Rumahweb Journal
Cara Login VPS Alibaba di Rumahweb

Cara Login VPS Alibaba Cloud di Rumahweb

Pada panduan kali ini, kami akan berbagi cara login VPS Alibaba melalui halaman Clientzone Rumahweb. Tidak hanya sebatas bagaimana cara login, kami juga akan memberikan sekilas apa itu VPS dan fitur didalamnya.

Sebelum masuk ke tahap login ke halaman Console VPS Alibaba, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu VPS dan Cloud.

Apa itu VPS?

Virtual Private Server (VPS) sendiri adalah server yang mengimplementasikan sumber daya khusus (pribadi) atau digunakan hanya oleh satu pengguna dan tidak terpengaruh oleh pengguna lain. Karena hanya digunakan oleh satu pengguna, pengguna dapat sepenuhnya mengelola konfigurasi dan sumber daya yang terkandung di dalamnya.

Virtual” karena bersifat virtual dan tidak memiliki bentuk fisik. Nantinya bentuk fisik dapat dibagi di antara beberapa sumber daya yang berbeda. Hal ini memungkinkan beberapa VPS untuk diakomodasi pada satu perangkat server fisik.

Sedangkan untuk cloud istilah dari kata “awan” dan untuk computing merupakan komputerisasi. Jika di gabungkan menjadi cloud computing. Cloud computing adalah proses pengolahan data komputasi yang dilakukan melalui internet, dengan tujuan menjalankan sebuah program.

Sederhananya, pengertian cloud computing adalah proses komputasi yang dilakukan melalui perangkat komputer yang tidak berada di tempat yang sama dimana pengiriman data, pemrosesan, dan outputnya dikirimkan melalui internet.

Apa itu VPS Alibaba Cloud?

Layanan server virtualisasi yang menggunakan proses pengolahan data komputasi melalui internet dengan penggunaan resource yang besar dan dikelola oleh perusahaan Alibaba Group yang bergerak dalam bidang e-commerce, ritel, internet, kecerdasan buatan, dan teknologi.

Pada tahun 2018, Rumahweb Indonesia sudah menjadi Partner Alibaba Cloud sampai saat ini dengan bertambahnya jenis layanan seperti Alibaba Mail, VPS Alibaba Cloud, DirectMail dan RDS MySQL.

VPS Alibaba Cloud cocok digunakan untuk website atau aplikasi yang membutuhkan space, CPU, atau RAM yang tinggi. Salah satunya banyak digunakan untuk sistem informasi, website e-commerce, portal berita, backend aplikasi mobile, dan lain-lain.

Fitur VPS Alibaba Cloud :

  • Snapshot Backup
    Tersedia fitur snapshot untuk membackup VPS. Gratis 3 snapshot untuk setiap VPS.
  • DDOS Detection
    Sistem keamanan Alibaba Cloud akan memberitahukan menginformasikan apabila terdeteksi adanya DDOS ke VPS Anda.
  • Global Location
    Alibaba Cloud menghadirkan pilihan deployment VPS di multi-lokasi yaitu di US, Jerman, Singapore, dan Indonesia.
  • SSD Cloud Storage
    SSD Cloud Storage menghadirkan kecepatan IO yang prima serta keamanan data dengan replikasi data di berbagai storage cluster.
  • Intranet Network
    Intranet network memungkinkan Anda untuk menghubungkan VPS-VPS Anda melalui jalur intranet tanpa mengganggu traffic internet.
  • Transparent Usage
    Melalui Control Panel Anda dapat melihat secara transparan penggunaan resource CPU, RAM dan Storage. Semuanya secara realtime.

Sistem Operasi yang tersedia di VPS Alibaba Cloud :

  • VPS Linux
    Alibaba Cloud Linux, CentOS, Ubuntu, Debian, OpenSUSE
  • VPS Windows
    Windows 2008 R2, Windows 2012 R2, Windows 2016 Data Center Edition, Windows 19 Data Center Edition
  • Application Images
    WordPress, LAMP, Docker, Drupal, Node.js, Tomcat, LNMP, Joomla, Ghost, ASP/.NET, NextCloud, OpenCart, Plesk, dan cPanel.

