Cara Mengubah URL Halaman Login Admin WordPress

Keamanan merupakan poin terpenting pada saat kita memiliki sebuah website. Terlebih, apabila website yang kita miliki adalah toko online atau website perusahaan yang menyimpan banyak informasi penting didalamnya.

Pada panduan kali ini, Rumahweb akan berbagi tips tentang keamanan website berbasis CMS WordPress. Sebelumnya kami telah membuat artikel dengan judul “Tips meningkatkan keamanan CMS WordPress“. Dipanduan tersebut, salah satu langkah untuk melindungi data website adalah dengan cara mengubah link URL login WordPress.

Default login admin pada WordPress adalah dengan mengakses link namadomain/wp-admin atau namadomain/wp-login.php. Kali ini, Rumahweb akan memberikan tips bagaimana cara mengubah link url login ke admin, menjadi custom link Anda sendiri.

Berikut panduan mengubah link url admin WordPress dengan plugin WPS Hide Login :

1. Login ke Dashboard WordPress Anda terlebih dahulu.
2. Install Plugin
Setelah berhasil login ke halaman admin WordPress, silahkan install plugin WPS Hide Login seperti screenshoot berikut :

Mengubah URL halaman admin wordpress  2

3. Mengaktifkan Plugin
Setelah berhasil install plugin tersebut, silahkan mengaktifkan plugin WPS Hide Login melalui plugins > Installed Plugins > Activate . Sesuai dengan screenshoot berikut :

Mengubah URL halaman admin wordpress  3

4. Konfigurasi Plugin
Secara default setelah plugin diaktifkan, URL halaman admin sudah berubah menjadi namadomain.com/login . Untuk mengubah “Login” menjadi yang lainnya, silahkan masuk ke menu settings > WPS Hide Login sesuai dengan screenshoot berikut :

Mengubah URL halaman admin wordpress 4

Setelah masuk ke halaman setting WPS Hide Login , silahkan ubah “Login URL” sesuai yang diinginkan seperti screenshoot berikut :

Mengubah URL halaman admin wordpress  5

5. Selesai
Setelah melakukan setting atau mengubah URL login ke halaman admin WordPress, silahkan dicoba untuk login menggunakan url yang sudah disetting sebelumnya :

Mengubah URL halaman admin wordpress  6

Sekian panduan mengubah URL login halaman admin WordPress. Apabila pada saat setting plugin ada kendala atau kesulitan, silahkan menghubungi kami melalui Livechat, ataupun email.

Tinggalkan Komentar