Rumahweb Journal
Banner - Cara Install MySQL Server di Ubuntu 22.04

Cara Install MySQL Server di Ubuntu 22.04

Ada beberapa aplikasi database yang digunakan luas sebagai basis data. Salah satu aplikasi database yang paling populer dan banyak digunakan adalah MySQL. Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara install MySQL Server di VPS Ubuntu 22.04.

Sebelum kami membahas tentang cara install MySQL Ubuntu di VPS KVM, terlebih dahulu kami akan berbagi informasi tentang apa itu MySQL hingga sejarahnya.

Sejarah MySQL

MySQL dikembangkan pertama kali pada tahun 1994 oleh perusahaan asal Swedia bernama MySQL AB, yang didirikan oleh David Axmark, Allan Larsson dan Michael Widenius. Nama MySQL diambil dari nama putri Michael Widenius “My” yang digabung dengan SQL menjadi MySQL.

Pada tahun 2010, Michael Widenius membuat sebuah fork bernama MariaDB dengan tujuan untuk memastikan keberlanjutan MySQL sebagai aplikasi database yang sepenuhnya terbuka dan dikelola oleh komunitas.

MariaDB sepenuhnya kompatibel dengan sintaks MySQL dan menawarkan performa yang lebih baik. Oleh karena itu, dalam waktu singkat, MariaDB diadopsi secara massal oleh beragam distribusi Linux populer seperti CentOS, Fedora, Debian, Ubuntu dan lainnya, sebagai aplikasi database pengganti MySQL.

Pada artikel journal kali ini, kami akan membahas cara install MySQL server di Ubuntu 22.04 dengan menggunakan paket mariadb-server.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Proses Instalasi

Proses instalasi MySQL server pada Ubuntu 22.04 bisa dilakukan dengan mudah melalui manajer paket default apt. Berikut langkah-langkah instalasi MySQL server pada Ubuntu 22.04:

1. Login SSH

Langkah pertama, login terlebih dahulu ke server Ubuntu 22.04 melalui SSH. Apabila Anda menggunakan Windows, bisa menggunakan Putty. Panduan selengkapnya login SSH menggunakan Putty, bisa Anda baca di artikel berikut ini.

Apabila Anda menggunakan Mac OS atau Linux Desktop, bisa menggunakan Terminal. Panduan selengkapnya bisa Anda baca di artikel berikut ini.

2. Update Sistem

Setelah terhubung ke server melalui SSH, lakukan proses update sistem dengan menjalankan perintah sebagai berikut:

sudo apt update && sudo apt dist-upgrade

3. Instalasi Paket MariaDB-Server

Setelah proses update sistem selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi paket mariadb-server. Untuk menginstal paket mariadb-server, jalankan perintah berikut:

sudo apt install mariadb-server

4. Mengamankan Instalasi MySQL

Langkah terakhir dari proses instalasi MySQL adalah melakukan prosedur pengamanan instalasi MySQL. Untuk mengamankan instalasi MySQL, jalankan perintah sebagai berikut:

mysql_secure_installation
cara install mysql server di ubuntu

Masukkan password root server Anda, kemudian akan muncul konfirmasi untuk mengatur password root MySQL dengan tulisan Change the root password? Ketik Y, kemudian tekan Enter, lalu masukkan password root MySQL yang Anda inginkan.

Ketikkan Ya - cara install mysql di ubuntu

Demi keamanan sistem, sangat disarankan untuk menggunakan password yang berbeda dan tidak menggunakan password yang sama untuk login root server Anda.

Setelah password root MySQL berhasil disimpan, akan muncul konfirmasi beberapa kali, tekan saja huruf Y dan Enter sampai konfirmasi selesai. Proses instalasi MySQL server di Ubuntu 22.04 sudah selesai, dengan keterangan Thanks for using MariaDB.

Perintah-Perintah Dasar MySQL

Untuk menggunakan dan mengelola service MySQL yang sudah berhasil terinstal di server Ubuntu, Anda bisa menggunakan perintah teks (command line). Berikut daftar perintah-perintah dasar cara menggunakan MySQL di Ubuntu.

1. Login ke MySQL

Untuk login ke service MySQL, jalankan perintah sebagai berikut:

mysql -u root -p

Masukkan password root MySQL yang sudah Anda atur di langkah sebelumnya. Ketika sudah masuk ke service MySQL, shell akan menampilkan MariaDB [(none)]>

2. Membuat Database

Untuk membuat database, jalankan perintah berikut:

CREATE DATABASE namadatabase DEFAULT CHARACTER SET utf8 COLLATE utf8_unicode_ci;

3. Membuat User Database

Untuk membuat user database, jalankan perintah berikut:

CREATE USER 'userdatabase'@'localhost' IDENTIFIED BY 'password';

4. Menambahkan PRIVILAGES

Supaya user database yang dibuat memiliki hak akses all privilages terhadap database yang sudah dibuat, jalankan perintah berikut:

GRANT ALL ON namadatabase.* TO 'userdatabase'@'localhost';
FLUSH PRIVILEGES;

5. Melihat Daftar Database

Untuk melihat daftar database yang ada di server, jalankan perintah berikut:

SHOW DATABASES;

6. Melihat Isi Database

Untuk melihat daftar table (isi) dari database, jalankan perintah berikut:

use namadatabase
SHOW TABLES;

7. Keluar Dari MySQL

Untuk keluar dari service mysql, jalankan perintah berikut:

exit

8. Export Database

Untuk mengexport database, jalankan perintah berikut:

mysqldump -u root -p  namadatabase > database.sql

9. Mengimport Database

Untuk mengimport database, jalankan perintah berikut:

mysql -u root -p namadatabase < database.sql

10. Menghentikan, Menjalankan dan Restart Service MySQL

Untuk menghentikan service MySQL, jalankan perintah berikut:

systemctl stop mysql

Untuk menjalankan service MySQL, jalankan perintah berikut:

systemctl start mysql

Untuk merestart service MySQL, jalankan perintah berikut:

systemctl restart mysql

Penutup

Sebagai aplikasi database, MySQL telah teruji dan digunakan oleh banyak pengembang di seluruh dunia karena beberapa keunggulan yang dimiliki. Salah satu keunggulan utamanya adalah memiliki performa yang baik dalam membaca data, sehingga cocok digunakan untuk membangun beragam website berbasis CMS, framework, maupun custom PHP.

Apabila Anda ingin membangun website menggunakan server VPS dengan OS Ubuntu, MySQL adalah salah satu pilihan paling tepat. Demikian artikel journal seputar Cara Install MySQL Server di Ubuntu 22.04. Semoga bisa menjadi referensi yang membantu Anda dalam menggunakan service MySQL untuk mengembangkan website.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.