Rumahweb Journal
Banner - Cara Membuat Slider di WordPress Dengan Plugin Smart Slider

Cara Membuat Slider di WordPress Dengan Plugin Smart Slider

Slider adalah sekumpulan gambar bergerak yang disusun untuk mempercantik tampilan pada website. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara membuat slider di WordPress dengan menggunakan plugin Smart Slider.

Saat berkunjung ke sebuah website, ada kalanya kita melihat gambar bergerak secara otomatis. Gambar tersebut memuat informasi penting seperti promo terbaru, diskon eksklusif, postingan blog terbaru, atau informasi produk.

Fitur gambar bergerak tersebut dikenal sebagai slider, slideshow, atau carousel dan merupakan bagian yang cukup penting untuk memikat perhatian pengunjung, dan membuat mereka tertarik untuk terus menjelajahi website Anda.

Dengan memiliki slider otomatis, Anda dapat memamerkan produk atau layanan terbaik Anda dengan tampilan website yang menarik dan interaktif. Ini juga membantu pengunjung untuk mendapatkan informasi secara cepat.

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara membuat slider di WordPress dengan bantuan plugin Smart Slider. Namun sebelum kami bahas cara pembuatannya, terlebih dahulu kami akan menjelaskan apa itu slider. Berikut informasi selengkapnya.

Pengertian Slider

Slider adalah fitur yang mudah digunakan untuk menampilkan sekumpulan gambar secara berurutan. Slider memiliki efek transisi seperti gambar yang “berjalan” baik secara otomatis atau dengan mengklik tombol.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menambahkan efek transisi, memodifikasi teks dan membuat tombol pada slider. Biasanya slider digunakan untuk menampilkan informasi promo, produk terlaris hingga informasi penting yang ingin disampaikan oleh pemilik website kepada pengunjung.

Bagi Anda yang menggunakan WordPress untuk membuat website, tersedia banyak pilihan plugin slider yang gratis dan bisa Anda gunakan. Detail informasinya bisa Anda lihat pada artikel berikut: 5 Plugin Slider WordPress Gratis Yang bisa Anda Gunakan

Pada panduan kali ini, kami akan menggunakna plugin Smart Slider untuk mendemokan cara membuat slider di WordPress. Berikut beberapa keungulan dari plugin Smart slider.

Keunggulan Smart Slider

Pada dasarnya WordPress tidak memiliki fitur Slider, sehingga Anda perlu menginstall plugin tambahan untuk membuat slider. Saat ini cukup banyak plugin Slider yang disediakan untuk WordPress. Salah satu yang paling laris dan paling banyak digunakan adalah plugin Smart slider.

Adapun keunggulan plugin Smart Slider antara lain : 

  • Simple dan mudah digunakan
  • User friendly, karena sudah disediakan eleme-elemen bagi Anda yang tidak dapat menggunakan coding
  • Responsif
  • Load gambar cukup cepat

Cara Membuat Slider di WordPress

Berikut adalah cara membuat slider di WordPress menggunakan plugin Smart Slider.

Step 1. Install Plugin Smart Slider

  1. Login ke halaman Dashboard WordPress Anda.
  2. Pilih menu Plugin > Add New.
  3. Pada kolom pencarian, silakan ketikan “Smart Slider 3”, Kemudian pilih “Install Now” dan “Activate” .
Instal Plugin Smart Slider 3
  1. Jika sudah terinstall, maka di tampilan Dashboard WordPress akan muncul menu Smart Slider seperti berikut;
Tampilan dashboard smart slider

Step 2. Cara Membuat Slider

  1. Untuk memulai membuat slider, Anda dapat Klik New Project. Setelah itu akan muncul pilihan Create a New Project atau Start with a Template, apabila anda ingin menggunakan gambar sendiri lebih disarankan untuk memilih Create a New Project.
cara Membuat Slider di WordPress
  1. Setelah klik Create a New Project, Anda akan diberikan pilihan model Slider atau block. Untuk Type Slider pada Plugin Smart Slider 3 versi free hanya Slider type Simple, Untuk menggunakan type Carrousel dan Showcase Anda perlu menggunakan versi Pro.
  2. Setelah klik create, Anda akan diarahkan ke halaman pembuatan slider dari project slider yang sudah dibuat.
cara Membuat Slider di WordPress dengan plugin smart slider
  1. Untuk menambahkan gambar pada slide pertama, silakan bisa klik Slide one > Image.
pilih image

Untuk menambahkan gambar lainya di slide selanjutnya Anda cukup klik image saja. Jika sudah menambahkan gambar akan muncul tampilan seperti ini.

add slide

Untuk melihat preview slidernya, Anda dapat klik tanda mata.

  1. Pada fitur plugin Smart Slider 3, Anda dapat menambahkan text, button atau gambar lain di setiap sildernya. Dengan cara klik edit di slider yang sudah Anda buat.
edit slider
tambah image
  1. Pada panel sebelah kiri, Anda dapat menambahkan Heading Text, Text atau paragraf, gambar ataupun tombol. Anda dapat mengatur secara bebas menggunakan style yang sudah disediakan untuk mempercantik tampilan slider Anda.
setting style slider
  1. Jangan lupa klik save untuk menyimpan pengaturan slider yang sudah Anda buat.

Step 3. Menampilkan Slider

Langkah selanjutnya adalah menampilkan slider pada halaman Website, agar ketika mengakses website slider sudah dapat ditampilkan.

Ada 3 metode yang digunakan untuk menampilkan slider di halaman Website, yaitu menggunakan Shortcode, Pages and Posts yang bisa diintegrasikan dengan plugin builder lainya dan yang terakhir menggunakan PHP code.

Publish slider

Untuk publish berada di Post atau Page caranya cukup mudah, cukup copy shortcodenya dan kemudian ke dashboard menu Post > Add New, tambahkan element shortcode lalu paste kan shortcode dari slider yang sudah Anda buat sebelumnya.

embed code slider

Setelah itu klik publish dan coba akses websitenya. Jika berhasil akan muncul tampilan slider yang sudah Anda buat sebelumnya.

Tamplian hasil akhir

Demikian langkah langkah-langkah pembuatanya slider, silakan bisa diikuti sampai selesai. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Akbar Wirabattana

Technical support, kadang juga menulis artikel