Cara Install OpenCart di Plesk Panel

CMS Opencart merupakan aplikasi web toko online yang berbasis Content Management System (CMS). Opencart cukup mudah digunakan bagi siapa saja yang ingin membuat website toko online meski tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang dasar-dasar pemrograman web.

Aplikasi toko Online ini berbasis PHP dan MySQL yang bersifat free (OpenSource), gratis digunakan dengan lisensi GNU General Public License.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan apabila Anda ingin upload dan install (baru) Opencart pada VPS, Server atau Hosting yang menggunakan Plesk Panel:

1. Login ke Plesk Panel dengan alamat URL https://alamatip:8443 (alamat ip sesuaikan dengan alamat IP Server/VPS), atau opsi lain dengan URL https://namadomain:8443

2. Masuk ke menu Website & Domain lalu masuk ke File Manager di Website Anda. Otomatis Anda akan diarahkan ke folder “httpdocs” sebagai default folder untuk document root tempat upload file web. Selain di folder “httpdocs” , document root juga bisa Anda ubah sesuai keinginan.

setting opencart hosting

3. Download Opencart dari situs resmi opencart di link berikut . Kemudian ekstrak di komputer anda. Akan ada folder yang bernama “upload”. Silahkan pilih semua file yang ada di folder upload, kemudian compress menjadi file archive (misalnya .zip atau .tar.gz) lalu upload ke folder “httpdocs”. Setelah berhasil diupload, kemudian ekstrak file tersebut.

4. Rename file config-dist.php menjadi config.php dan admin/config-dist.php menjadi admin/config.php

5. Kunjungi halaman http://www.example.com atau http://www.example.com/namatoko/ untuk proses installasi

install opencart di hosting

6. Lanjutkan prosesnya dengan klik continue. Pada step kedua yaitu Pre-Installation, pastikan statusnya ok (centang hijau atau writable). Kemudian klik continue

7. Step berikutnya yaitu Configuration database and administration details. Pada step ini Anda harus membuat database, user database, dan password database. Untuk membuatnya, silahkan membaca panduan di link berikut . Setelah dibuat, isikan pada form installasinya. Lengkapi juga form yang lain seperti username and password yang nantinya akan digunakan untuk akses ke halaman administration. Jika sudah lengkap, lanjutkan step berikutnya.

8. Apabila sudah berhasil diinstall akan muncul installation complete.

install cms opencart

Selain itu akan ada warning ” Don’t forget to delete your installation directory! ” Artinya Bapak harus menghapus folder “install” yang ada di dalam httpdocs. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari masalah keamanan yang bisa terjadi dari folder install yang belum dihapus setelah installasi selesai dilakukan.

Demikian panduan upload dan install OpenCart di Plesk Panel dari Rumahweb Indonesia. Apabila ada pertanyaan atau kendala dalam melakukan installasi OpenCart di hosting, silahkan menghubungi support kami untuk dibantu pengecekannya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar