Rumahweb Journal
Mengaktifkan Telnet Pada Windows 10

Apa itu Telnet dan Cara Mengaktifkan pada Windows 10

Pada panduan kali ini, Rumahweb akan menjelaskan secara detail tentang apa itu telnet dan bagaimana cara mengaktifkan fitur telnet pada Windows 10.

Apa itu Telnet?

Telnet adalah sebuah protokol server to client atau sebaliknya yang bisa digunakan untuk melakukan koneksi jarak jauh atau remote, ke satu atau beberapa komputer dalam sebuah jaringan. Telnet bisa diartikan sebagai remote access.

Fitur telnet ini biasanya digunakan untuk meremote komputer dari jarak jauh. Dengan telnet, Anda bisa mengakses file, database hingga apapun data yang tersedia pada komputer tujuan.

Kelebihan dan Kekurangan Telnet

Sesuai dengan deskripsinya, telnet bisa Anda manfaatkan untuk melakukan remote akses ke sebuah atau beberapa komputer sekaligus. Dengan remote tersebut, Anda bisa mengelola komputer dari jarak jauh seolah-olah sedang mengaksesnya dari jarak dekat.

Namun dari kelebihan tersebut, ada kekurangan dari fitur Telnet. Yaitu pemakaian authentication NTLM yang tidak terenkripsi. Dampaknya tentu pada keamanan dari sistem yang Anda gunakan. Bisa jadi ada hacker yang masuk ke sistem Anda sebagai MITM (Man In the Middle) yang mampu membaca semua data transaksi yang terjadi.

Mengaktifkan Telnet di Windows 10

Selain digunakan untuk remote access, fitur telnet juga bisa digunakan untuk melakukan pengecekan apakah akses ke port tertentu diperbolehkan atau tidak oleh admin jaringan (internet). Informasi ini pernah kami sampaikan pada artikel sebelumnya. Namun pada Windows 10, fitur telnet secara default statusnya di disable, sehingga kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Berikut panduan mengaktifkan telnet pada OS Windows 10 :

  1. Silahkan membuka “Control Panel“.
  2. Kemudian membuka “Programs“.
  3. Lanjutkan ke bagian “Turn Windows features on or off ”.
  4. Centang “Telnet Client” box.
apa itu telnet dan cara mengaktifkan di windows 10

5. Klik “OK“. Kotak dialog “Windows features” dan “Searching for required files“. Setelah selesai, “Telnet” akan dapat dijalankan pada command prompt.

Cara Test Telnet Windows 10

Anda bisa melakukan test telnet pada windows 10 melalui aplikasi Command prompt. Cara buka aplikasinya sebagai berikut :

  1. Tekan tombol CTRL + R
  2. Ketikkan cmd lalu enter
  3. lalu gunakan perintah dengan skema seperti ini : telnet nama_domain port_yang_akan_di_cek . Ilustrasinya seperti gambar berikut :
contoh perintah command telnet

Jika statusnya open, maka akan muncul informasi terkait port tersebut dan informasi server yang digunakan seperti screenshot berikut :

hasil test telnet pada port tertentu

Demikian artikel kami tentang apa itu telnet dan cara mengaktifkan Telnet pada Windows 10, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Dodong Priyambodo

Bapak muda alumni roker, berhenti sejak covid-19.