install WordPress di localhost

Setelah XAMPP terinstall, langkah selanjutnya Anda bisa mengaktifkan service database dan apache agar localhost bisa berjalan. Setelah itu Anda bisa ikuti panduan berikut :

1. Siapkan file WordPress terbaru yang dapat didownload langsung di WordPress.org.

2. Buka folder XAMPP di komputer Anda. Kemudian buka folder htdocs. Copy-kan file WordPress ke dalam folder ini. Lebih mudahnya, silahkan buka Windows Explorer, lalu ketikkan C:\xampp\htdocs pada bagian folder address seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

1-alamat-windows-explorer-300x116

*) NB:
Folder htdocs merupakan folder yang dipakai untuk menaruh file-file yang bisa dibuka di browser. Jika kita menaruh selain di folder ini, maka browser tidak akan bisa membukanya.

3. Apabila file masih dalam bentuk compress, silahkan ekstrak terlebih dahulu. Default folder hasil ekstrak bernama ‘wordpress’. Anda bisa merubah nama WordPress menggunakan nama lain dan pada panduan ini kami contohkan dengan menggantinya dengan nama ‘blogku’. Bila diakses, hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

7-lokasi-folder-htdocs

4. Membuat database di PhpMyAdmin

membuat database di localhost

5. Sekarang bukalah browser Anda untuk membuka situs WordPress offline ini, nantinya kita bisa mengaksesnya dengan alamat http://localhost/namafolder. Jika milik Anda tetap memakai folder default, maka alamatnya menjadi  http://localhost/wordpress. Pada contoh ini Kami merubahnya menjadi  blogku. Selantjutnya silahkan Ketikkan di address bar alamat website dilocalhost ( http://localhost/blogku ). Lalu pilih bahasa dan klik ‘Continue’

memilih bahasa di wordpress


6. Klik Let’s Go.

mempersiapkan database sebelum melakukan instalasi

7. Isikan nama database, user name, dan password yang sudah Anda buat sebelumnya. Jika belum, Anda bisa membacanya pada tutorial cara membuat database menggunakan XAMPP. Pada bagian Database Host isikan dengan localhost. Klik Submit.

mengisi informasi database

8. Klik Run the Install.

run installation wordpress

9. Isikan data-data yang dibutuhkan untuk admin dan nama website. Setelah itu

10. klik install WordPress

mengisi informasi data website di localhost

11. Selamat! WordPress offline Anda sudah jadi. Silahkan Login.

instalasi wordpress di localhost telah sukses

12. Masukkan username dan password yang telah Anda buat pada langkah no.9 untuk login ke Dashboard.

tampilan login wordpress - Cara Install WordPress di Localhost

Cara lain bisa langsung mengetikkan alamat di browser http://localhost/blogku/wp-admin

Cara Kelola WordPress

Berikut akan kami jelaskan beberapa poin untuk mengelola WordPress di localhost.

Cara login WordPress

Setelah berhasil install WordPress di localhost, kita akan belajar cara mengelolanya. Langkah pertama, silahkan akses ke link http://localhost/blogku/wp-admin.

Silahkan isi username dan passwordnya sesuai dengan user dan password yang Anda masukkan pada saat instalasi. Jika berhasil, Anda akan melihat tampilannya sebagai berikut: 

cara login wordpress di localhost

Install Plugins

Install plugin di WordPress bisa anda lakukan melalui menu Plugins > Add new > lalu cari plugin yang Anda butuhkan di kolom pencarian. Setelah ketemu pluginnya, silahkan klik tombol ‘Install’ dan tunggu hingga selesai. Selanjutnya klik tombol ‘Activate’ untuk mengaktifkan pluginnya. Mudah bukan?

Pelajari selengkapnya tentang cara install plugin melalui link berikut: Install plugin WordPress

Install Theme

Ada setidaknya 3 cara install theme WordPress di localhost. Pertama, Anda bisa install secara manual dengan cara mengupload theme langsung di htdocs. Yang kedua, install langsung dari dashboard melalui menu Appearance > Themes > Add new. Dan yang terakhir adalah dari dashboard juga, namun prosesnya melalui upload file. Caranya, klik menu Appearance > Themes > Add new > Uploads.

Pelajari selengkapnya tentang cara install theme di WordPress melalui link berikut : Cara install Theme WordPress

Cara Upload WordPress ke Hosting

Setelah pembuatan website WordPress di localhost Anda telah selesai, langkah selanjutnya Anda bisa menguploadnya ke hosting, agar website bisa diakses secara global. Sebelum melakukan upload, pastikan Anda telah memesan layanan domain dan hosting di Rumahweb. 

Informasi pemesanan domain dan hosting bisa Anda lihat pada halaman berikut: Pesan domain dan hosting murah

Setelah domain dan hosting Anda telah aktif, Anda bisa mengupload websitenya melalui cPanel. Panduan upload secara detail bisa Anda baca melalui artikel berikut : Cara upload WordPress ke hosting

Demikianlah langkah-langkah menginstal WordPress offline di localhost menggunakan XAMPP, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.5 / 5. Vote count: 6

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Anggit Puguh Setyawan