Untuk detail paket dan fitur VPS Alibaba Cloud, bisa dilihat melalui url berikut ini

Cara Login VPS Alibaba Cloud di Rumahweb

Berikut adalah langkah-langkah untuk login VPS Alibaba di Rumahweb :

  1. Silahkan login ke Clientzone
  1. Setelah login silahkan klik menu VPS seperti gambar berikut.

  1. Pilih layanan VPS Alibaba Cloud, lalu klik tombol Active warna hijau.
  1. Pada halaman Manage Product terdapat Informasi Account dan Product Details, seperti gambar berikut.
  1. Untuk login ke halaman Alibaba Cloud, silahkan copy url berikut ini kemudian paste di address bar web browser yang Anda gunakan.
  1. Masukkan username dan password akun login VPS Alibaba Cloud. Pastikan halaman login sebagai RAM User.
cara login ke vps alibaba cloud
  1. Setelah berhasil login, arahkan kursor ke menu garis 3 Alibaba Cloud > Product and Services > Simple Application Server > klik VPS Anda.
Menu Simple Application Server
  1. Berikut tampilan dashboard Simple Application Server dan menu Servers.
Dashboard Simple Application Server
Menu Servers

9. Setelah klik menu Servers > klik VPS aktif, akan menampilkan informasi VPS termasuk IP Public, IP Private dan Instante ID.

Submenu Server Overview

10. Apabila menampilkan error grant permission (Access Denied), silakan bisa diabaikan dan klik tombol Close.

Permission Denied

11. Pada menu Firewall, digunakan untuk meng-allow atau deny port sesuai dengan kebutuhan. Detail panduan bisa cek di halaman berikut ini.

Submenu Firewall

    12. Pada menu Remote Connection > Client digunakan untuk akses SSH/Terminal melalui halaman Alibaba Cloud dan Set Password untuk membuat akses login SSH melalui aplikasi pihak ketiga, yaitu PuTTY.
    Berikut panduan cara akses SSH menggunaan PuTTy bisa di klik berikut ini.

    Submenu Remote Connection

    13. Menu Snapshot, digunakan untuk membuat backup di Console Alibaba Cloud. Untuk panduan bisa cek di halaman berikut ini.

    Submenu Snapshot

    14. Menu Disk, digunakan untuk mengecek detail penggunaan space VPS server.

    Submenu Disk

    15. Menu Metrics, digunakan untuk mengecek detail resource server meliputi Disk, CPU, Network, dan Traffic.

    Submenu Metrics

    16. Pada menu Operation Records merupakan logs aktivitas yang tercatat pada layanan VPS Alibaba seperti aktivitas restart, reset VPS dan perubahan password pada server.

    Submenu Logs

    Catatan:

    Secara default, pada menu Metrics tidak menampilkan grafik sehingga perlu konfirmasi/request ke email [email protected] untuk menambahkan Grants Permission berikut:

    • AliyunCloudMonitorFullAccess
    • AliyunCloudMonitorMetricDataReadOnlyAccess
    • AliyunCloudMonitorReadOnlyAccess
    • AliyunCloudMonitorReadOnlyBasicAccess
    • AliyunCloudMonitorReadOnlyPolicy

    Simple dan mudah cara login VPS Alibaba Cloud dan pastinya tidak ribet. Dengan kebebasan pengelolaan server, VPS Alibaba Cloud bisa jadi alternatif VPS murah dengan fitur sekelas HyperScaler Cloud Solution seperti Google Cloud, AWS, Digital Ocean.

    Demikian cara login VPS Alibaba Cloud di Rumahweb. Bila masih kesulitan login, silahkan menghubungi kami melalui fitur livechat. Semoga bermanfaat.

    Bermanfaatkah Artikel Ini?

    Klik bintang 5 untuk rating!

    Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 8

    Belum ada vote hingga saat ini!

    Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

    Mari kita perbaiki artikel ini!

    Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

    SSL Murah

    Jan Laen Player

    Halo, saya Jan. Pada blog ini saya akan membahas seputar panduan dan tips hosting, email, domain, vps, server, website, linux dan cms. Jangan lupa untuk shared dan bookmark rumahweb.com/journal agar lebih mudah mendapatkan informasi tutorial maupun tips dari kami.