Rumahweb Journal
banner - Apa itu XML-RPC dan Mengapa Sebaiknya Dinonaktifkan

Apa itu XML-RPC dan Mengapa Sebaiknya Dinonaktifkan

XML-RPC adalah sebuah modul bahasa pemrograman php yang memungkinkan beberapa sistem dapat saling terhubung melalui jaringan internet. Dengan XML-RPC, Anda dapat mengkoneksikan device Anda ke sebuah website dengan mudah. Namun, XML-RPC juga memiliki issue pada sisi keamanan. Pada panduan ini, kami akan menjelaskan apa itu XML-RPC secara lebih detail dan alasan kenapa fitur ini lebih baik dinonaktifkan.

Blogger dan WordPress adalah platform pioner yang menawarkan kemudahan bagi pengguna internet paling awam sekalipun, untuk dapat menulis di dalam sebuah website pribadi. Sampai saat ini, kedua platform itu masih banyak digunakan sebagai basis pembuatan website pribadi.

Sebagai sebuah platform untuk menulis blog, WordPress menawarkan fitur yang membuatnya disukai oleh pengguna, yaitu aksesibilitas yang tinggi. Demi menunjang mobilitas manusia yang tinggi, WordPress bisa diakses dari segala tempat dan dari berbagai perangkat. Aksesibilitas yang tinggi tersebut memungkinkan orang memposting artikel dari mana saja, baik melalui PC maupun perangkat mobile, selama terhubung dengan internet.

Apa Itu XML-RPC?

XML-RPC adalah sebuah modul bahasa pemrograman php yang memungkinkan dilakukannya transmisi data menggunakan HTTP dan XML sebagai mekanisme transport dan encoding.

XML-RPC pada WordPress sangat membantu blogger untuk memposting artikel ketika akses internet dulu belum secepat dan semudah sekarang. Untuk mempermudah posting artikel, blogger memposting artikel melalui aplikasi WordPress secara offline, dan ketika sudah selesai, mengunggahnya ke website menggunakan koneksi XML-RPC.

Kemampuan untuk posting tulisan melalui perangkat mobile, membuat WordPress menjadi platform yang digemari dan digunakan oleh banyak blogger di seluruh dunia. Selain sebagai platform free, WordPress juga tersedia sebagai CMS yang bisa diinstal di server atau hosting pribadi, yang menawarkan fleksibilitas transfer data dari satu tempat ke tempat lain.

Kenapa XMLRPC Sebaiknya Dimatikan

Selain fungsionalitas yang ditawarkan, XML-RPC memiliki kelemahan utama dari sisi keamanan. XML-RPC bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk melakukan serangan yang berbahaya ke situs website Anda.

Karena pertimbangan keamanan, secara default fungsi XML-RPC dinonaktifkan pada layanan hosting Rumahweb, dengan tujuan meminimalisir terjadinya serangan keamanan pada website yang dibuat menggunakan WordPress.

Mengaktifkan XML-RPC pada WordPress

Meskipun secara default dinonaktifkan, apabila Anda benar-benar membutuhkannya, XML-RPC masih bisa diaktifkan secara opsional dengan menambahkan beberapa baris skrip di .htaccess. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan XML-RPC melalui cPanel:

  1. Login ke cPanel
  2. Masuk ke File Manager
  3. Masuk ke folder public_html
  4. Klik kanan pada file .htaccess, pilih Edit. Tambahkan script berikut:
<Files xmlrpc.php>
Satisfy any
</Files>
  1. Terakhir, klik Save.

Kesimpulan

XML-RPC menawarkan solusi akses remote ke WordPress melalui aplikasi mobile, yang bisa membantu Anda untuk memposting artikel secara lebih mudah dan fleksibel. Akan tetapi, seiring dengan makin mudah dan cepatnya akses internet saat ini, fitur tersebut sudah tidak relevan karena Anda bisa memposting artikel secara realtime dan efisien.

Potensi isu keamanan pada XML-RPC juga menjadi sebaiknya pertimbangan utama apabila Anda ingin mengaktifkannya untuk keperluan tertentu. Apabila Anda tidak membutuhkan fitur tertentu yang mengharuskan penggunaan XML-RPC, sangat disarankan untuk tidak mengaktifkannya demi keamanan data website secara keseluruhan.

Demikian artikel journal mengenai apa itu XML-RPC dan mengapa sebaiknya dinonaktifkan. Semoga bisa memberikan wawasan dan pengetahuan baru sehingga bisa semakin produktif, efektif dan aman dalam proses pengembangan website berbasis WordPress.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alwan Rosyidi