Rumahweb Journal
opengraph-Cara-Blokir-Email-di-Plesk-Panel

Cara Blokir Email di Plesk Panel

Email SPAM merupakan gangguan yang sulit dihindari dan juga sulit untuk dilacak asalnya. Ada banyak cara blokir email spam. Apabila Anda mengakses email menggunakan aplikasi mail client seperti Outlook atau Thunderbird, aplikasi security mampu membantu menyaring email spam yang masuk dengan cukup efektif.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur filter spam yang tersedia di control panel hosting untuk meminimalisir atau menyaring arus email spam. Meskipun demikian, dengan semua usaha yang sudah dilakukan, kadangkala masih saja ada satu atau dua email spam yang lolos dan berhasil masuk ke dalam inbox email. Hal tersebut tentu saja cukup menjengkelkan, karena tidak jarang, email spam berisi konten-konten yang tidak layak atau bahkan berisi malware yang berbahaya.

Cara Blokir Email di Plesk

Apabila semua cara sudah dilakukan untuk menanggulangi datangnya email spam, masih ada teknik yang paling efektif untuk mencegah datangnya email spam, yaitu dengan melakukan pemblokiran alamat email spam secara manual melalui control panel hosting.

Pada artikel jurnal kali ini, kami ingin mengulas cara blokir email di Plesk Panel. Berikut langkah-langkahnya:

1. Login ke Plesk Panel hosting milik Anda, kemudian masuk ke menu Mail. Klik pada akun email yang masih menerima spam dan ingin melakukan blocking supaya spam tidak masuk kembali.

Masuk ke menu Mail di Plesk Panel

2. Masuk ke menu Spam Filter, kemudian klik menu Show Advanced Settings.

Masuk ke menu Spam Filter di Plesk Panel

3. Masuk ke menu Black list, kemudian masukkan alamat email spam di kolom Black list. Apabila ada lebih dari satu alamat email spam yang ingin diblock, bisa dimasukkan bersamaan secara berurutan ke bawah. Terakhir, klik tombol Apply.

Masuk ke menu Black list di plesk panel dan memasukan alamat email yang akan diblock

4. Proses blocking email spam sudah berhasil, dengan keterangan Information: The settings of email address [email protected] were saved.

Cara blokir email di Plesk Panel telah berhasil

Teknik blocking manual email spam adalah jurus pamungkas yang bisa dilakukan untuk menghalau datangnya email spam. Meskipun efektif, akan tetapi cara ini kurang efisien terutama apabila alamat email pengirim spam yang masuk jumlahnya banyak.

Saran Penggunaan Email

Untuk mengantisipasi datangnya arus email spam, sangat disarankan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan dan mengelola layanan email. Jangan gunakan email perusahaan untuk mendaftar layanan yang tidak terpercaya. Selalu rutin melakukan scanning menggunakan aplikasi security (antivirus) di komputer-komputer yang digunakan untuk mengakses dan mengirim email.

Dengan langkah-langkah pencegahan yang baik, arus spam email bisa diminimalisir dengan optimal, sehingga aktivitas korespondensi menggunakan email tidak lagi terganggu dengan banyaknya email spam yang masuk.

Bagi Anda pengguna layanan Hosting murah dan Cloud Hosting, Anda bisa bisa memblokir email melalui cPanel dengan panduan : Setting SpamAssassin

Demikian cara blokir email di Plesk Panel, apabila mengalami kesulitan, silahkan menghubungi Tim Technical Support Rumahweb untuk mendapatkan panduan atau bantuan lebih lanjut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alwan Rosyidi